Beberapa Jenis Keripik Unik & Lezat yang Pasti Akan Disukai

Beberapa Jenis Keripik Unik & Lezat yang Pasti Akan Disukai

Beberapa Jenis Keripik Unik & Lezat yang Pasti Akan Disukai – Keripik atau kripik adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng di dalam minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu.

Keripik kerap menjadi cemilan andalan ketika lagi ngumpul bareng teman ataupun saat lagi menikmati waktu senggang sendirian. Banyak sekali jenis keripik yang bisa dipilih. Mulai dari keripik singkong, keripik bawang, keripik pangsit dan lain-lain.

Selain itu, ada rekomendasi keripik lain yang bisa kamu coba nih. Diolah dari bahan yang tidak diduga-duga, hasil dari keripiknya pun tetap nikmat. Daripada berlama-lama, cek beberapa keripik di bawah ini yuk!

1. Keripik dendeng daun singkong
5 Keripik Unik yang Perlu Kamu Coba, Ada Keripik Pelepah Pisang Juga!

Sebenarnya sudah lumayan banyak yang menjual keripik dendeng daun singkong secara online ataupun offline. Tapi, tentu saja tidak sebanyak keripik singkong yang sudah menjamur di pasaran.

Dikatakan unik karena keripik ini menggunakan daun singkong sebagai bahan dasarnya. Kemudian daun singkong diolah dengan cara daun singkong direbus dan dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. Dilanjutkan dengan pemberian tepung dan bahan-bahan lainnya. Berlanjut dengan menggilasnya tipis-tipis.

Hasil akhirnya, keripik ini mirip sekali rasanya dengan dendeng karena juga menggunakan bumbu-bumbu yang digunakan dalam pembuatan dendeng. Tertarik mencobanya?

2. Keripik pelepah pisang
5 Keripik Unik yang Perlu Kamu Coba, Ada Keripik Pelepah Pisang Juga!

Yakin tertarik buat coba? Nah, bahan dasarnya tentu saja bagian dalam pelepah pisang yang berongga tersebut. Dengan mengirisnya tipis-tipis dan teknik khusus, kamu bisa menikmati sensasi keripik pelepah pisang tanpa rasa sepat. Tentu saja ketika digoreng, irisan pelepah pisang ini harus dibaluri tepung terlebih dahulu agar hasilnya kriuk. Kamu pernah coba tidak nih?

3. Keripik daun sirih
5 Keripik Unik yang Perlu Kamu Coba, Ada Keripik Pelepah Pisang Juga!

Terbayang tidak sih aroma sirih yang menyengat saat menikmati keripik sirih ini? Tapi nyatanya aroma dan rasa daun sirih yang agak pahit ternyata nyaris tidak terasa lho.

Camilan ini dinilai menyehatkan karena daun sirih kaya akan manfaat dan dipercaya menghilangkan bau badan karena kandungan minyak atsiri di dalamnya.

4. Keripik pare
5 Keripik Unik yang Perlu Kamu Coba, Ada Keripik Pelepah Pisang Juga!

Pare dikenal memiliki rasa yang pahit. Bahkan sebagian besar orang tidak menyukai rasanya yang pahit tersebut.

Jika kamu pencinta pare tentu mengkonsumsi keripik pare ini tidak masalah. Dan kabar baiknya untuk kamu yang tidak terlalu suka rasa pahit dari pare juga bisa mencobanya lho. Setelah selesai dalam berbagai teknik pengolahan khusus dan tepat, rasa pahit dalam pare juga jadi berkurang. Ada yang penasaran tidak nih?

5. Keripik kaca
5 Keripik Unik yang Perlu Kamu Coba, Ada Keripik Pelepah Pisang Juga!

Bagi kamu yang mengikuti menu kekinian, tentu saja tidak asing dengan keripik satu ini. Dikatakan unik karena bentuknya yang tipis dan transparan mirip kaca ini membuatnya menarik dan menjadi daya tarik tersendiri. Keripik kaca terbuat dari tepung tapioka yang disiram dengan air panas lalu digilas setipis mungkin hingga ke tahap penjemuran.

Camilan ini cocok banget buat kamu yang suka ngemil. Keripik kaca banyak pilihan rasanya, mulai dari menggunakan bumbu tabur hingga bumbu basah.Secara umum keripik dibuat melalui tahap penggorengan, tetapi ada pula dengan hanya melalui penjemuran, atau pengeringan.

Keripik dapat berasa dominan asin, pedas, manis, asam, gurih, atau paduan dari kesemuanya. Keripik singkong banyak diproduksi di kota Bandung dengan berbagai macam rasa dan varian. Di Yogyakarta terdapat keripik berbahan baku jamur tiram.