Kreasi Roti Panggang Dengan Topping Buah yang Simple & Enak

Kreasi Roti Panggang Dengan Topping Buah yang Simple & Enak – Roti panggang merujuk kepada kepingan roti yang dibakar atau dipanggang dengan proses radiasi termal sehingga roti menjadi lebih kecoklatan dan garing.

Warna kecoklatan adalah hasil dari reaksi Maillard mengubah rasa roti dan membuatnya lebih kering sehingga lebih mudah untuk menaburkan topping di atasnya. Sebagian orang ada yang melewatkan sarapan karena tidak memiliki banyak waktu untuk membuat makanan.

Padahal, sarapan itu wajib dilakukan, sebab di pagi hari kita membutuhkan energi yang besar untuk melakukan aktivitas hingga siang hari. Roti panggang dengan topping buah bisa menjadi pilihan menu praktis anti ribet, lho. Gak perlu bingung lagi, cara membuatnya cuma membutuhkan waktu 5 menit saja.

Bahan-bahan yang diperlukan
Cuma Butuh 5 Menit, Ini Resep Mudah Roti Panggang dengan Topping Buah

Bahan-bahan:

  • 3 lembar roti tawar gandum
  • 50 gram mentega
  • 50 ml madu
  • Pisang secukupnya
  • Bluberi secukupnya
Olesi roti dengan mentega, lalu panggang di atas wajan anti lengket
Cuma Butuh 5 Menit, Ini Resep Mudah Roti Panggang dengan Topping Buah

Ambil tiga lembar roti tawar, kemudian olesi dengan mentega hingga merata. Taruh di atas wajan anti lengket dan pastikan api kompor kecil agar roti tidak gosong. Jangan lupa untuk membolak-balikan roti supaya matangnya merata. Kalau roti sudah berwarna cokelat keemasan, angkat dan taruh di atas piring bersih.

Siapkan dan potong buah pisang sesuai selera
Cuma Butuh 5 Menit, Ini Resep Mudah Roti Panggang dengan Topping Buah

Cuci bersih buah bluberi dengan air mengalir lalu tempatkan di wadah bersih. Ambil satu buah pisang lalu pisahkan buah dan kulitnya. Taruh pisang di talenan lalu potong buah pisang dengan ukuran yang sama. Usahakan jangan terlalu tipis atau terlalu tebal, ya.

Susun roti dan buah, lalu siram madu di atasnya
Cuma Butuh 5 Menit, Ini Resep Mudah Roti Panggang dengan Topping Buah

Susunlah satu lembar roti yang sudah dipanggang di atas piring, kemudian letakkan potongan pisang dan bluberi di atas dan siram dengan madu. Lalu, timpa lagi roti di atasnya dan beri topping pisang dan bluberi sesuai dengan selera. Jika sudah selesai, siram madu di sekeliling roti panggang topping buah. Nah, menu sarapan sehat kini siap dihidangkan.

Manfaat roti panggang topping buah untuk tubuh
Cuma Butuh 5 Menit, Ini Resep Mudah Roti Panggang dengan Topping Buah

Gak cuma nasi saja sebagai sumber energi, roti juga mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup dibutuhkan oleh tubuh. Bonusnya, roti tawar gandum dapat menjadi alternatif menu diet karena memiliki kalori rendah tanpa menghilangkan nutrisi yang penting.

Roti tawar saja belum cukup untuk mengisi perut di pagi hari, oleh karena itu penambahan pisang dan bluberi dapat mengimbangi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pisang dipercaya dapat menurunkan berat badan dan bluberi mampu mencegah penuaan dini.

Memanggang roti adalah metode umum untuk membuat roti basi menjadi lebih enak. Roti sering dipanggang menggunakan toaster atau pemanggang roti, tetapi oven juga bisa digunakan. Meskipun banyak jenis roti yang dapat dipanggang, yang paling umum digunakan adalah “roti iris”, mengacu pada roti yang sudah diiris dan dikemas saat dibeli dan mungkin berwarna putih, coklat, multigrain, dan lain-lain.

Roti panggang umumnya dimakan dengan olesan mentega atau margarin, dan bahan olesan dengan rasa dasar manis, contohnya selai atau jelly. Di beberapa wilayah, ada juga yang menggunakan olesan dengan rasa gurih seperti selai kacang dan ekstrak ragi yang juga populer.

Ketika dioles mentega, roti panggang juga dapat disajikan sebagai pendamping hidangan gurih, terutama sup atau semur, atau ditaburi atasnya dengan bahan-bahan yang lebih sehat seperti telur atau kacang panggang sebagai makanan ringan.

Meskipun lagi menurunkan berat badan, kamu jangan pernah lewatkan sarapan, ya. Semoga resep kali ini bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang menjalani program diet.