Penyakit Asites

Penyakit Asites atau Ascites adalah penumpukan cairan di dalam rongga antara selaput yang melapisi dinding perut dan organ dalam tubuh. Rongga ini disebut rongga peritoneal. Penumpukan cairan di rongga peritoneal akan menyebabkan perut membesar.

Kata Asites sendiri berasal dari bahasa latin “Askos” yang berarti kantong atau karung. Penyebab paling sering dari Asites adalah sirosis hati. Selain itu, Asites juga dapat disebabkan oleh keganasan dan infeksi, seperti tuberkulosis, pankreatitis, gagal jantung, gagal ginjal, ataupun penyumbatan pembuluh vena hati.

Asites paling sering disebabkan oleh penyakit hati dan kurangnya protein (albumin). Albumin adalah salah satu jenis protein yang berfungsi untuk mengikat cairan. Saat tubuh kekurangan albumin atau hipoalbuminemia, maka cairan yang ada di dalam sel akan bocor ke jaringan sekitar, termasuk ke rongga peritoneal.

Penyebab Penyakit Asites

Organ yang ada di dalam perut terbungkus oleh kantong atau membran yang disebut peritoneum. Normalnya, rongga peritoneal (rongga di dalam peritoneum) hanya berisi sedikit cairan. Pada wanita, rongga peritoneal bisa berisi sekitar 20 ml cairan, tergantung pada siklus menstruasi yang dimilikinya.

Ascites terjadi saat jumlah cairan yang ada di dalam rongga peritoneal ini lebih dari 25 ml. Kondisi ini sering disebabkan oleh penyakit hati atau penurunan jumlah dan produksi albumin.

Penyakit hati akan menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan pembuluh darah vena hati yang selanjutnya meningkatkan risiko keluarnya cairan dari pembuluh darah ke jaringan sekitar, termasuk rongga peritoneal.

Penyebab Asites dapat dibagi menjadi transudat, eksudat, dan penyebab lain.

Penyebab transudat, antara lain:

• Sirosis hati. Kondisi ini merupakan penyebab tersering dari Asites
  • Gagal jantung
  • Sumbatan pembuluh darah vena hati
  • Infeksi jantung (perikarditis infektif)
  • Gizi buruk (kwashiorkor) pada anak-anak

Sedangkan penyebab eksudat, antara lain:

• Kanker
  • Infeksi, seperti tuberkulosis atau peritonitis bakterial
  • Pankreatitis
  • Serositis
  • Sindrom nefrotik
  • Angioedema menurun

Penyebab lain dari Asites, seperti:

• Penyakit sindrom Meigs
  • Vaskulitis
  • HIpotiroidisme
  • Dialisis ginjal
  • Tumor di rongga perut (peritoneum mesotelioma)
  • Tuberkulosis abdominal
  • Mastositosis

Meskipun jarang terjadi, Asites juga dapat timbul pada penderita hipotiroidisme yang belum diobati.

Gejala Asites

Gejala dan keluhan yang timbul saat seseorang mengalami Ascites bisa muncul secara bertahap atau tiba-tiba. Hal ini tergantung pada penyebab yang mendasari terjadinya Asites. Namun, saat seseorang mengalami Asites, biasanya akan muncul beberapa gejala berikut ini:

• Membesarnya ukuran perut
  • Meningkatnya berat badan
  • Merasa tidak nyaman pada perut
  • Sulit bernapas
  • Sesak
  • Mudah lelah
  • Pusing
  • Mual
  • Muntah
  • Tidak nafsu makan
  • Muntah darah
  • Pembengkakan tungkai
  • Penurunan kesadaran

Selain gejala yang telah disebutkan di atas, penderita Asites juga bisa mengalami pembengkakan pada tungkai dan pergelangan kaki, pembengkakan pada pembuluh darah vena yang ada di anus (wasir),  demam, dan hilangnya nafsu makan

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami gejala di atas, karena Asites biasanya merupakan gejala dari penyakit atau kondisi lain. Deteksi dini penyebab Asites dapat membantu dokter untuk mengobati penyakit yang mendasarinya, sebelum penyakit tersebut bertambah parah.

Segera ke dokter jika mengalami gejala yang mengarah ke penyakit hati, seperti demam, feses berdarah atau berwarna hitam, darah pada muntah, kulit mudah memar dan berdarah, linglung, penurunan kesadaran, atau kulit dan bagian putih mata menjadi kekuningan (penyakit kuning).

Diagnosis Asites

Dokter akan menanyakan keluhan yang dirasakan dan riwayat kesehatan pasien. Selanjutnya dokter akan melakukan pemeriksaan pada perut, termasuk dengan melihat bentuk perut pasien saat duduk atau berdiri, serta memeriksa pergerakan dan bunyi perut.

Untuk mengetahui seberapa banyak cairan yang menumpuk dan mencari tahu penyebab Asites, dokter dapat meminta pasien untuk menjalani pemeriksaan penunjang, seperti:

• Tes pemindaian, seperti USG, CT scan, atau MRI, untuk melihat keberadaan dan jumlah cairan berlebih, sekaligus memeriksa penyebab yang mendasari Asites
  • Tes darah, untuk memeriksa fungsi hati, fungsi ginjal, kadar elektrolit, dan kadar albumin di dalam darah
  • Paracentesis dengan mengambil sampel cairan dari rongga perut, untuk mengetahui jumlah sel darah merah dan putih, memeriksa kadar albumin (protein), amilase, dan glukosa, serta melihat keberadaan partikel penyakit, seperti infeksi atau kanker
  • Angiografi, untuk memeriksa aliran darah terutama pada vena hati
  • Laparoskopi, untuk memeriksa kondisi organ di dalam perut

Pengobatan Asites

Pengobatan Asites bertujuan untuk mengatasi keluhan, mengurangi penumpukan cairan, dan mengobati penyakit yang menjadi penyebab yang mendasarinya. Metode pengobatan yang bisa dilakukan oleh dokter bisa berbeda-beda, tergantung pada kondisi dan penyebabnya.

Ada beberapa pilihan pengobatan yang bisa diberikan oleh dokter, yaitu:

Pemberian obat-obatan

Obat-obatan berfungsi untuk mengurangi cairan berlebih di dalam tubuh dan mengobati penyebab Asites. Berikut adalah beberapa obat jenis yang dapat digunakan untuk mengobati Asites:

• Diuretik, untuk meningkatkan pengeluaran cairan dan garam dari tubuh sehingga mengurangi keluhan dan tekanan pada vena hati
  • Kemoterapi, untuk membunuh sel kanker jika Asites disebabkan oleh kanker
  • Antibiotik, untuk mencegah atau mengobati infeksi, terutama jika Asites dipicu oleh adanya infeksi bakteri

Tindakan medis dan operasi

Tindakan medis khusus hingga operasi dapat dilakukan untuk menangani penyakit yang menyebabkan Asites sekaligus membuang penumpukan cairan berlebih di rongga perut. Beberapa prosedur medis yang bisa dilakukan adalah:

• Paracentesis, untuk mengeluarkan cairan berlebih dari dalam rongga perut
  • Operasi transjugular intrahepatic portosystemic shunts (TIPS), untuk mengurangi tekanan pada vena
  • Pembedahan, untuk membuang jaringan kanker
  • Transplantasi hati, untuk mengobati Asites yang disebabkan oleh kerusakan hati yang sangat parah