Ragam Kreasi Klepon Singkong Kenyal Dengan Warna Warni Indah

Ragam Kreasi Klepon Singkong Kenyal Dengan Warna Warni Indah

Ragam Kreasi Klepon Singkong Kenyal Dengan Warna Warni Indah – Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Makanan enak ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih.

Klepon merupakan jajanan tradisional yang identik dengan rasa manis dan kenyal. Biasanya, klepon dibuat dari tepung ketan dan gula merah. Warna klepon beragam, mulai dari hijau pandan hingga warna-warni bak pelangi.

Kali ini kita coba membuat klepon pelangi dari bahan yang berbeda, yakni singkong. Klepon singkong ternyata juga sangat enak, tetap kenyal dan manis. Ikuti resep membuat klepon singkong pelangi berikut ini, ya.

1. Bahan-bahan yang diperlukan
Resep Klepon Singkong Pelangi yang Manis dan Kenyal, Bikin yuk!

Bahan-bahan:

  •  4 ruas singkong seukuran lengan
  • 1 butir kelapa yang tidak terlalu tua
  • 3 buah gula merah
  • 3 sdm tepung ketan
  • 1 bungkus santan instan
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 bungkus bubuk vanili
  • garam secukupnya
  • pewarna makanan secukupnya
2. Kupas dan parut singkong
Resep Klepon Singkong Pelangi yang Manis dan Kenyal, Bikin yuk!

Kupas singkong dan cuci sampai bersih. Kemudian, sediakan baskom ukuran sedang dan alat pemarut singkong.

Parut semua singkong sampai habis, lalu peras dan buang airnya. Jangan peras singkong terlalu kering supaya saat dikukus nanti hasilnya tetap kenyal.

3. Parut kelapa dan kukus sebentar
Resep Klepon Singkong Pelangi yang Manis dan Kenyal, Bikin yuk!

Parut kelapa yang sudah dipotong dan bersihkan hingga habis. Beri sedikit garam dan aduk-aduk sampai semua bagian kelapa tercampur rata.

Selanjutnya, sediakan tempat kukusan, lalu masukkan kelapa parut dan letakkan daun pandan di atasnya. Kukus kelapa selama beberapa menit, angkat dan sisihkan.

4. Potong gula merah dan buat adonan klepon
Resep Klepon Singkong Pelangi yang Manis dan Kenyal, Bikin yuk!

Potong-potong gula merah dan sisihkan. Kemudian, ambil baskom berisi singkong parut, lalu tambahkan tepung ketan, santan instan, vanili, dan garam secukupnya. Aduk-aduk adonan sampai semua bahan tercampur rata.

Bagi adonan menjadi beberapa bagian, masing-masing beri pewarna makanan sesuai selera. Aduk kembali sampai pewarna tercampur rata dengan adonan. Jangan terlalu banyak karena setelah matang warnanya pasti akan lebih terlihat.

5. Bulat-bulatkan adonan, kemudian kukus
Resep Klepon Singkong Pelangi yang Manis dan Kenyal, Bikin yuk!

Ambil satu suap adonan singkong dan pipihkan. Letakkan potongan gula merah di tengahnya, lalu bulatkan adonan hingga gula merah tertutup sempurna agar tidak bocor saat dikukus.

Tahap selanjutnya, alasi tempat kukusan dengan daun pisang agar adonan tidak lengket. Masukkan adonan klepon yang sudah dibulat-bulatkan tadi, lalu kukus sampai matang.

6. Gulingkan klepon di atas kelapa parut
Resep Klepon Singkong Pelangi yang Manis dan Kenyal, Bikin yuk!

Apabila adonan klepon yang dikukus sudah dirasa matang, angkat dan gulingkan ke atas kelapa parut. Guling-gulingkan sampai semua permukaannya tertutupi kelapa secara sempurna.

Setelah itu, taruh ke piring sajian. Lakukan sampai klepon dan kelapa parutnya habis. Kemudian, klepon singkong pelangi siap dinikmati, deh!

Mudah sekali membuat klepon singkong pelangi ini, kan? Hasilnya manis, legit, warna-warni menggugah selera. Bahan dan cara membuatnya sangat mudah, tidak jauh berbeda dari klepon pada umumnya. Selamat mencoba ya!

Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon tampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang. Di Sumatra, Sulawesi, dan di Malaysia, klepon disebut “onde-onde”, sedangkan di Jawa dan bagian lain di Indonesia penganan yang disebut onde-onde adalah bola tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen.

Perbedaan penyebutan antara di Jawa dan Sumatra-Malaysia ini sering kali menjadi penyebab kekeliruan dan kerancuan dalam mengartikan onde-onde. Klepon biasa dijajakan dengan getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan di pagi atau sore hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau, perlu ditambahkan bahan pewarna dari daun suji atau daun pandan.