Beberapa Kebiasaan Buruk yang Diam-diam Bisa Merusak Gigi

Beberapa Kebiasaan Buruk yang Diam-diam Bisa Merusak Gigi

Beberapa Kebiasaan Buruk yang Diam-diam Bisa Merusak Gigi – Kesehatan gigi dan mulut berkaitan erat dengan kesehatan tubuh. Banyak yang menganggap menyikat gigi saja sudah cukup. Namun rutinitas menggosok gigi, membersihkan rongga mulut menggunakan obat kumur, dan menggunakan benang gigi ternyata belum cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Setiap orang pasti mendambakan memiliki gigi yang sehat, putih dan kuat. Sayangnya, ada banyak hal yang dapat mengganggu kesehatannya.

Gigi dan mulut yang bermasalah dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Infeksi pada gigi atau gusi dapat menyebar ke dalam jaringan tubuh lain. Mulai dari sering mengonsumsi makanan manis, jarang menggosok gigi hingga kebiasaan menggemeretakkan gigi saat tidur.

Selain itu, masih ada beberapa kebiasaan buruk yang tanpa kamu sadari ternyata merusak kesehatan gigi. Lalu, apa saja, ya? Dirangkum dari Healthline, Mayo Clinic, dan WebMD, yuk, simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini!

1. Langsung menyikat gigi setelah makan
Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Diam-diam Merusak Kesehatan Gigimu

Dianggap menyehatkan, menyikat gigi tepat sesudah makan bukan suatu hal yang bijak. Pasalnya, gigi menjadi lebih asam akibat proses pencernaan oleh berbagai enzim di mulut. Alih-alih menyehatkan, kebiasaan ini justru dapat merusak enamel gigi.

Akibatnya, gigi menjadi lebih sensitif, baik terhadap makanan dan minuman yang dingin atau panas. Jika kamu memang ingin mengosok gigi setelah makan, tunggulah sekitar 30 menit lebih dulu, ya.

2. Mengunyah es batu
Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Diam-diam Merusak Kesehatan Gigimu

Mungkin kamu belum menyadari jika kebiasaan mengunyah es batu dapat mengikis enamel gigi. Ketika lapisan terluar ini rusak, gigi akan lebih sensitif terhadap makanan dan minuman yang panas atau dingin.

Selain itu, menggigit pensil maupun bolpoin sama buruknya. Demi menjaga kesehatan gigi jangka panjang, cobalah untuk mengubah kebiasaan tersebut dengan mengunyah permen karet bebas gula.

3. Jarang mengganti sikat gigi
Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Diam-diam Merusak Kesehatan Gigimu

Walau sering dianggap sepele, menunda ganti sikat gigi ternyata berpotensi buruk  terhadap kesehatan gigi, lho. Sebab, bulu sikat semakin lama akan usang sehingga tidak mampu membersihkan gigi secara maksimal.

Menurut keterangan dari American Dental Association (ADA), gantilah sikat gigi setiap 3 bulan sekali. Terutama jika kamu baru sembuh dari sakit. Hal ini disebabkan bulu sikat dapat menjadi tempat sempurna untuk berkembangbiaknya kuman penyakit.

4. Mengabaikan gigi berlubang
Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Diam-diam Merusak Kesehatan Gigimu

Permasalahan gigi berlubang masih umum diderita oleh banyak orang. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan bahwa proporsi masalah gigi rusak, berlubang, atau sakit mencapai hingga 45,3 persen.

Sayangnya, tak sedikit pula yang membiarkan gigi berlubang begitu saja. Padahal, hal tersebut berpotensi menimbulkan beberapa masalah lainnya, seperti abses gigi, gingivitis, bahkan sepsis. Oleh sebab itu, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk menanganinya.

5. Menyikat gigi terlalu kencang
Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Diam-diam Merusak Kesehatan Gigimu

Menyikat gigi menjadi salah satu aspek penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun, tak sedikit orang yang masih keliru dalam melakukannya. Salah satunya adalah cara menyikat gigi yang terlalu kencang.

Hal ini dipercaya banyak orang akan membuat gigi lebih bersih. Faktanya, menyikat terlalu kencang mampu merusak enamel atau lapisan terluar gigi. Tak hanya itu, kebiasaan ini juga dapat membuat gusi berdarah serta meradang.

6. Sering minum minuman bersoda
Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Diam-diam Merusak Kesehatan Gigimu

Selama ini hanya makanan manis yang dianggap sebagai “biang keladi” penyebab gigi berlubang. Faktanya, minuman bersoda tak kalah mengandung gula yang tinggi. Minuman tersebut sangat disukai oleh para bakteri-bakteri di mulutmu.

Rutin mengonsumsi air soda jelas akan meningkatkan risiko gigi berlubang. Tak hanya itu, minuman berkarbonasi ini mengandung asam yang dapat mengikis enamel gigi secara agresif.

7. Tak rutin memeriksakan diri ke dokter gigi
Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Diam-diam Merusak Kesehatan Gigimu

Kesehatan gigi dan mulut masih sering kali diabaikan. Inilah alasannya mengapa banyak orang yang tidak rutin memeriksakan diri mereka ke dokter gigi. Sebagian besar orang bahkan baru akan mengunjungi dokter setelah menderita sakit gigi.

Pemeriksaan gigi sebenarnya harus rutin dilakukan setiap 6 bulan sekali. Meskipun, kamu tidak memiliki keluhan apa pun saat ini. Sebab, pemeriksaan rutin tersebut bertujuan sebagai deteksi dini terhadap masalah kesehatan gigi dan mulut.