Beberapa Cara Sederhana untuk Mengurangi Rambut Rontok

Beberapa Cara Sederhana untuk Mengurangi Rambut Rontok

Beberapa Cara Sederhana untuk Mengurangi Rambut Rontok – Rambut rontok adalah lepasnya rambut secara berlebihan. Kondisi ini dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan, baik sementara maupun permanen. Rambut rontok sering kali membuat banyak orang resah akan mengalami kebotakan dan menganggu penampilan. Rambut sebenarnya memang mengalami kerontokan setiap harinya.

Jumlah rambut akan lepas atau rontok sekitar 50–100 helai setiap harinya. Hal ini normal, karena ada juga rambut yang tumbuh setiap harinya. Berdasarkan keterangan dari American Academy of Dermatology Association (AAD), normalnya, rambut akan rontok sebanyak 50 sampai 100 helai per harinya.

Nah, jika rambut rontok lebih dari 100 helai. Ini menjadi tanda bahwa rambutmu sedang membutuhkan perhatian ekstra. Namun jangan cemas dulu, karena beberapa cara sederhana di bawah ini dapat mengurangi rambut rontok, lho. Simak terus sampai habis, ya!

1. Ubah cara menyisir rambut
5 Tips Sederhana yang Dapat Mengurangi Rambut Rontok, Anti Botak!

Selama ini kamu mungkin menyisir rambutmu dari atas ke bawah, bukan? Sayangnya, kebiasaan ini sebenarnya keliru. Dilansir Healthline, ketika kamu menyisir rambut dari atas ke bawah, sisir akan otomatis ikut menarik rambut akibat tekanan yang kamu berikan.

Akhirnya, kebiasaan ini akan membuat rambut menjadi rontok. Perlu diketahui, jika tipe sisir dan caramu menyisir rambut adalah kunci untuk menjaga rambut tetap sehat. Oleh sebab itu, penting bagimu melakukan teknik menyisir rambut dengan benar.

Merangkum dari laman Healthline, berikut ini cara menyisir rambut yang benar :

  • Pilihlah sisir yang sesuai dengan jenis rambutmu. Contohnya sisir yang bergigi lebar akan cocok untuk pemilik rambut keriting atau bergelombang. Sebaliknya, bagi pemilik rambut lurus disarankan untuk memakai sisir bergigi rapat
  • Sisirlah rambut dengan kondisi setengah kering. Pasalnya, rambut akan sangat rapuh saat basah
  • Mulailah menyisir dari bagian tengah rambut sampai ujung rambut
  • Setelah rambut bagian tengah dan ujung dirasa tidak kusut, pindah ke bagian rambut atas hingga mencapai kulit kepala. Lalu, sisirlah semua bagian rambut beberapa kali
  • Lakukanlah gerakan menyisir rambut secara perlahan, alih-alih sengaja menyisir rambut dengan kencang. Disarankan kamu menyisir rambut sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan malam hari
2. Kelola stres dengan baik
5 Tips Sederhana yang Dapat Mengurangi Rambut Rontok, Anti Botak!

Stres berkepanjangan memberikan dampak buruk bagi kesehatan secara keseluruhan. Termasuk soal kesehatan rambut, saat stres  biasanya rambut akan rontok lebih banyak. Lantas mengapa demikian? Mengutip Very Well Mind, stres dapat memicu permasalahan rambut, yaitu telogen effluvium dan alopecia areata.

Berbeda dengan telogen effluvium, alopecia areata adalah kondisi dimana sistem imun menyerang serta merusak folikel rambut sehingga rontok dan akhirnya menjadi botak. Kondisi ini juga diduga dapat dipicu oleh stres berat, infeksi virus ataupun  perubahan hormon.

3. Perhatikan teknik pengguna hair dryer yang tepat
5 Tips Sederhana yang Dapat Mengurangi Rambut Rontok, Anti Botak!

Sebagian besar orang mungkin mengeringkan rambut mereka menggunakan hair dryer karena dianggap lebih cepat dan praktis. Namun, jika teknik pengguna hair dryer tidak tepat dalam jangka waktu yang lama.

Maka, hal tersebut dapat membuat rambut menjadi rapuh dan mudah patah. Pasalnya, alat pengering rambut atau hair dryer ini menghasilkan suhu panas yang dapat merusak batang rambut. Berdasarkan keterangan dari Health dan Prevention, berikut ini teknik pengguna hair dryer yang tepat, yaitu :

  • Keringkan terlebih dahulu rambutmu menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan. Jangan gunakan hair dryer saat rambutmu terlalu basah. Hal ini sama saja kamu sedang “mendidihkan” rambut basahmu
  • Lalu, berikan serum atau vitamin pada rambut secara merata
  • Setelah itu, posisikan hair dryer dengan jarak 6 inchi dari rambut dan gunakanlah hair dryer dengan suhu terendah
4. Gunakan minyak kelapa untuk merawat rambut
5 Tips Sederhana yang Dapat Mengurangi Rambut Rontok, Anti Botak!

Minyak kelapa memang terkenal akan sejuta manfaat bagi kecantikan tubuh. Termasuk kesehatan rambut, minyak kelapa dipercaya dapat yang membuat rambut halus dan sehat. Hal ini karena kandungan asam lemak pada minyak kelapa dapat diserap oleh batang rambut sehingga rambut terasa halus dan lembut.

Dilansir Medical News Today, kandungan asam lemak dalam minyak kelapa juga dapat mengurangi kerontokan serta membuat rambut lebih berkilau. Meskipun bermanfaat, namun bagi orang yang menderita eksem, psoriasis, atau masalah pada kulit kepala. Maka, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

5. Konsumsi makanan bergizi
5 Tips Sederhana yang Dapat Mengurangi Rambut Rontok, Anti Botak!

Rambut ternyata membutuhkan vitamin agar tetap sehat, kuat dan berkilau. Vitamin ini dapat kamu peroleh dari makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Tak hanya baik bagi rambut, mengonsumsi makanan bergizi juga baik bagi kesehatan kulit kepala.

Mengutip WebMD, beberapa nutrisi yang dibutuhkan rambut, seperti vitamin A, Vitamin B (B6 dan B12), vitamin C, vitamin D, vitamin E, asam lemak omega-3, dan protein. Berbagai nutrisi ini dapat kamu peroleh dari  buah-buahan, sayuran, daging, seafood dan kacang-kacangan.