Kegunaan dari Kompres Air Hangat yang Jarang Diketahui

Kegunaan dari Kompres Air Hangat yang Jarang Diketahui

Kegunaan dari Kompres Air Hangat yang Jarang Diketahui – Kompres adalah salah satu tindakan terapi nonfarmakologi yang biasanya digunakan dalam kondisi tertentu sehingga bisa memulihkan tanpa bantuan obat-obatan. Kompres adalah salah satu metode konvensional yang sering kita gunakan di rumah. Apalagi cara memakainya pun mudah dan dapat dilakukan secara mandiri.

Akan tetapi, masih banyak orang yang salah dalam memilih jenis kompres. Hal ini tentunya dapat memperburuk keadaan, terutama ketika demam maupun cedera. Oleh sebab itu, kita perlu memahami bagaimana penggunaan kompres hangat dan dingin yang tepat. Kompres dapat digunakan menggunakan air dingin dan air hangat. Apakah kegunaan keduanya sama saja? Jelas sekali berbeda.

Salah satu contohnya ketika terjadi cedera akibat aktivitas fisik. Kompres air dingin mencegah pembengkakan meluas. Ternyata ada banyak kegunaan dari kompres air hangat yang jarang diketahui. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Menurunkan suhu tubuh akibat demam
5 Kegunaan Kompres Air Hangat, Bisa untuk Ibu Menyusui

Kompres air hangat efektif untuk menurunkan suhu tubuh ketika demam. Kamu dapat menggunakan kain atau handuk yang dicelupkan ke dalam air hangat lalu tempelkan ke tubuh.

Berdasarkan penelitian dari Journal Of Nursing Practice tahun 2020, kompres hangat efektif bekerja jika diletakkan pada lipatan ketiak. Sebab, di area tersebut, terdapat pembuluh darah besar sehingga usaha penurunan suhu akan terjadi lebih cepat.

2. Redakan nyeri otot
5 Kegunaan Kompres Air Hangat, Bisa untuk Ibu Menyusui

Lansia sering mengeluhkan nyeri pada pembengkakan sendi akibat penyakit atau proses penuaan. Salah satu penyakit yang sering dialami lansia adalah osteoarthritis, yaitu peradangan kronis pada sendi.

Menurut penelitian dalam Jurnal Kesehatan Wiraraja Medika tahun 2019, kompres air hangat sebagai penanganan nyeri pada sendi selain mengonsumsi obat yang telah diresepkan dokter. Ini terjadi karena suhunya yang hangat dapat membuat otot lebih rileks sehingga nyeri pun berkurang.

3. Meredakan gejala sinusitis
5 Kegunaan Kompres Air Hangat, Bisa untuk Ibu Menyusui

Gejala sinusitis bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun, secara umum gejala yang muncul antara lain nyeri pada bagian wajah, hidup tersumbat, rasa penciuman berkurang, dan keluar ingus dari hidung.

Kondisi-kondisi tersebut tentu menghambat aktivitas sehari-hari. Perawatan mandiri dengan penggunaan kompres air hangat dapat mengurangi nyeri pada area sinus (bagian dahi, pipi, hidung, dan mata) serta meredakan sakit kepala.

4. Redakan nyeri haid
5 Kegunaan Kompres Air Hangat, Bisa untuk Ibu Menyusui

Jurnal Keperawatan BSI tahun 2018 melaporkan kompres perut dengan air hangat dapat menjadi alternatif mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Cara ini sangat bermanfaat bagi kaum hawa ketika tamu bulanan datang. Terlebih, jika sedang mengalami dismenore atau nyeri saat haid.

Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan botol kaca atau kantong air. Isilah dengan air hangat kemudian tempelkan ke perut bagian bawah. Apabila menggunakan botol kaca, pastikan menggunakan kain pengalas supaya tidak melukai permukaan kulit.

5. Memperlancar ASI  
5 Kegunaan Kompres Air Hangat, Bisa untuk Ibu Menyusui

Pemberian kompres air hangat pada area payudara bermanfaat bagi ibu menyusui. Sebuah studi dalam Jurnal Kesehatan Prima tahun 2015 melaporkan bahwa kompres hangat meningkatkan jumlah ASI dengan memperlancar produksi dari kelenjar penghasilnya.

Manfaat lainnya adalah memberikan rasa nyaman pada ibu, mencegah adanya bendungan ASI, dan meredakan nyeri otot sekitar payudara. Cara pengaplikasiannya gak sulit. Kamu bisa mencelupkan handuk ke dalam air hangat, peras, kemudian tempelkan pada payudara.

Wah, ternyata kompres air hangat memiliki beragam manfaat, ya. Jika kamu mengalami masalah-masalah di atas, tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan metode ini.