Beberapa Ide Kreasi Salad Kentang yang Cocok Untuk Diet

Beberapa Ide Kreasi Salad Kentang yang Cocok Untuk Diet

Beberapa Ide Kreasi Salad Kentang yang Cocok Untuk Diet – Kartoffelsalat atau  salad kentang adalah makanan khas tradisional Jerman berbahan utama kentang. Makanan ini cukup terkenal di Eropa. Sejak abad ke 16 menu kartoffelsalat sudah dikenal di Jerman.

Awalnya hanya diberi campuran  garam, minyak sayur dan cuka. Kentang menjadi salah satu sayuran yang paling sering diolah, entah itu untuk camilan ataupun hidangan utama.

Kreasi yang tidak bisa dijauhkan dari bahan baku kaya karbohidrat ini adalah salad. Sebagaimana diketahui, salad sering kali dianggap monoton karena rasa dan tampilan yang sama setiap saat.

1. Creamy potato salad
5 Kreasi Salad Kentang Menggugah Selera, Biar Makan Tambah Semangat!

Siapa bilang bahwa tekstur salad cenderung membosankan. Kemungkinan kamu belum mencicipi salad kentang yang creamy berikut ini sebagai salah satu kudapan saat sarapan atau makan malam.

Dressing yang digunakan dalam hidangan tersebut bisa berupa mayones dengan tambahan mustard, cuka, garam, lada, seledri, serta tambahan telur rebus yang dihancurkan.

2. German style potato salad
5 Kreasi Salad Kentang Menggugah Selera, Biar Makan Tambah Semangat!

Jerman memiliki salah satu olahan salad kentang andalan yang bisa diadaptasi untuk membuat makanan yang lebih menggugah selera. Kentang yang dipakai dalam sajian ini pun perlu direbus terlebih dahulu sebelum dicampur bersama dressing.

Sedangkan di tempat lain, masak bacon sampai garing, tambahkan bawang bombai, disusul dengan kaldu sapi. Setelahnya, masukkan cuka, mustard, dan aneka penambah rasa yang diperlukan.

3. Vinaigrette potato salad
5 Kreasi Salad Kentang Menggugah Selera, Biar Makan Tambah Semangat!

Kreasi salad kentang berikut ini akan terasa lebih segar akibat penggunaan vinaigrette sebagai salah satu penambah rasa terhadap makanan. Kesegaran tersebut didapatkan melalui penggunaan cuka dan air lemon.

Terlebih dahulu masak kentang hingga mencapai kematangan yang pas. Kemudian buat dressing dengan campuran minyak zaitun, basil, air lemon, perasa, cuka, lemon zest, peterseli, dan bawang bombai.

4. Roasted chicken with potato salad
5 Kreasi Salad Kentang Menggugah Selera, Biar Makan Tambah Semangat!

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang kerap kali digunakan sebagai pengganti nasi. Oleh sebab itu, tak jarang bahwa dalam menikmati sayuran ini, terdapat penambahan protein yang digunakan.

Nah, supaya menambahkan rasa dan porsi dalam makanan, gunakan daging ayam bagian dada untuk disertakan. Daging tersebut bisa dimasak dengan dipanggang memakai bumbu marinasi sesuai kesukaan.

5. Mix veggie potato salad
5 Kreasi Salad Kentang Menggugah Selera, Biar Makan Tambah Semangat!

Tak cuma sendirian, olahan salad kentang pun dapat dikreasikan bersama aneka sayuran lain, sehingga makanan menjadi tambah mengenyangkan. Kamu bisa menggunakan wortel, seledri, hingga lobak.

Sementara untuk dressing, dapat menggunakan campuran antara mayones, mustard, cuka, dan aneka bumbu penambah rasa supaya hidangan terasa semakin segar dan nikmat.

Wah, ternyata ada banyak kreasi salad kentang yang bisa diolah di rumah. Dengan begini, kamu tidak perlu khawatir akan rasa salad yang membosankan. Sebab ada banyak alternatif yang bisa dimasak bergantian.

Di Jerman sendiri, salad kentang di tiap daerah dibuat dengan campuran dan cara yang berbeda tetapi bahan utamanya adalah kentang. Makanan ini dibuat dari rebusan kentang yang telah dipotong-potong, kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti daging sapi, telur, bawang bombay segar, mayonnaise, cuka, tomat, dan susu.

Persiapannya yang mudah, rasanya yang enak, dan mengenyangkan membuat Kartoffelsalat cocok dijadikan makanan pendamping Wurst atau sosis, Schnitzel atau fillet ayam goreng tepung khas Jerman, ataupun sebagai pendamping barbeque-an.