Manfaat Air Ketumbar Untuk Kesehatan

Manfaat Air Ketumbar Untuk Kesehatan

Manfaat Air Ketumbar Untuk Kesehatan – Ketumbar merupakan rempah rempah atau pun bahan masakan untuk sehari sehari yang biasa di gunakan. ada beberapa guna dan manfaat dari ketumbar itu sendiri, yang bisa di gunakan dengan merebus ketumbar dan air yang di hasilkan sangat ber khasiat untuk berbagai jenis manfaat.

Tidak hanya biji dan daunnya, manfaat air ketumbar juga bisa Anda dapatkan apabila di konsumsi setiap pagi hari secara rutin. Namun, perlu di ingat bahwa manfaat air ketumbar ini mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya untuk kesehatan tubuh.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi air ketumbar. Dengan ini, manfaat air ketumbar bisa didapat dengan maksimal. .onclinicusa.

Adapun manfaat air ketumbar untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Salah satu manfaat air ketumbar adalah mengatasi gangguan pencernaan. Ekstrak minyak yang terdapat pada biji ketumbar diyakini dapat meningkatkan pencernaan yang sedang bermasalah.

Pada sebuah studi yang dilakukan selama 8 minggu berturut-turut, 32 orang partisipan dengan sindrom iritasi usus besar (IBS) diminta untuk mengonsumsi obat herbal mengandung 30 tetes air ketumbar tiga kali sehari.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat air ketumbar juga dikenal untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini tak terlepas dari kandungan antioksidan di dalamnya yang berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Selain itu, antioksidan di dalam biji ketumbar juga telah terbukti dalam melawan peradangan akibat infeksi penyakit tertentu dalam tubuh.

Manfaat Air Ketumbar Untuk Kesehatan

3. Menangkal infeksi penyakit

Manfaat lain nya adalah mampu menangkal infeksi penyakit. Beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa manfaat air ketumbar dapat mengatasi infeksi penyakit yang di sebabkan oleh bakteri Salmonella, keracunan makanan, hingga bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

4. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat air ketumbar ternyata dapat di rasakan oleh orang-orang yang harus mengendalikan kadar gula darah dengan baik. Daftar Live22 Indonesia

Sebuah hasil riset yang di lakukan pada hewan uji menunjukkan bahwa zat aktif pada biji ketumbar di yakini mampu menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan aktivitas enzim yang membantu menghilangkan gula dalam darah.