Beberapa Buah yang Aman Dikonsumsi Pada Penderita Diabetes

Beberapa Buah yang Aman Dikonsumsi Pada Penderita Diabetes

Beberapa Buah yang Aman Dikonsumsi Pada Penderita Diabetes – Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Beberapa orang dengan diabetes melitus akan disarankan oleh dokter untuk menjaga pola makan. Salah satunya memilih makanan dengan indeks glikemik rendah.

Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah sangat baik untuk tubuh karena kadar gula dalam darah akan naik secara perlahan setelah makan. Beberapa orang dengan diabetes melitus diharapkan lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar gula darah tidak naik tiba-tiba.

Penderita diabetes tetap diperbolehkan mengonsumsi buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Namun, tidak semua buah baik untuk penderita diabetes karena buah-buahan memiliki indeks glikemik yang bervariasi. Berikut adalah beberapa buah yang aman dikonsumsi karena memiliki indeks glikemik rendah:

1. Buah pir
Rendah Indeks Glikemik, 5 Rekomendasi Buah Ini Aman untuk Diabetes

Selain rasanya yang manis dan segar buah pir memiliki skor indeks glikemik sebesar 38. Tak hanya rendah indeks glikemik, buah pir juga salah satu sumber serat yang baik untuk pencernaan.

Buah pir mengandung potasium dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Antioksidan yang terkandung pada buah pir bermanfaat untuk kesehatan jantung.

2. Buah apel
Rendah Indeks Glikemik, 5 Rekomendasi Buah Ini Aman untuk Diabetes

Buah apel termasuk kategori buah dengan indeks glikemik rendah dengan skor 39. Rasanya yang manis membuat buah apel menjadi salah satu buah yang banyak disukai anak-anak maupun orang dewasa. Tak hanya kaya akan serat, buah apel juga berguna untuk bakteri baik di ususmu.

Buah apel juga diketahui memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan yang terkandung dalam buah apel bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

3. Buah jeruk 
Rendah Indeks Glikemik, 5 Rekomendasi Buah Ini Aman untuk Diabetes

Buah jeruk yang dikenal sebagai sumber vitamin C ini ternyata memiliki skor indeks glikemik sebesar 40 sehingga cocok sebagai camilan penderita diabetes. Kandungan vitamin C pada buah jeruk dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Selain menjadi sumber vitamin, buah jeruk juga mengandung potasium. Manfaat potasium dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Buah stroberi
Rendah Indeks Glikemik, 5 Rekomendasi Buah Ini Aman untuk Diabetes

Buah berwarna merah ini memiliki skor indeks glikemik 41 sehingga termasuk kategori rendah indeks glikemik. Tak hanya kaya akan vitamin C, buah stroberi juga kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuhmu.

Ternyata, buah stroberi juga menjadi salah satu sumber potasium, salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh. Potasium sendiri berperan dalam regulasi tekanan darah agar tetap normal.

5. Buah pisang 
Rendah Indeks Glikemik, 5 Rekomendasi Buah Ini Aman untuk Diabetes

Mengutip Harvard Health Publishing, buah pisang yang tidak terlalu matang memiliki skor indeks glikemik antara 48—54 sehingga aman dikonsumsi jika memiliki diabetes. Buah pisang diketahui memiliki kandungan serat yang tinggi dan menjadi sumber vitamin dan mineral.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika (AHA), buah pisang memiliki potasium yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan potasium pada satu buah pisang ukuran medium mencapai 420 mg.

Mengonsumsi buah dengan indeks glikemik rendah membantu agar gula darah tetap terkontrol. Namun, dengan catatan, kita harus mengonsumsi buah-buah di atas dengan porsi normal. Kombinasi obat dari dokter dan menjaga pola hidup sehat akan membantu gula darah tetap stabil.