Makanan yang Membantu Menjaga Kualitas Kesehatan Para Lansia

Makanan yang Membantu Menjaga Kualitas Kesehatan Para Lansia

Makanan yang Membantu Menjaga Kualitas Kesehatan Para Lansia – Secara alamiah, tubuh akan mengalami penuaan yang ditandai dengan terjadinya perubahan bentuk fisik dan fungsi tubuh yang mulai menurun.

Seiring dengan bertambahnya usia, timbul juga beberapa masalah yang harus Anda perhatikan.Usia Lanjut adalah masa-masa yang cukup berisiko. Selain kesehatan mulai rapuh, makanannya pun harus dijaga.

Menurut dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK dalam buletin HealthFirst oleh Rumah Sakit Pondok Indah Group, ada beberapa bahan makanan yang membantu menjaga kualitas kesehatan di usia lanjut.

1. Alpukat
Makanan dan Minuman yang Menjaga Kesehatanmu di Usia Lanjut

Alpukat merupakan buah yang padat kalori sekaligus padat gizi. Alpukat berukuran sedang mengandung 9 gram serat. Tidak hanya membantu menjaga kesehatan saluran cerna, alpukat juga menurunkan risiko penyakit jantung, pembuluh darah, serta diabetes mellitus.

Selain serat, alpukat pun mengandung lemak tak jenuh tunggal serta kalium dan magnesium yang berfaedah untuk tubuh. Berdasarkan beberapa penelitian, orang yang rutin menikmati alpukat akan memiliki kadar kolesterol baik (HDL) yang lebih tinggi.

2. Minyak zaitun
Makanan dan Minuman yang Menjaga Kesehatanmu di Usia Lanjut

Kandungan lemak baik dalam minyak zaitun akan membantu memperbaiki resistensi insulin. Karenanya minyak ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kandungan beta sitosterol juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Di tahun 2004, United States of Food and Drug Administration menganjurkan konsumsi minyak zaitun sebanyak dua sendok makan per hari.

Dalam Jurnal Unived JNPH Volume 6 No. 2 (Oktober 2018) berjudul “Analisis Kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL) pada Pengkonsumsi Produk Minuman Herbal “X” Kota Bengkulu Tahun 2017″, LDL disebut sebagai lipoprotein yang memiliki kandungan kolesterol tertinggi dibandingkan lipoprotein lainnya.

Kolesterol yang berlebihan dalam darah dapat membentuk plak pada dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan penyempitan lumen yang dinamakan aterosklerosis. Keadaan ini akan mengakibatkan penyakit kardiovaskular.

3. Susu
Makanan dan Minuman yang Menjaga Kesehatanmu di Usia Lanjut

Saat lanjut usia, kepadatan tulang seseorang bisa berkurang dan memicu munculnya osteoporosis. Karenanya, kita dianjurkan untuk mengonsumsi pangan dengan kandungan kalsium, seperti susu dan ikan.

Konsumsi segelas susu memenuhi kurang lebih 25 persen kebutuhan kalsium harian. Selain itu, kalsium juga ada di ikan, daging, ayam, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

4. Ikan
Makanan dan Minuman yang Menjaga Kesehatanmu di Usia Lanjut

Seiring usia menua, kemampuan kulit untuk membentuk vitamin D dari sinar matahari pasti akan menurun. Oleh karena itu, kulitmu perlu dibantu dengan asupan pangan yang mengandung vitamin D.

Berbagai jenis ikan bisa mengatasinya. Ada ikan salmon, nila, kakap, dan kembung. Selain itu, masih ada kuning telur dan susu yang terfortifikasi vitamin D sebagai sumber asupan vitamin D bagi tubuh.

5. Daging
Makanan dan Minuman yang Menjaga Kesehatanmu di Usia Lanjut

Nutrisi lain yang tak kalah penting bagi lanjut usia adalah vitamin B12. Orang yang kekurangan vitamin ini berisiko mengalami anemia dan keluhan seperti kebas serta rasa terbakar di kaki. Bahkan, bisa juga mengalami rasa lelah tanpa tahu penyebabnya. Vitamin ini bisa kamu nikmati dari beberapa makanan serta minuman yang enak. Mereka adalah daging, hati sapi, ikan, susu, dan telur.

Kekurangan Nutrisi Adalah masalah yang paling sering dialami saat lanjut usia. Hal ini disebabkan karena gigi sudah tidak bekerja secara optimal sehingga proses mengunyah makanan pun tidak sempurna. Faktor lainnya juga bisa disebabkan karena penurunan fungsi kecap dan penciuman yang mengakibatkan nafsu makan turut menurun.

Faktor lain seperti tinggal sendirian tanpa keluarga yang menemani juga bisa berpengaruh pada asupan nutrisi lansia. Masalah kekurangan nutrisi pada lansia dapat dibantu dengan memberikan supplementasi nutrisi yang dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya. Anda bisa memberikan asupan susu kalsium, protein whey, dan kandungan bergizi lainnya untuk memudahkan konsumsi.