Beberapa Efek Samping Jika Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kopi

Beberapa Efek Samping Jika Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kopi

Beberapa Efek Samping Jika Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kopi – Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Pada dasarnya kopi aman untuk dikonsumsi, bahkan memberi manfaat positif untuk kesehatan. Selain itu, juga punya manfaat tersendiri untuk perawatan kulit bagi para wanita.

Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Akan tetapi, meskipun aman sekalipun, kalau dikonsumsi secara berlebihan ujung-ujungnya bakal bahaya dan berdampak buruk untuk kesehatan.

Supaya kamu lebih waspada dan tanpa sadar malah membahayakan diri sendiri, ada baiknya untuk tahu efek sampingnya, berikut penjelasannya.

1. Tanpa sadar jadi mengidap insomnia
Jangan Berlebihan, Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi

Mengonsumsi kafein bisa meningkatkan daya konsentrasi dan memberimu energi tambahan untuk beraktivitas. Jadi, jangan heran kalau efek samping dari kebanyakan minum kopi bikin kamu kesulitan tidur.

Tidak bisa beristirahat optimal terus-terusn, bisa membuat kondisi badanmu memburuk. Bisa-bisa kamu malah mengalami insomnia akut dan harus minum obat tidur untuk bisa terlelap dan istirahat.

2. Menimbulkan masalah percernaan
Jangan Berlebihan, Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi

Terlalu banyak minum kopi juga bisa bikin kamu sakit terutama menimbulkan masalah pada pencernaan. Kandungan kafein pada kopi akan merangsang bagian dalam perut seperti usus. Hal itu mendorong keinginan untuk buang air besar dan kalau berlebihan, malah bisa membuatmu diare.

Selain itu, jangan lupa juga ada resiko jangka panjang dari mengonsumsi kopi, yaitu bisa terkena penyakit maag. Pasti gak mau kan pencernaan justru terganggu hanya karena kebanyakan minum kopi?

3. Kencanduan berlebihan yang bisa mempengaruhi psikologis
Jangan Berlebihan, Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi

Terlalu banyak dan sering minum kopi gak hanya buruk untuk kesehatan fisik tapi juga buruk untuk psikologis. Dimana kamu jadi kecanduan dan merasa bahwa hidupmu tidak bisa lepas dari kopi.

Efek samping ini mirip dengan penggunaan obat-obatan berlebihan yang di luar pengawasan dokter. Dampaknya apa? Kalau gak minum kopi kamu bisa stres, bingung seperti linglung, dan tidak bisa melakukan aktivitas secara normal seperti biasanya.

4. Menyebabkan kelelahan kalau gak minum kopi
Jangan Berlebihan, Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi

Pada dasarnya minum kopi memang bisa membuatmu jadi lebih bersemangat, menambah energi dalam tubuh, dan kamu pun merasa lebih segar segera setelah meminumnya. Akan tetapi, kalau sudah terbiasa mengonsumsinya apalagi jika sudah sampai di tahap berlebihan, maka efek sampingnya justru bisa kebalikannya.

Tubuhmu jadi merasa sangat lelah atau ngantuk berat kalau tidak minum kopi. Sistem kerja tubuhmu jadi tidak normal lagi.

5. Sering buang air kecil
Jangan Berlebihan, Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi

Terlalu banyak minum kopi juga berefek samping bikin kamu jadi lebih sering buang air kecil, lho. Kamu bisa menandainya dari intensitas buang airmu yang menjadi semakin sering.  Kondisi seperti ini lebih banyak dialami oleh orang tua yang sistem tubuhnya sudah menua.

Tapi, anak muda pun juga bisa mengalaminya kalau terlalu banyak minum kopi. Jadi hati-hati, ya. Kalau kamu penyuka kopi maka kamu pun juga harus tahu apa efek sampingnya kalau minum kopi berlebihan. Supaya gak kelepasan dan akhirnya malah membuat dirimu sendiri sakit.