Beberapa Jenis Penyakit ini Sering Terjadi Pada Lidah

Beberapa Jenis Penyakit ini Sering Terjadi Pada LidahLidah merupakan indera pengecap yang terdiri dari sejumlah bagian dan memiliki berbagai macam fungsi. Lidah memiliki fungsi penting sebagai indra pengecap. Sama seperti organ tubuh lainnya, lidah juga rentan terserang penyakit.

elain berfungsi sebagai pengecap, lidah juga memiliki beberapa fungsi utama, antara lain membantu kita berkomunikasi, mengunyah, dan menelan makanan. Seriawan adalah salah satu masalah kesehatan yang bisa menyerang mulut, termasuk lidah. Nyatanya, ada berbagai masalah kesehatan atau penyakit lain yang juga bisa memengaruhi lidah, lo, selain seriawan.

Selain menimbulkan rasa sakit, penyakit lidah juga bisa menyebabkan perubahan tampilan lidah. Untuk lebih mewaspadainya, yuk, Dilansir dari idn poker android kenali apa saja penyakit yang bisa menyerang lidah!

1. Leukoplakia
Selain Sariawan, Ini 6 Penyakit yang Bisa Menyerang Lidahmu
Leukoplakia adalah bercak putih atau abu-abu yang muncul di dalam mulut. Bercak ini timbul sebagai reaksi mulut terhadap iritasi yang terjadi dalam waktu panjang, misalnya akibat kebiasaan merokok.

Sejumlah faktor seperti kebiasaan merokok, mengunyah tembakau, dan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan bisa memicu leukoplakia.

Leukoplakia berambut biasanya muncul di sisi lidah. Kondisi ini disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV) dan sering menyerang orang-orang dengan HIV/AIDS atau masalah pada sistem imun lainnya.

2. Oral thrush
Selain Sariawan, Ini 6 Penyakit yang Bisa Menyerang Lidahmu

Oral thrush atau yang disebut juga sebagai kandidiasis mulut adalah infeksi jamur pada mulut yang disebabkan oleh jamur Candida albicans yang menumpuk pada lapisan mulut. Kondisi ini ditandai dengan bercak putih atau kekuningan yang biasanya terbentuk di lidah dan pipi bagian dalam.

Bisa menyerang siapa saja, oral thrush lebih umum terjadi pada bayi, balita, lansia, dan orang yang memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh. Untuk menanganinya, biasanya dokter akan meresepkan obat antijamur.

3. Glositis
Selain Sariawan, Ini 6 Penyakit yang Bisa Menyerang Lidahmu

Glositis adalah kondisi peradangan pada lidah. Meski kebanyakan bersifat ringan, glositis yang parah dapat menyebabkan rasa sakit yang bisa menyulitkan saat makan atau bicara.

Mengutip Medical News Today, ada sejumlah faktor yang dapat menimbulkan glositis, di antaranya:

• Reaksi alergi
  • Cedera mulut
  • Penyakit tertentu, terutama jika terjadi defisiensi atau kekurangan nutrisi, seperti penyakit celiac, malnutrisi kalori-protein, dan anemia pernisiosa. Penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, seperti sindrom Sjögren, dapat menyebabkan perubahan pada mulut yang mengakibatkan glositis
  • Infeksi bakteri, virus, dan jamur
  • Defisiensi nutrisi, seperti zat besi dan vitamin B12
4. Lidah geografis
Selain Sariawan, Ini 6 Penyakit yang Bisa Menyerang Lidahmu

Lidah geografis adalah kondisi munculnya area yang tidak teratur, halus, dan berwarna merah pada lidah, yang berbentuk seperti peta. kondisi ini muncul pada bagian atas dan samping lidah, dan kadang di bawah permukaan.Nah, pada lidah geografis, papila di permukaan lidah menghilang dan muncul bercak merah yang tampak seperti “pulau” di peta, sering kali memiliki batas putih yang tidak beraturan.

Berdasarkan keterangan dari American Academy of Oral Medicine, lidah geografis merupakan kondisi yang tidak menular dan tidak terkait dengan kanker tertentu.

5. Burning mouth syndrome
Selain Sariawan, Ini 6 Penyakit yang Bisa Menyerang Lidahmu

Burning mouth syndrome atau sindrom mulut terbakar (mulut panas) adalah kondisi yang ditandai dengan keluhan akan sensasi abnormal pada lapisan mulut. Kebanyakan pasien mendeskripsikannya seperti mulut terkena air panas. Perempuan, terutama yang memasuki periode menopause, lebih umum mengalaminya.

Sementara itu, bila didasari oleh kondisi medis tertentu, ini tergolong burning mouth syndrome sekunder. Pemicunya antara lain alergi, mulut kering, konsumsi obat-obatan tertentu, kekurangan nutrisi, refluks asam lambung, dan infeksi mulut.

6. Kanker lidah
Selain Sariawan, Ini 6 Penyakit yang Bisa Menyerang Lidahmu

Kanker lidah adalah penyakit kanker yang tumbuh dan berasal dari jaringan lidah. Kondisi ini dapat ditandai dengan sariawan, munculnya bercak-bercak berwarna merah atau putih pada lidah, dan sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh.

Kondisi ini juga dapat disertai gejala lainnya, seperti nyeri pada rahang atau tenggorokan, sakit saat menelan, lidah atau rahang menjadi kaku, kesulitan menelan, muncul bercak merah atau putih di lapisan mulut atau lidah, lidah mengalami perdarahan tanpa sebab yang jelas, dan timbul benjolan yang tidak kunjung hilang.

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko kanker lidah, meliputi kebiasaan merokok, konsumsi alkohol secara berlebihan, dan infeksi human papillomavirus (HPV).