Tips Efektif agar Kamu Tetap Sehat Meskipun Kerja Lembur

Tips Efektif agar Kamu Tetap Sehat Meskipun Kerja Lembur

Tips Efektif agar Kamu Tetap Sehat Meskipun Kerja Lembur – Lembur adalah waktu kerja yang melebihi batas waktu kerja dalam aturan resmi pemerintah. Pemerintah Indonesia menetapkan batas waktu lembur adalah yang melebihi 7 jam sehari dan 40 jam dalam 1 minggu untuk 6 enam hari kerja dalam 1 minggu atau 8 jam sehari. Banyak perusahaan yang memerlukan pekerja malam agar memenuhi target ataupun pencapaian yang diinginkan.

Ada beberapa pekerjaan yang dilakukan secara bergantian dan berada dalam waktu yang kurang fleksibel karena adanya sistem dua shift agar memenuhi kebutuhan perusahaan. Banyak karyawan shift malam khususnya yang mengeluhkan masalah kesehatan karena pola hidup yang kurang sehat.

Mereka terlalu sibuk dengan padatnya urusan yang harus dikerjakan sedemikian rupa sehingga harapan hidup mereka semakin kecil. Dilansir dari Aplikasi IDN Poker77 Berikut ada lima cara efektif agar kamu sebagai pekerja malam dapat tetap sehat dalam menjalankan aktivitas setiap harinya.

1. Gunakan waktu istirahat secukup mungkin
5 Cara Efektif agar Kamu Tetap Sehat meskipun Kerja Larut Malam

Jika kamu ditugaskan pada malam hari, maka pergunakan waktu siangmu untuk beristirahat secara total. Kamu harus menggunakan waktumu dengan efektif agar terhindar dari masalah jantung.

Waktu yang dibutuhkan orang dewasa untuk tidur berkisar 6-8 jam. Rentang waktu tersebut sangatlah cukup bagi beberapa orang agar tubuh mereka kembali merasa fit dan terhindar dari penyakit serius di masa yang akan datang.

2. Perbanyak konsumsi vitamin
5 Cara Efektif agar Kamu Tetap Sehat meskipun Kerja Larut Malam

Vitamin akan membantu tubuhmu lebih fit dan tetap terjaga di malam hari. Kondisi yang sangat ekstra harus kamu hadapi dengan konsentrasi sehingga segala urusan pekerjaanmu dapat selesai dengan baik.

Manfaat vitamin akan sangat berarti bagi setiap orang khususnya bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit serius. Hal ini juga membantu proses metabolisme dalam tubuh tetap optimal.

3. Rutin berolahraga untuk kebugaran tubuh
5 Cara Efektif agar Kamu Tetap Sehat meskipun Kerja Larut Malam

Sebelum melakukan pekerjaan di malam hari, ada baiknya kamu melakukan sedikit sesi olahraga untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Hal ini sangat berguna agar kamu tidak mengalami cedera ataupun resiko fisik lainnya.

Olahraga juga memberikan manfaat agar tubuh dapat bersinergi secara cepat dan tidak mudah lelah. Tubuh juga akan memproses gerakan secara cepat dan tetap dinamis pada malam hari.

4. Konsumsi makanan sehat dan penuh energi
5 Cara Efektif agar Kamu Tetap Sehat meskipun Kerja Larut Malam

Konsumsilah makanan sehat dan kaya akan energi. Hindarilah makanan yang tinggi kalori dan menyebabkan gula darah meningkat. Perbanyak konsumsi buah dan sayur-sayuran sebagai antioksidan dalam tubuh.

Tubuh juga akan merasa lebih baik dan fit jika makanan yang kamu konsumsi dapat dikontrol secara penuh. Makanan yang sehat akan membawa diri kita menjadi lebih giat dalam bekerja.

5. Konsumsi kafein seperlunya saja
5 Cara Efektif agar Kamu Tetap Sehat meskipun Kerja Larut Malam

Konsumsi kafein bisa membantu kamu agar terhindar dari rasa kantuk yang berlebihan. Kafein dalam kopi bisa menjadi alternatif kala waktu padatmu di malam hari sangat menguras tenaga.

Perhatikan juga kadar kafein dalam kopi yang kamu konsumsi setiap harinya. Konsumsi yang berlebihan membuat dirimu sulit untuk beristirahat secara penuh dan mengalami insomnia.

Kelima poin tersebut membuat pola hidup sehat dalam dirimu dapat dilakukan secara benar. Kamu harus bekerja sebaik mungkin agar kebutuhanmu dapat terjaga dan tercukupi secara rutin. Kesehatan adalah nomor satu dan sangat bernilai harganya sehingga ada baiknya hal tersebut dapat dimulai dari sekarang.