Resep Kue Jahe Khas Sukabumi yang Punya Rasa Manis & Hangat

Resep Kue Jahe Khas Sukabumi yang Punya Rasa Manis & Hangat

Resep Kue Jahe Khas Sukabumi yang Punya Rasa Manis & Hangat -Jahe  (Zingiber officinale), adalah tumbuhan yang rimpangnya sering digunakan sebagai rempah-rempah dan bahan baku pengobatan tradisional. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah.

Rasa dominan pedas yang dirasakan dari jahe disebabkan oleh senyawa keton bernama  zingeron. Jahe termasuk dalam famili Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh. Jahe biasanya dijadikan bahan tambahan dalam proses pembuatan makanan. Namun, berbeda dengan makanan yang satu ini, yang menjadikan jahe sebagai bahan utamanya.

Makanan tersebut bernama kue jahe, yang berasal dari Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kue jahe merupakan sejenis kue kering yang terbuat dari campuran tepung sagu, parutan jahe, dan gula merah. Selain itu, kue jahe juga memiliki rasa yang manis dan hangat.

1. Bahan-bahan yang diperlukan
Resep Kue Jahe Khas Sukabumi, Renyah dan Kaya Rempah

Bahan-bahan:

  • 50 gr jahe
  • 100 gr gula merah
  • 100 gr gula halus
  • 100 gr margarin
  • 1/2 kg tepung sagu
  • 175 ml santan kelapa
  • 1 butir kuning telur ayam
2. Sangrai tepung sagu dan parut jahe
Resep Kue Jahe Khas Sukabumi, Renyah dan Kaya Rempah

Langkah yang pertama, siapkan semua bahan, kemudian sangrai tepung sagu selama lima belas menit. Selanjutnya, haluskan jahe, lalu sisihkan dalam wadah.

Lenjutkan dengan rebus jahe yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan 100 gr gula merah, dan 175 ml santan kelapa. Setelah itu tunggu beberapa menit hingga mendidih, kemudian saring dalam wadah.

3. Campurkan adonan, kemudian masukkan tepung sagu
Resep Kue Jahe Khas Sukabumi, Renyah dan Kaya Rempah

Berikutnya, kocok 1 butir kuning telur, 100 gr gula halus, dan 100 gr margarin sampai lembut dan tercampur. Kemudian tambahkan 1/2 kg tepung sagu, lalu aduk sampai tercampur merata.

4. Mencetak adonan, kemudian panggang dalam oven
Resep Kue Jahe Khas Sukabumi, Renyah dan Kaya Rempah

Selanjutnya, masukkan air rebusan gula yang telah disaring, kemudian aduk kembali dan pipihkan adonan dengan cara digiling. Setelah itu, cetak adonan, lalu masukkan ke dalam oven selama kurang lebih 20 menit hingga matang.

5. Sajikan kue jahe
Resep Kue Jahe Khas Sukabumi, Renyah dan Kaya Rempah

Setelah adonan kue matang, angkat dan tunggu sampai dingin. Kemudian siapkan toples, lalu masukkan kue jahe ke dalamnya. Nah, kue jahe khas Sukabumi pun siap untuk dihidangkan.

Jahe diperkirakan merupakan tumbuhan pribumi Asia Tenggara. Penyebarannya diperkirakan mengikuti migrasi yang dilakukan oleh Suku Bangsa Austronesia pada abad ke-4 SM menyeberangi Kepulauan Melayu  dari CIna Tenggara sampai ke Taiwan. Jahe pun menjadi tumbuhan khas wilayah tersebut bersamaan dengan lengkuas, temu putih dan lempuyang.

Tumbuhan jahe dikategorikan sebagai tumbuhan kultigen dan tidak tersedia lagi dalam bentuk liar di alam. Hal ini disebabkan karena jahe telah kehilangan kemampuannya tumbuh melalui biji seperti kebanyakan jenis rempah-rempah lainnya dan hanya bisa berkembang biak melalui reproduksi vegetatif menggunakan akarnya yang merupakan akibat dari seleksi buatan yang dilakukan manusia. Tumbuhan ini telah lama didomestikasi  di India  dan Tiongkok.