Beberapa Inspirasi Menu Berbahan Sayur Dengan Cita Rasa Iran

Beberapa Inspirasi Menu Berbahan Sayur Dengan Cita Rasa Iran

Beberapa Inspirasi Menu Berbahan Sayur Dengan Cita Rasa Iran – Masakan Iran atau Masakan Persia adalah gaya kuliner tradisional ataupun modern yang berasal dari negara Iran (dulu lebih dikenal sebagai Persia). Terletak di Timur Tengah dan Asia Barat, seni kuliner Iran adalah unik, karena memiliki sejarah yang panjang.

Serta saling mempengaruhi dengan kebudayaan di kawasan sekitarnya yang pernah ditaklukan oleh Kekaisaran Persia. Menjadi vegetarian adalah salah satu cara untuk memulai hidup sehat. Saat ini, menu untuk vegetarian telah bervariasi dan juga tak kalah sedap dengan menu berbahan daging.

Bila kamu sedang mencari inspirasi menu berbahan sayuran dengan cita rasa Iran, lima hidangan ini patut untuk dicicipi. Kelima hidangan ini pun dapat dikombinasikan dengan roti atau nasi.

1. Sabzi khordan
5 Hidangan Khas Iran yang Cocok untuk Vegetarian, Gak Bikin Bosan

Sabzi khordan merupakan makanan yang berupa aneka ragam rempah dan sayuran segar yang dihidangkan di banyak makanan penting di negara ini. Makanan ini umumnya terdiri dari basil, dillmint, peterseli, lobak, daun bawang, beragam rempah, dan sayuran segar lainnya.

Sabzi khordan biasanya dihidangkan sebagai lauk dengan banyak makanan khas Iran. Hidangan ini juga dapat disantap sebagai makanan pembuka atau makanan utama yang ringan. Sabzi khordan juga dapat disajikan dengan roti pipih dan keju feta.

2. Kashke bademjan
5 Hidangan Khas Iran yang Cocok untuk Vegetarian, Gak Bikin Bosan

Kashke bademjan merupakan makanan yang sering dihidangkan sebagai menu pembuka. Makanan ini terbuat dari kombinasi terong panggang dan yogurt whey.

Biasanya, kashke menggunakan kenari cincang, mint, dan bawang karamel sebagai hiasan. Makanan ini juga bisa menjadi saus yang lezat atau dihidangkan bersamaan dengan roti lavash.

3. Dal adas
5 Hidangan Khas Iran yang Cocok untuk Vegetarian, Gak Bikin Bosan

Dal adas merupakan makanan yang terbuat dari lentil merah yang direbus dalam kaldu sayuran. Kemudian dikombinasikan dengan tumis bawang bomba, bawang putih, kentang yang telah dipotong dadu, dan tomat.

Untuk memperkuat rasa, maka ditambahkan dengan rempah-rempah, seperti kunyit, jinten, kayu manis, bubuk cabai, dan garam. Dal adas biasanya menggunakan ketumbar segar dan cabai merah sebagai hiasan. Hidangan ini biasanya menjadikan nasi persia atau roti hangat sebagai pendampingnya.

4. Naz khatun
5 Hidangan Khas Iran yang Cocok untuk Vegetarian, Gak Bikin Bosan

Naz khatun merupakan bumbu sayuran yang terbuat dari terong panggang, rempah-rempah pilihan, verjuice, dan zesty yang terbuat dari anggur mentah.

Terdapat versi tradisional yang menambahkan bahan seperti bawang putih,  molase delima, dan seledri liar bubuk yang juga disebut sebagai angelicaNaz khatun dapat menggunakan daun mint sebagai hiasan dan bisa didampingkan dengan nasi hangat.

5. Mirza ghassemi
5 Hidangan Khas Iran yang Cocok untuk Vegetarian, Gak Bikin Bosan

Mirza ghassemi adalah makanan yang dibuat dengan terong yang dipanggang terlebih dahulu di atas api terbuka. Setelahnya terung lalu dicincang halus dan dikombinasikan dengan tomat, bawang putih, dan kunyit. Telur ditambahkan untuk mencampur semua bahan sebagai hasil akhirnya. Makanan ini biasanya dikonsumsi sebagai makanan pembuka. Hidangan ini juga dapat dikonsumsi bersamaan dengan roti pipih atau sebagai lauk dengan nasi.

Banyak pilihan hidangan untuk vegetarian yang terinspirasi dari makanan khas Iran. Dengan begitu, gak perlu ragu mau makan apa setelah membulatkan tekad jadi vegetarian. Secara khusus seni kuliner Iran memiliki hubungan dan saling mempengaruhi dengan beberapa seni kuliner sekitar, seperti Azerbaijan, Turki, kaukasus, Kurdi, Irak, Levant, Yunani, Masakan Asia Tengah, dan sedikit dengan Rusia.

Masakan Persia memiliki kemiripan, hubungan dekat, dan saling memengaruhi dengan masakan Turki, Kaukasus, dan Azerbaijan, karena faktor kedekatan geografis, kekerabatan etnik (suku bangsa Azerbaijan adalah suku terbesar kedua di Iran setelah bangsa Persia). Aspek sejarah juga memengaruhi, karena kawasan ini pernah dipersatukan oleh kekaisaran tertentu, seperti Achaemenid, Sassaniah, Seljuk, Safawiyah, Afsharid,  Utsmaniya dan Qajar.

Sayur-sayuran segar dan rempah banyak digunakan dalam hidangan Iran, termasuk buah-buahan seperti anggur, plum, delima, quince, prun, aprikot, dan kismis. Masakan khas Persia biasanya merupakan kombinasi dari nasi dan daging, seperti daging kambing, daging ayam, atau ikan, dan sayuran, seperti bawang bombay, berbagai jenis rempah, dan kacang-kacangan. Untuk mencapai citarasa yang seimbang, bumbu rempah ditambahkan, seperti saffron, limau kering, kayu manis, dan daun parsley, semuanya dicampur secara teliti.