Manfaat Konsumsi Granola Sebagai Cemilan Sehat yang Bergizi

Manfaat Konsumsi Granola Sebagai Cemilan Sehat yang Bergizi

Manfaat Konsumsi Granola Sebagai Cemilan Sehat yang Bergizi – Granola adalah makanan sarapan dan makanan ringan yang terdiri dari oat gulung, kacang-kacangan, madu atau pemanis lainnya seperti gula merah, dan terkadang nasi kembung, yang biasanya dipanggang hingga renyah, dipanggang, dan berwarna cokelat keemasan.

Selama proses memanggang, campuran diaduk untuk menjaga konsistensi sereal sarapan yang gembur. Buah kering , seperti kismis dan kurma , dan manisan seperti coklat terkadang ditambahkan. Granola sering dimakan dengan kombinasi yogurt , madubuah segar (seperti pisang , stroberi atau blueberry ), susu atau bentuk sereal lainnya. Ini juga berfungsi sebagai topping untuk berbagai kue kering , makanan penutup atau es krimGranola sebenarnya adalah makanan super yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Ini mengandung  vitamin, mineral, dan kandungan serat yang tinggi, menjadikannya sangat fleksibel sebagai pilihan sehat dan nyaman untuk dinikmati di sela-sela waktu makan. Belum tahu manfaat apa yang bisa kamu lihat dari Club388 Indonesia mengonsumsi granola?

1. Menyehatkan pencernaan
8 Manfaat Granola Sebagai Camilan Sehat Nan Bergizi

Granola mengandung campuran serat larut dan tidak larut, yang membuatnya sangat membantu untuk seluruh proses pencernaan. Serat yang larut tidak tercerna melalui saluran dan menambah kotoran pada tinja, membuatnya lebih mudah untuk dilewati. Sedangkan serat larut berperan sebagai nutrisi bagi bakteri probiotik yang hidup di usus kita.

2. Menurunkan berat badan
8 Manfaat Granola Sebagai Camilan Sehat Nan Bergizi

Granola adalah sumber serat yang sangat baik untuk mengurangi rasa lapar secara signifikan di antara waktu makan dan membantu mengendalikan fluktuasi glukosa darah. Ini juga menyerap air dan mengurangi nafsu makan kita dengan menghambat pelepasan ghrelin, merupakan hormon yang membuat kita merasa lapar.

3. Mengurangi tingkat kolesterol
8 Manfaat Granola Sebagai Camilan Sehat Nan Bergizi

Oatmeal dikenal untuk mengurangi kolesterol berdasarkan kandungan serat larutnya yang tinggi, sesuatu yang juga dimiliki granola dan memungkinkan kita untuk menambah fleksibilitas makanan. Serat secara aktif meningkatkan ekskresi kolesterol dalam tinja dengan bertindak sebagai semacam spons yang menjebak kolesterol dan menghilangkannya dari peredaran. Pastikan untuk mendapatkan granola yang tidak diperkaya dengan lemak buatan, karena mereka dapat memperburuk masalah kolesterol kita dan menghambat tujuan tersebut.

4. Membantu mengobati anemia
8 Manfaat Granola Sebagai Camilan Sehat Nan Bergizi

Cara termudah untuk menyembuhkan anemia adalah dengan mengonsumsi lebih banyak makanan kaya zat besi. Granola mengandung zat besi dalam jumlah sedang yang sangat bermanfaat, terutama jika kita vegetarian dan tidak mengonsumsi produk hewani untuk mendapatkan zat besi. Cukup memakan granola dengan sepotong buah yang kaya vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan kapasitas pembentukan darah kita.

5. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
8 Manfaat Granola Sebagai Camilan Sehat Nan Bergizi

Walaupun granola tidak memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, namun memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin E merupakan vitamin antioksidan lain yang penting dalam memastikan kesehatan sistem kekebalan tubuh kita. Tapi itu bukan cara kerja utamanya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, sebenarnya ia melakukannya melalui usus kita.

Usus berisi koloni besar bakteri probiotik yang kebetulan membentuk sebagian besar sistem kekebalan tubuh kita. Dalam banyak kasus, bagian dari sistem kekebalan tubuh ini adalah hal pertama yang direkrut setelah kita mengonsumsi makanan atau bersentuhan dengan patogen asing. Serat yang mengandung granola membantu memberi makan bakteri probiotik sehingga mereka dapat berfungsi baik setiap saat dan membantu mencegah munculnya bakteri patogen.

6. Membantu mengontrol tekanan darah
8 Manfaat Granola Sebagai Camilan Sehat Nan Bergizi

Walaupun granola tidak memiliki banyak potasium, itu sudah cukup banyak membantu, terutama karena sejumlah besar orang secara mengejutkan kekurangan mineral esensial ini. Kalium memberi efek keseimbangan pada natrium dan membantu mendukung tekanan darah kita dengan membuang kelebihan natrium dan air keluar dari tubuh. Ini juga memiliki tindakan vasodilatasi pada pembuluh darah yang berkontribusi besar terhadap modulasi tekanan darah, dan juga membantu mengatur fungsi ginjal.

7. Meningkatkan energi
8 Manfaat Granola Sebagai Camilan Sehat Nan Bergizi

Granola disukai oleh banyak atlet dan orang-orang yang perlu bekerja pada intensitas tinggi, berkat kemampuannya untuk meningkatkan energi. Makanan ini tidak memiliki kandungan gula tinggi tetapi mengandung mangan, mineral yang terlibat dalam banyak proses biologis dalam tubuh, termasuk tugas metabolisme energi. Lain kali jika kamu merasa lamban atau membutuhkan tambahan energi, cobalah untuk mengonsumsi beberapa granola.

8. Membantu mengontrol migrain
8 Manfaat Granola Sebagai Camilan Sehat Nan Bergizi

Hal tersebut diyakini karena adanya cukup magnesium yang menurut penelitian dapat membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain. Magnesium juga membantu mengatur pembuluh darah di bawah kulit kepala dan mengurangi kejang otot yang terjadi di area ini.

Nah, itu dia penjelasan manfaat granola yang bisa kamu konsumsi untuk camilan harian kamu. Jika kamu membutuhkan camilan sehat, cobalah untuk mengonsumsi granola yang akan membuat kesehatan tubuh meningkat pesat.