Beberapa Kreasi Muffuletta yang Cocok Untuk Menu Diet Sehat

Beberapa Kreasi Muffuletta yang Cocok Untuk Menu Diet Sehat

Beberapa Kreasi Muffuletta yang Cocok Untuk Menu Diet Sehat – Muffuletta  adalah jenis roti bundar khas Sisilia dengan taburan wijen serta salah satu hidangan roti lapis populer di kalangan imigran Italia di New Orleans,  Louisiana, Amerika Serikat dengan menggunakan roti yang sama.

Siapa di antara kamu yang senang dengan olahan roti lapis? Umumnya, makanan yang dimasak memakai roti tawar ini memiliki bentuk yang lebih tipis dibandingkan dengan muffuletta.

Muffuletta sendiri adalah hidangan yang diolah memakai roti wijen berbentuk bulat yang cukup besar dan tebal. Isiannya terdiri dari daging, salad sayur, dan keju untuk menghasilkan perpaduan makanan yang pas.

1. Classic muffuletta sandwich

5 Kreasi Muffuletta yang Pas Buat Bekal Sehari-hari

Pada olahan muffuletta klasik, kamu perlu menyiapkan isian dari acar sayur Italia yang dicampur dengan irisan buah zaitun. Kemudian oleskan di permukaan roti bulat yang telah dipotong menjadi dua bagian.

Biasanya, isian roti akan ditambahi memakai sosis atau daging lembaran dari daging babi. Namun, kamu bisa menyesuaikan bagian tersebut agar bisa disantap oleh semua kalangan, seperti daging sapi.

Kemudian sisipkan aneka keju kesukaan untuk memaksimalkan rasa. Lalu tekan dua buah roti tersebut sampai isiannya menempel sempurna. Setelah itu, potong-potong roti dan jadikan bekal mengenyangkan.

2. Vegan muffuletta

5 Kreasi Muffuletta yang Pas Buat Bekal Sehari-hari

Sebagai salah satu orang yang sedang mengurangi porsi makan daging, kamu bisa mencicipi vegan muffuletta yang gak kalah enak dan mengenyangkan meskipun tanpa aneka daging, lho.

Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan lapisan acar sayur Italia dan buah zaitun yang dicampur jadi satu. Kemudian lengkapi muffuletta dengan keju provolone dan tumis jamur bila ingin isian lebih ramai.

3. Muffuletta sliders

5 Kreasi Muffuletta yang Pas Buat Bekal Sehari-hari

Slider adalah sebutan bagi suatu olahan roti isi yang dibentuk dengan menggunakan Hawaiian roll berbentuk agak besar, untuk kemudian dipotong-potong menyerupai burger mini sekali gigit.

Kali ini slider tersebut bisa pula diisi menggunakan aneka olahan yang kamu dapatkan dari muffuletta klasik. Mulai dari salad buah zaitun, keju provolone, serta lembaran daging asap yang menggugah selera.

4. Ratatouille muffuletta

5 Kreasi Muffuletta yang Pas Buat Bekal Sehari-hari

Olahan muffuletta kali ini akan lebih berwarna akibat menghadirkan salah satu masakan berbasis sayur terkemuka. Apalagi kalau bukan ratatouille. Adanya makanan tersebut mampu menambah tekstur dan tampilan roti jadi lebih cantik.

Ratatouille sendiri merupakan santapan yang umumnya terdiri dari terung ungu, zukini, tomat, sampai paprika. Namun, kali ini kamu bisa pula menyandingkan hidangan itu dengan salad zaitun dan keju.

5. Muffuletta mini pies

5 Kreasi Muffuletta yang Pas Buat Bekal Sehari-hari

Supaya muffuletta lebih praktis untuk disantap. Selain menggunakan roti wijen, maka teknik berikutnya yang bisa diterapkan adalah dengan menjadikan mini pai sebagai kulit pembungkus dari isian roti lapis ini.

Gunakan kulit pai yang telah dipotong-potong, isi memakai salad olive, keju, dan lembaran daging asap kemudian lipat kulit hingga membentuk setengah lingkaran. Lalu masak hidangan dengan cara dipanggang.

Muffuletta bisa menjadi inspirasi anyar dalam menyantap makanan berbasis roti dengan keju, sayuran, serta lembaran daging. Selain praktis, hidangan ini juga paling pas untuk disantap sebagai bekal harian.

Roti lapis muffuletta dibuat pertama kali pada tahun 1906 di Central Grocery Co. yang berada di Decatur Street, New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat oleh sang pemilik, Salvatore Lupo. Dalam masakan Sisilia, bagaimanapun, sudah banyak membuat berbagai versi dari roti dengan nama tersebut. Biasanya dimakan selama hari-hari perayaan. Di Palermo itu paling sering dimakan pada peringatan Hari Kematian, pada tanggal 2 November.

Muffuletta adalah roti besar, bundar, dan agak rata dengan tekstur kokoh, sekitar 10 inci (25 cm). Ini digambarkan agak mirip dengan focaccia. Roti yang digunakan untuk muffuletta berbeda dari focaccia karena tekstur roti yang sangat ringan, bagian luarnya renyah, dan bagian dalamnya lembut. Tidak ada bumbu tambahan yang dimasukkan ke dalamnya, selain dari biji wijen.

Rotinya lebih condong seperti baguette, tetapi sedikit lebih berat. Ini paling mirip dengan resep adonan Italia. Adonan Italia termasuk tepung, air, telur, minyak zaitun, ragi, garam, dan gula. Baguette terbuat dari tepung, air, ragi dan garam.