Manfaat yang Akan Didapatkan Jika Minum Kopi Tanpa Gula

Manfaat yang Akan Didapatkan Jika Minum Kopi Tanpa Gula

Manfaat yang Akan Didapatkan Jika Minum Kopi Tanpa Gula – Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Kopi adalah minuman yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh belahan dunia ini. Selain nikmat untuk diminum, nyatanya kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho! Apalagi jika kamu mengonsumsinya tanpa menggunakan gula.

Dua spesies pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica). Selain memiliki cita rasa yang khas, minum kopi hitam tanpa gula ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh. Dilansirwebmd.com, bahkan para ahli menyarankan orang dewasa untuk minum kopi sebanyak dua kali dalam sehari. Dengan catatan tanpa menggunakan gula, ya!

Penasaran manfaat apa saja yang didapatkan jika kita minum kopi hitam tanpa gula berikut adalah beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan.

1. Mengurangi risiko diabetes tipe 2
5 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Penelitian telah membuktikan bahwa meminum kopi hitam tanpa gula bisa mengurangi risiko terserang penyakit diabetes, sekaligus juga dapat melindungi dari diabetes tipe 2.

Dilansir dari MedicalNewsToday, kopi memiliki sejumlah manfaat seperti ribovlavin (vitamin B-2), niasin (vitamin B-3), magnesium potassium, dan berbagai senyawa antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

2. Membantu mencegah terkena risiko kanker
5 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Dilansir WebMD, manfaat kopi hitam tanpa gula bisa mencegah beberapa bentuk kanker, di antara lain kanker mulut, kanker prostat, kanker hati, dan kanker kolorektal.

Para ilmuwan belum menentukan secara pasti mengapa kopi bisa mengurangi resiko kanker. Tapi sebagian alasan mengemukakan bahwa kopi memiliki antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam sumber makanan atau minuman yang kita konsumsi meningkatkan daya tahan tubuh kita terhadap potensi sel-sel kanker.

3. Membantu menurunkan berat badan atau obesitas
5 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Dilansir WebMD, kopi ternyata bisa membantu menurunkan berat badan, lho! Kandungan kafein dalam kopi ternyata sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa kamu bisa membakar lebih banyak kalori saat mengonsumsi kopi secara teratur. Kopi juga bisa membantu tubuh kamu untuk membakar lebih banyak lemak, terutama saat kamu berolahraga.

4. Meningkatkan kesehatan jantung
5 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Mengutip healthifyme, mengonsumsi kopi hitam secara teratur juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Namun, efek tersebut bakal berkurang seiring waktu.

Minum satu hingga dua cangkir kopi hitam setiap hari juga bisa mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk stroke. Seiring waktu, kopi hitam rupanya membantu menguatkan kemampuan jantung kamu.

5. Membantu membersihkan perut
5 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Dilansir healthifyme, kopi termasuk minuman diuretik. Jika semakin banyak mengonsumsi kopi, maka tubuh juga bakal semakin sering buang air kecil.

Semakin sering buang air kecil, maka bakteri dan racun jadi lebih sering dikeluarkan dari dalam tubuh. Tentu hal ini sekaligus membersihkan perut dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Nah, itulah beberapa manfaat jika kamu meminum kopi hitam tanpa gula. Tapi ingat, tentu mengonsumsi kopi di luar batas wajar juga pastinya akan menimbulkan efek kurang baik terhadap tubuh. Konsumsi dengan lebih bijak, ya!