Manfaat yang Diperoleh Tubuh Jika Mengonsumsi Makanan Farro

Manfaat yang Diperoleh Tubuh Jika Mengonsumsi Makanan Farro

Manfaat yang Diperoleh Tubuh Jika Mengonsumsi Makanan Farro – Farro mengacu pada biji-bijian tiga jenis gandum, yang dijual dikeringkan, dan dimasak dalam air hingga lunak. Ini dimakan polos atau sering digunakan sebagai bahan dalam salad, sup, dan hidangan lainnya. Apakah kamu mengetahui apa itu farro? Farro memiliki usia ribuan tahun dan merupakan salah satu tanaman pertama yang dibudidayakan orang untuk makanan, lho.

Perlu kamu ketahui, farro merupakan jenis gandum yang mencakup tiga varietas berbeda. Di antaranya adalah emmer, einkorn, dan spelt. Farro menawarkan banyak macam manfaat karena mengandung serat, protein, vitamin, dan mineral.

Lantas, apa manfaat yang diperoleh tubuh jika mengonsumsi makanan tersebut? Bagi kamu yang penasaran, yuk baca manfaatnya di bawah ini!

1. Penuh dengan gizi 
5 Manfaat dari Farro, Gandum Jenis Kuno yang Dikeringkan 

Perlu kamu ketahui, farro merupakan alternatif yang jauh lebih sehat dibanding nasi putih dan biji olahan lainnya. Farro merupakan biji-bijian yang sangat bergizi karena mengandung nutrisi seperti protein, serat, magnesium, seng, dan vitamin B.

Seng sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, penyembuhan luka, dan pemecahan karbohidrat selama pencernaan. Magnesium diperlukan untuk tulang yang kuat, fungsi saraf dan otot, dan menjaga detak jantung tetap teratur.

Sedangkan, vitamin B membantu memecah makanan menjadi energi dan membantu menjaga kesehatan rambut, kulit, dan mata.

2. Mengandung lebih banyak serat 
5 Manfaat dari Farro, Gandum Jenis Kuno yang Dikeringkan 

Dibandingkan dengan quinoa, farro memiliki kandungan serat yang lebih tinggi bahkan dibanding biji-bijian populer lainnya. Jika kamu sedang bingung memilih metode untuk diet, pilihlah diet makanan yang tinggi serat, ya!

Hal itu karena manfaat dari diet tinggi serat tidak bisa diremehkan. Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan dalam Metabolism: Clinical and Experimental tahun 2012, diet tinggi serat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Tidak hanya itu, serat juga telah terbukti dapat mencegah lonjakan kadar gula darah dan menurunkan kolesterol total dan LDL.

3. Mengandung berbagai antioksidan 
5 Manfaat dari Farro, Gandum Jenis Kuno yang Dikeringkan 

Tiga gandum yang terkait dalam farro (emmer, einkorn, dan spelt) terkandung sumber besar senyawa antioksidan yaitu polifenol, karotenoid, dan selenium. Studi yang diterbitkan Nutrition Research Reviews tahun 2010 sangat menyarankan konsumsi makanan mengandung polifenol dalam jangka panjang.

Hal tersebut karena polifenol dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, termasuk beberapa jenis kanker, penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, dan penyakit neurodegeneratif.

4. Sumber protein yang sangat baik 
5 Manfaat dari Farro, Gandum Jenis Kuno yang Dikeringkan 

Sebagai jenis biji-bijian, farro merupakan sumber protein yang sangat baik. Seperempat cangkir atau 47 gr emmer farro mengandung 6 gr protein. Ketika dikombinasikan dengan makanan nabati lainnya, farro menyediakan sumber protein yang lengkap.

Kombinasi tersebut menyediakan jumlah asam amino esensial yang cukup yang penting untuk kesehatan. Ini adalah kabar baik untuk kaum vegetarian serta siapa pun yang mencari sumber makanan nabati yang berprotein tinggi.

5. Makanan ramah penurun berat badan 
5 Manfaat dari Farro, Gandum Jenis Kuno yang Dikeringkan 

Meskipun tidak ada penelitian yang secara khusus menyelediki efek terhadap berat badan, farro memiliki sejumlah sifat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Farro rendah kalori tetapi tinggi protein dan serat yang dapat mengurangi nafsu makan dan memperpanjang rasa kenyang.

Itulah 5 manfaat farro yang berpotensi untuk kesehatan tubuh. Perlu digarisbawahi, farro mengandung gluten sehingga tidak cocok untuk penderita penyakit celiac atau sensitivitas gluten.