Beberapa Jenis Dumpling Lembut Nan Lezat yang Buat Ketagihan

Beberapa Jenis Dumpling Lembut Nan Lezat yang Buat Ketagihan

Beberapa Jenis Dumpling Lembut Nan Lezat yang Buat Ketagihan – Dumpling merupakan salah satu jenis dimsum yang banyak penggemarnya. Makanan ini biasanya umum disajikan ketika bersantap di resto yang menyajikan dimsum food.

Dimsum sendiri adalah istilah dalam bahasa Kanton yang artinya makanan kecil. Variannya selain dumpling antara lain bakpau dan kaki ayam dimsum. Dumpling adalah sebuah hidangan yang berasal dari adonan tepung yang memiliki aneka bentuk dengan beragam isian.

Isian yang digunakan juga beragam dapat berupa daging ataupun sayuran. China merupakan salah satu negara yang paling terkenal dengan dumpling yang memiliki cita rasa yang nikmat. Apa saja jenis dumpling khas China? Berikut lima di antaranya.

1. Jiaozi
5 Jenis Dumpling Khas China yang Lembutnya Bikin Ketagihan

Jiaozi merupakan salah satu jenis dumpling yang sangat populer di negara ini bahkan Asia Timur. Dumpling ini terbuat dari lembaran kulit yang digulung tipis dan dapat diisi dengan apa saja, mulai dari daging sapi, babi, bahkan sayuran.

Setelah diberi isian, dumpling ini dapat diolah dengan cara direbus, dikukus, maupun digoreng. Untuk menambah rasa, hidangan ini ditemani dengan kecap asin yang dibuat secara tradisional.

2. Baozi
5 Jenis Dumpling Khas China yang Lembutnya Bikin Ketagihan

Baozi merupakan dumpling yang mirip dengan bakpao. Dumpling ini terbuat dari roti dan diisi dengan berbagai macam isian, mulai dari manis hingga gurih. Biasanya menggunakan isian berupa daging sapi, sayuran, maupun hidangan laut.

Karena kepopulerannya, dumpling ini dapat ditemukan di seluruh sudut China dan di banyak pedagang kaki lima.

3. Wonton
5 Jenis Dumpling Khas China yang Lembutnya Bikin Ketagihan

Wonton merupakan makanan tradisional dari negara ini sejak zaman dahulu. Dumpling yang dijuluki ravioli China ini dibuat dari donan tepung gandum yang lembut dan diberi isian seperti daging, makanan laut, maupun sayuran.

Biasanya, wonton akan disajikan bersama dengan kuah kaldu hangat yang terbuat dari beberapa bahan.

4. Xiaolongbao
5 Jenis Dumpling Khas China yang Lembutnya Bikin Ketagihan

Xiaolongbao merupakan makanan tradisional sejak abad ke-19. Dumpling ini terbuat dari kulit pangsit biasa yang kemudian diberi isian berupa sup dengan cincangan daging babi. Terdapat pula isian lain yang menggunakan daging kepiting dan udang.

Dalam penyajiannya, biasanya xiaolongbao dimakan pada saat masih panas dan ditemani dengan saus cuka dan jahe di sebelahnya.

5. Shumai
5 Jenis Dumpling Khas China yang Lembutnya Bikin Ketagihan

Shumai merupakan makanan tradisional yang populer di negara ini. Selain terkenal di negara asalnya, dumpling ini juga populer di Indonesia dan beberapa negara lain. Makanan ini terbuat dari kulit pangsit yang diisi dengan daging babi giling dan terkadang menggunakan udang atau jamur hitam china sebagai isiannya.

Setelah diberi isian, shumai ini akan diberi topping dengan satu kacang polong, telur ikan, atau sepotong kecil wortel di atasnya. Dumpling ini biasanya disajikan bersama daun bawang.

Dumpling khas China di atas dapat menjadi referensi ketika kamu berlibur ke China. Dumpling yang mana nih yang bikin kamu penasaran ?

Dumpling biasanya terdiri atas daging cincang ditambah dengan sayur-sayuran yang dibungkus dengan selembar kulit yang terbuat dari adonan tepung. Jenis dumpling pun bermacam-macam, misalnya Jiaozi, dumpling ini berisi daging cincang dan sayuran biasanya dimasak dengan cara direbus dan memiliki kulit yang tebal.

Potstickers, adalah dumpling yang proses memasaknya dengan cara pan fried, dumpling dimasak di dalam penggorengan datar menggunakan air dan minyak hingga air habis sehingga bagian bawah dumpling menjadi berwarna kecoklatan.

Dumpling udang atau Har Gau, ini merupakan dumpling yang berisi udang dan rebung, keunikan Har Gau adalah kulit pembungkusnya yang licin dan mengkilap nyaris transparan. Yang paling umum dikenal adalah Siu Mai alias siomay. Keunikannya adalah bentuknya yang seperti keranjang mungil, biasanya terbuat dari daging ayam, ikan atau udang.