Tanda-tanda Gejala Kanker Usus Besar yang Wajib Diketahui

Tanda-tanda Gejala Kanker Usus Besar yang Wajib Diketahui – Kanker usus besar adalah tumor ganas di usus besar. Gejala yang paling umum dari kanker usus besar adalah buang air besar (BAB) berdarah. Penyakit ini sering kali berawal dari tumor jinak yang disebut polip. Kanker usus besar adalah kanker yang menyerang usus besar, yaitu bagian terakhir dari saluran pencernaan.

Umumnya, kanker kolorektal (kanker yang menyerang usus besar dan rektum) terjadi pada usia di atas 50 tahun. Tapi, kanker kolon kini mulai menyerang generasi milenial yang berusia 20-29 tahun dengan peningkatan 2.4%, berdasarkan data yang dikumpulkan Surveillance, Epidemiology and End Result (SEER) Programme sejak pertengahan 1980-an hingga 2013.

Jika para milenial yang memiliki gejala diare dan penurunan berat badan yang tak bisa dijelaskan, mereka sering dianggap hanya memiliki gangguan pencernaan biasa. Mereka pun biasanya disarankan lebih banyak makan makanan berserat tanpa rekomendasi untuk skrining kanker usus besar. Untuk jaga-jaga, Dikutip dari idn poker android berikut adalah tanda-tanda gejala kanker usus besar yang wajib para milenial kenali.

1. Kamu tidak bisa menyingkirkan refluks asam kronismu
8 Gejala Kanker Usus Besar yang Mulai Menyerang Para Millennial

Refluk asam adalah ketika asam yang diproduksi perut malah naik ke tenggorokan. Asam dari perut bisa naik ke tenggorokan karena katup bawah esofagus tidak menutup atau tidak menutup dengan sempurna. Padahal, normalnya katup tersebut akan tertutup ketika makanan lewat.

Jika kamu mengidap refluk dalam waktu lama, dan obat yang sudah diminum rasanya tidak memberikan dampak yang lebih baik, maka cobalah cek kesehatanmu ke tenaga kesehatan.

2. Kamu mengalami sakit perut yang parah dan mendadak
8 Gejala Kanker Usus Besar yang Mulai Menyerang Para Millennial

Rasa sakit perut yang hebat bisa jadi pertanda akan banyak penyakit mulai dari usus buntu hingga batu empedu. Tapi, sakit perut juga pertanda ada yang menghalangi usus ketika makanan sedang dicerna dan berusaha keluar dari tubuh.

Ketika kamu merasakan sakit perut yang hebat, segeralah ke UGD. Karena, hambatan di usus bisa menyebabkan perdarahan dan juga perforasi.

3. Kamu selalu berurusan dengan kembung atau kram
8 Gejala Kanker Usus Besar yang Mulai Menyerang Para Millennial

Kenyang setelah makan besar itu normal. Tapi, yang perlu diperhatikan adalah ketika perut rasanya tidak pernah kosong. Selalu terasa penuh atau bahkan kembung.

Ketidaknyamanan kronis dalam pencernaan lainnya, yang perlu diperhatikan adalah perut seperti kram atau seperti banyak gas.

4. Kamu kekurangan zat besi dan kehilangan berat badan secara tak sengaja
8 Gejala Kanker Usus Besar yang Mulai Menyerang Para Millennial

Kekurangan zat besi pada tubuh bisa karena perdarahan yang terjadi di usus. Ditambah gejala lainnya seperti lelah dan lemah.

Dan kalau kamu mengalami penurunan berat badan lebih dari 5 kg yang tak bisa dijelaskan, padahal kamu gak mencoba menurunkannya, maka hal ini juga harus diketahui oleh doktermu. Jadi, jelaskan padanya saat kamu berobat.

5. Ada darah dalam pergerakan ususmu
8 Gejala Kanker Usus Besar yang Mulai Menyerang Para Millennial

Kalau ada sedikit darah berwarna merah terang pada rektal (anus) atau pun di tinja, kemungkinannya adalah ambeien kecil atau fisura (robekan) yang tidak berbahaya. Tapi, kalau ada banyak darah berwarna hitam atau merah marun, ini bisa jadi pertanda bahwa ada pendarahan di usus besar.

Terkadang, tanda kanker usus besar tak selalu terlihat dari adanya darah di tinja. Jadi, kalau kamu merasa sudah memiliki beberapa gejala tapi tidak ada darah di tinja, kamu bisa melakukan tes skrining usus besar.

6. Kebiasaan kamar mandi kamu kurang ideal
8 Gejala Kanker Usus Besar yang Mulai Menyerang Para Millennial

Setiap orang pernah mengalami konstipasi tapi, kalau berkepanjangan ini bisa jadi pertanda ada penyumbatan di usus besar. Karena, pada awalnya kotoran kita bertekstur lembut dan dapat bermanuver setiap ada rintangan dalam perjalanannya di usus. Ketika menuju ke ujung usus besar, maka teksturnya pun makin padat.

Perubahan kebiasaan buang air seperti sembelit atau diare yang lebih dari empat minggu termasuk pertanda kanker usus, lho.

7. Ketika berobat kamu diberi perawatan ‘sindrom iritasi usus’ tapi, kamu merasa ada sakit yang lain
8 Gejala Kanker Usus Besar yang Mulai Menyerang Para Millennial

Gejala radang usus sama dengan kanker kolorektal yaitu kembung, sembelit, keram, diare, dan gas. Jadi, saat kamu diberi pengobatan radang usus dan ternyata malah tidak sembuh, coba periksa lebih lanjut untuk mengurangi kekhawatiran akan kemungkinan kanker usus besar.

8. Kotoran kamu terlihat aneh dan setipis pensil
8 Gejala Kanker Usus Besar yang Mulai Menyerang Para Millennial

Jika ada sesuatu yang menghalangi usus besar, maka kotoran pun akan terpaksa membuat bentuknya menjadi seperti pita kecil agar bisa melewati area usus yang menyempit. Jadi, setiap kamu BAB, coba perhatikan kotoran tersebut. Karena, bentuk dan ukuran sangatlah penting.

Saat kamu merasa kotoran tersebut bentuknya aneh atau pun berserabut, maka itu tanda tidak normal. Segeralah periksakan diri ke fasilitas kesehatan.

9. Fakta lainnya tentang kanker usus besar
8 Gejala Kanker Usus Besar yang Mulai Menyerang Para Millennial

Perlu diketahui, faktor risiko kanker usus besar pada milenial adalah riwayat pribadi polip, gaya hidup yang tidak aktif, alkohol, diabetes, riwayat keluarga, kondisi inflamasi usus, sindrom yang diwariskan, diet rendah serat dan tinggi lemak, kegemukan, dan merokok.

Jadi, langkah pertama untuk mencegah kanker usus besar adalah dengan membiasakan gaya hidup sehat. Plus, mengenali tanda-tanda kanker usus besar.