Beberapa Khasiat Hebat Dari Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa Khasiat Hebat Dari Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa Khasiat Hebat Dari Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh – Delima  (Punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5–8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granada berdasarkan nama buah ini.

Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara. Dibandingkan buah lainnya seperti apel, jeruk, anggur, atau semangka, nama buah delima memang tak terlalu populer di Indonesia. Namun, buah yang juga disebut pomegranate ini punya banyak manfaat ajaib bagi kesehatan. Walaupun mengonsumsi delima membutuhkan perjuangan, karena bijinya banyak, tubuh kita butuh keistimewaan buah ini.

Soalnya, delima memiliki sifat antioksidan, antivirus, dan antitumor. Tak hanya itu, delima juga bisa dikatakan sebagai sumber vitamin yang sangat baik. Terutama vitamin A, C, dan E, serta asam folat. Buah yang menakjubkan ini terdiri dari tiga kali lebih banyak antioksidan seperti wine atau green tea.

1. Menormalkan perut
6 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Orang Ketahui 

Kulit buah delima, termasuk daunnya, ternyata bisa digunakan untuk menenangkan gangguan perut atau diare lho. Minum teh yang dibuat dari daun buah ini juga membantu menyembuhkan masalah pencernaan. Jus delima juga dapat mengurangi masalah perut lainnya seperti disentri dan kolera.

2. Menyehatkan kulit
6 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Orang Ketahui 

Kaya antioksidan dalam delima mampu menjauhkan bakteri dan infeksi lainnya dari permukaan kulit kita. Kupasan kulit delima bisa melawan jerawat juga lho.

Kulit buah delima pun dapat dimanfaatkan sebagai pelembab kulit alami manusia, khasiatnya bisa mengembalikan keseimbangan pH kulit.

3. Menurunkan risiko serangan jantung dan stroke
6 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Orang Ketahui 

Mengonsumsi jus delima secara rutin dapat menjaga aliran darah yang baik ke dalam tubuh. Kamu juga bisa mengonsumsi jus delima untuk menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Komponen antioksidan dalam buah ini membantu menurunkan kolesterol jahat agar, sehingga arteri tetap bersih dari gumpalan apa pun. Gokil gak tuh?

4. Menangkal kanker
6 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Orang Ketahui 

Buat yang belum tahu, delima mengandung antioksidan tingkat tinggi yang disebut flavonoid. Flavonoid ini diketahui efektif menangkal berbagai radikal bebas penyebab kanker.

Orang yang memiliki risiko tinggi terkena kanker prostat dan payudara harus mulai minum jus delima.

5. Menyehatkan gigi dan mulut
6 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Orang Ketahui 

Bagi kamu yang punya masalah gigi, ternyata delima sangat baik untuk menjaga kondisi mulut dan gigi. Delima, dengan sifat antibakteri dan antiviralnya, membantu mengurangi efek plak gigi dan berbagai penyakit mulut.

6. Menyembuhkan radang tenggorokan
6 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Orang Ketahui 

Kalau kalian kebetulan sedang mengalami radang tenggorokan atau amandel, coba deh olah kulit delima yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari, lalu rebuslah. Kemudian, saring ramuannya dan biarkan dingin beberapa saat. Setelah itu, pakailah berkumur, niscaya nyeri di tenggorokan bisa mereda.

Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan.

Bentuk pohon perdu atau pohon kecil dengan tinggi 2–5 m. Batang berkayu, ranting bersegi, percabangan banyak, lemah, berduri pada ketiak daunnya, cokelat ketika masih muda, dan hijau kotor setelah tua. Daun tunggal, bertangkai pendek, letaknya berkelompok. Helaian daun bentuknya lonjong sampai lanset, pangkal lancip, ujung tumpul, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan mengkilap, panjang 1–9 cm, lebar 0,5–2,5 cm, warnanya hijau.