Ragam Salad Khas Nusantara Dengan Cita Rasa Lezat yang Sehat

Ragam Salad Khas Nusantara Dengan Cita Rasa Lezat yang Sehat – Salad merupakan salah satu makanan sehat yang terdiri dari buah dan sayuran segar serta biasanya ditambah dengan protein yang berasal dari daging ataupun unggas dan dihidangkan bersamaan dengan dressing berupa saus sambal atau mayonnaise.

Salad biasa dihidangkan di hotel berbintang sebagai makanan utama dan banyak digemari oleh mereka yang sedang diet atau memiliki gaya hidup sehat karena memang terbukti mengandung banyak sekali vitamin maupun protein yang bersumber langsung dari sayuran dan buah-buahan. Gak hanya di luar negeri saja, di Indonesia juga punya kuliner salad yang tak kalah lezatnya dan sehatnya juga.

Salad biasanya terdiri dari buah dan sayuran dan dilengkapi saus mayonaise agar hasilnya lebih enak. Namun, di Indonesia dominan menggunakan pelengkapnya adalah bumbu kacang. Dan bahkan kita tidak hanya memiliki satu menu salad saja, kita punya banyak menu salad lainnya yang tersebar dari sabang sampai merauke.

Rujak cingur
8 Salad Khas Indonesia yang Terkenal Lebih Lezat dari Luar Negeri

Rujak cingur merupakan hidangan salad yang paling unik karena bahan utamanya yaitu irisan cingur atau moncong sapi. Lalu ditambah dengan buah serta sayur lainnya, dan disirami bumbu petis di atasnya.

Nyatanya, sajian rujak cingur justru banyak yang menyukainya, dan sekarang sudah banyak tempat cabangnya ada dimana-mana. Rujak cingur memang hidangan salad lokal yang paling nikmat deh.

Rujak buah medan
8 Salad Khas Indonesia yang Terkenal Lebih Lezat dari Luar Negeri

Hidangannya hampir mirip dengan rujak pada umumnya, tapi sajian rujak buah medan ini menggunakan bumbu kacang yang diuleg kasar untuk sebagai pelengkapnya.

Rujak buah medan tentu memakai macam-macam buah yang berbeda termasuk buah pisang muda di dalamnya. Rujak buah medan menjadi sajian salad khas nusantara yang sangat menggugah selera pokoknya.

Pecel sayur
8 Salad Khas Indonesia yang Terkenal Lebih Lezat dari Luar Negeri

Masih dengan berbahan utamanya sayuran rebus, pecel sayur tak kalah banyak penikmatnya juga lho. Pecel sayur sangat nikmat dengan keberagaman sayur rebusnya seperti tauge, kacang panjang, bayam, dan kangkung.

Apalagi ditambah siraman saus kacangnya yang menggugah selera. Sajian pecel sayur pun menjadi salah satu salad lokal yang paling lezat bagi masyarakatnya.

Karedok
8 Salad Khas Indonesia yang Terkenal Lebih Lezat dari Luar Negeri

Karedok merupakan makanan khas Sunda yang paling difavoritkan. Hidangan karedok justru menggunakan bahan sayuran mentah yang terdiri dari kol, tauge, mentimun, kacang panjang, ubi, terong, dan daun kemangi. Khas bumbu kacangnya dibuat secara diulek dan barulah dicampurkan bersama sayuran lainnya.

Meski begitu, karedok sudah menjadi hidangan salad khas nusantara yang dibikin nagih, dan apabila ditambah nasi hangat pun terasa lebih mantap. Jadi ingin makan karedok, nih.

Plecing kangkung
8 Salad Khas Indonesia yang Terkenal Lebih Lezat dari Luar Negeri

Plecing kangkung merupakan sayur kangkung yang direbus matang, lalu disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan tambahan sambal pedas di atasnya, dan diberi pelengkap seperti kacang goreng, teri, ikan, dan sebagainya.

Tak lupa juga saat penyajian terakhir, plecing kangkung diberi tetesan jeruk limau agar hasilnya makin nikmat dan segar. Oleh karena itu, banyak orang yang menyukai hidangan salad khas Lombok satu ini.

Selat solo
8 Salad Khas Indonesia yang Terkenal Lebih Lezat dari Luar Negeri

Selat solo bukan nama lokasi di wilayah perairan, ya melainkan sebuah hidangan salad khas Jawa yang dipengaruhi oleh hidangan Eropa. Di dalam hidangannya pun terdiri dari daging semur, telur rebus, sayur-sayuran, dan ada kuah manis berempahnya.

Banyak yang menyebutkan kalau selat solo adalah steak Jawa, dan sampai sekarang pun makin banyak penikmatnya. Karena banyak dilengkapi dengan berbagai sayur-sayuran, selat solo juga bisa dibilang salad lokal.

Asinan bogor
8 Salad Khas Indonesia yang Terkenal Lebih Lezat dari Luar Negeri

Asinan Bogor adalah makanan yang berisi buah dan sayuran yang dibuat secara pengacaran atau pengasinan terlebih dahulu, dan setelah itu dicampur dengan kuah pedas.

Asinan Bogor pun jadi salah satu hidangan salad yang begitu unik karena ditambah air kuah yang bikin hasilnya jadi nikmat banget.

Gado-gado
8 Salad Khas Indonesia yang Terkenal Lebih Lezat dari Luar Negeri

Gado-gado terkenal sebagai makanan berbumbu kacang yang isinya berupa rebusan sayuran. Tak hanya itu, makanan khas kota Jakarta ini juga memakai tambahan pelengkap seperti telur rebus, tahu goreng, bawang goreng, dan potongan lontong.

Cocok saja disebut sebagai salad lokal, karena gado-gado sangat nikmat disantap di waktu pagi sampai menjelang siang hari. Itulah gado-gado, makanan berbumbu kacang yang begitu lezat dan mengenyangkan.

Pengertian salad adalah makanan yang terdiri dari campuran sayur, buah dan protein hewani yang dihidangkan dengan saus sebagai pelengkap dan di tutup dengan jus buah segar. Adapun saus yang digunakan tidak hanya sekedar pedas, namun diolah sedemikian rupa dan dikentalkan dengan bumbu rahasia.

Salad berasal dari bahasa latin “herba salata” yang artinya sayuran yang digarami atau diberi garam. Mungkin susah untuk di definisikan, yang pasti salad bisa diartikan umum sebagai makanan yang terdiri dari sayuran segar (crispy leaf vegetables).

Secara umum salad dapat disajikan saat dingin, panas, mentah ataupun kombinasi. Akan tetapi yang menjadi poin utama penyajian salad yaitu harus dihidangkan dalam keadaan segar dan semenarik mungkin.