Mencegah Kecanduan Media Sosial

Mencegah Kecanduan Media Sosial

Mencegah Kecanduan Media Sosial – Di area sekarang media sosial sering menganggu kehidupan apalagi yang banyak terganggu keberadaan media sosial adalah anak anak dan remaja. Sehingga banyak yang meninggalkan tugas dan lupa waktu karena kebanyakan bermain media sosial. jadi lupa tidur lupa waktu lupa tidur. Tidak selamanya media sosial itu selalu membawa dampak positif tetapi juga banyak mebawa dampak negatif bagi diri kita.

Di era sekarang ini, media sosial menjadi suatu kebutuhan bagi milenial dan gen z. Bukan cuma sebagai media komunikasi dan informasi. Tapi juga sebagai sarana hiburan. Sayangnya, masih banyak dari kita yang belum bisa memanfaatkan media sosial dengan tepat. Bukannya dapat manfaat, malah menjadi kecanduan.

Nah, mengapa sih hal ini bisa terjadi? Tidak lain karena pengaturan diri yang kurang baik. Mulailah dari sekarang untuk keluar dari zona tersebut. Berikut lima tips untuk mengatasi kecanduan media sosial. onclinicusa

1. Lakukan kegiatan yang produktif

Di zaman ini, mungkin setiap orang memiliki media sosial, apalagi generasi milenial. Keberadaan media sosial berpengaruh pada kehidupan kita, salah satunya pengaruh negatif berupa kecanduan. Jika kamu sudah mengalaminya, tips yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih alternatif lain yang lebih produktif.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu pilih, mulai dari membaca buku, mengasah kemampuan atau kreativitas, atau juga bisa bantu-bantu orang tua.

Mencegah Kecanduan Media Sosial

2. Batasi waktu bermain sosmed kamu

Sudah tidak asing lagi jika media sosial mempengaruhi banyak aspek penting dalam hidup. Kecanduan media sosial secara berlebihan mungkin sering kamu jumpai di antara teman ataupun orang disekitar kamu.

Ini adalah kebiasaan negatif yang harus cepat kamu ubah. Salah satu caranya adalah dengan membatasi waktu bermain gadget, tapi dengan tegas ya!

Boleh bermain media sosial, tapi kamu juga harus bisa mengatur waktu agar waktu kamu gak kebuang begitu saja karena sering bermain media sosial.

3. Perbanyak sosialisasi dengan orang atau teman terdekat

Manusia adalah makhluk sosial, kita harus menjalin interaksi dengan orang-orang sekitar. Tapi, hadirnya media sosial telah banyak mempengaruhi cara kita dalam berinteraksi.

Bukannya jadi orang yang peduli dengan lingkungan sekitar, malah kamu terbentuk menjadi manusia individualis. Perbanyaklah interaksi dengan orang-orang sekitar, supaya apa. Supaya kamu tidak terjebak dalam medial sosial yang cuma dunia maya.

4. Matikan notifikasi

Bunyi notifikasi pasti muncul setiap saat di hp kamu, apalagi bagi yang punya banyak akun media sosial. Entah itu notifikasi yang penting atau juga yang tidak penting.

Seperti yang kita tahu, bunyi notifikasi handphone membuat kita terpancing untuk melihat medsos dan tanpa sadar kita larut ke dalam medsos tersebut. Deposit Live22

5. Menyusun prioritas kegiatan

Memiliki beragam kegiatan yang harus dikerjakan membuat kita jadi kewalahan. Apalagi jika disertai dengan kecanduan media sosial.

Akhirnya, pekerjaan yang harusnya sudah selesai malah jadi menumpuk karena pekerjaan lain yang berdatangan. Kita harus mengatur waktu dengan cermat agar kita bisa keluar dari jerat kecanduan media sosial.

Itulah lima tips untuk mengatasi kecanduan media sosial. Nah, kamu harus bisa mengendalikan diri dengan media sosial. Jangan sampai terjebak dengan dunia maya. Semoga bermanfaat.