Tips Memasak Samgyetang yang Hangatkan Tubuh di Musim Dingin

Tips Memasak Samgyetang yang Hangatkan Tubuh di Musim Dingin

Tips Memasak Samgyetang yang Hangatkan Tubuh di Musim Dingin – Samgyetang adalah sup ayam ginseng masakan Korea. Sup ini berisi ayam muda dalam keadaan utuh yang direbus dengan api kecil selama 2-3 jam hingga empuk. Seporsi sup dalam panci kecil biasanya dimakan oleh satu orang. Samgyetang dimakan dengan tambahan merica, garam, dan kimchi yang disediakan di atas meja.

Ayam sudah direbus hingga empuk hingga daging mudah lepas dari tulang. Kuah sup biasanya tidak semua diminum. Setelah daging ayam habis, nasi dimasukkan ke dalam sup. Setelah isi perut ayam dikeluarkan, ke dalam perut ayam dimasukkan ketan yang sudah direndam sebelumnya dan ramuan tanaman obat yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan.

Samgyetang dapat menghangatkan tubuh saat musim dingin. Selain itu, ginseng yang terkandung di dalamnya dipercaya dapat memberikan energi ekstra. Bagi yang ingin mencoba memasaknya di rumah, kalian bisa menerapkan tips berikut ini agar samgyetang buatanmu langsung berhasil meski pertama kali dibuat.

1. Rendam beras ketan agar lebih mudah matang
6 Tips Memasak Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Khas Korea

Samsyetang menyajikan ayam yang berisi nasi ketan yang terletak di dalam tubuh ayam. Tahap pertama yang harus dilakukan untuk memasak hidangan ini adalah dengan mencuci bersih beras ketan dan rendam selama minimal 2 jam.

Hal tersebut dilakukan agar ketan mudah matang saat dimasak.

2. Simpan air bekas rendaman ketan
6 Tips Memasak Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Khas Korea

Setelah beras ketan di rendam, jangan buang air bekas rendaman karena air bisa digunakan kembali. Air rendaman beras ketan dapat dimasukkan ke kaldu saat akan direbus agar kuah samgyetang menjadi lebih kental yang tentunya lebih lezat.

3. Rebus samgyetang dengan kaldu ayam
6 Tips Memasak Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Khas Korea

Agar samgyetang wangi dan rasa kuah yang pekat, kamu bisa menggunakan air kaldu untuk merebus ayam. Buat air kaldu dengan merebus daging dan tulang ayam hingga mendidih, bilas dengan air, dan presto selama satu jam agar kaldunya keluar.

Setelah itu, hancurkan ayam hingga kaldunya menjadi milky white, lalu saring.

4. Buang bagian lemak ayam
6 Tips Memasak Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Khas Korea

Buang bagian ayam yang berlemak untuk mengurangi kandungan minyak pada sup kaldu saat di masak. Potong bagian ujung sayap, bagian tungir, kulit berlebih, dan lemak-lemak pada ayam.

Setelah itu, ayam sudah bisa diisi dengan bahan-bahan seperti beras ketan, ginseng, dan lain-lain.

5. Jangan isi terlalu padat agar tidak bocor
6 Tips Memasak Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Khas Korea

Samgyetang bisa diisi dengan beras ketan, jujube, bawang putih, dan ginseng. Saat mengisinya, pastikan tidak mengisinya hingga terlalu padat. Pastikan masih ada ruang untuk ketan yang akan mengembang di dalam ayam.

Hal tersebutlah yang menyebabkan isian menjadi bocor dan gagal.

6. Gunakan api sedang-besar pada 30 menit pertama
6 Tips Memasak Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Khas Korea

Masak samgyetang di atas api sedang-besar di 30 menit pertama. Hal itu dilakukan agar bahan-bahan isian yang berada di dalam ayam menjadi matang dan teksturnya menjadi lunak dan lembut.

Selain itu, ayam yang direbus akan menghasilkan tekstur yang lembut beserta kuah yang lebih milky dengan kaldu yang semakin kental.

Selain ginseng, Di antara ramuan yang sering dicampurkan adalah kastanye,  kacang cemara, buah jujuba kering, bawang putih, daun bawang, dan jahe. Bergantung pada resepnya, tanaman obat seperti gugija (goji), dangsam  (akar Codonopsis pilosula), atau danggwi (tang kuei atau Angelica sinensis). Tanaman obat dicampurkan dalam keadaan utuh (tidak dipotong-potong) agar khasiatnya maksimal.

Samgyetang adalah makanan tradisional yang bergizi di musim panas sehingga tubuh yang selalu berkeringat tidak menjadi lemas. Orang Korea biasanya memakan samgyetang pada tiga hari istimewa di musim panas:  chobokjungbok, dan malbok yang merupakan tiga hari terpanas dalam setahun.