Jenis Penyakit Ini Bisa Menyebabkan Nyeri di Bagian Sendi

Jenis Penyakit Ini Bisa Menyebabkan Nyeri di Bagian Sendi – Nyeri sendi merupakan kondisi munculnya rasa tidak nyaman, rasa sakit atau peradangan pada setiap bagian dari sendi. Hal ini termasuk tulang rawan, tulang, ligamen, tendon, atau otot. Nyeri sendi dalam bahasa medis disebut dengan arthritis. Nyeri pada persendian biasanya disebabkan adanya peradangan di sendi dan sekitarnya. Banyak orang sering mengalami nyeri di persendian, mulai dari sendi-sendi tangan, kaki, dan lutut. Seringnya nyeri sendi dihubungkan dengan asam urat.

Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tetapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Kadar asam urat yang tinggi dapat menumpuk di sendi dan menyebabkan nyeri. Nyeri sendi akibat asam urat disebut dengan gout. Namun, tidak semua nyeri persendian disebabkan oleh asam urat.

Ternyata ada beberapa penyakit lain yang juga mempunyai gejala nyeri sendi. Dilansir dari laman Livechat Live22, berikut beberapa penyakit yang menyebabkan persendian terasa sakit.

1. Artritis reumatoid

Rheumatoid arthritis adalah peradangan sendi akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri. Radang sendi ini menimbulkan keluhan bengkak dan nyeri sendi, serta sendi terasa kaku.

Artritis reumatoid merupakan penyakit autoimun. Sistem imun pada tubuh menyerang jaringan pada persendian sehingga terjadi peradangan. Radang pada persendian menyebabkan bengkak, kaku, dan nyeri. Biasanya menyerang sendi yang sama dan simetris pada tubuh, misalnya kedua lutut atau jari-jari tangan kanan dan kiri.

2. Osteoartritis

Osteoarthritis adalah peradangan kronis pada sendi akibat kerusakan pada tulang rawan. Osteoarthritis adalah jenis arthritis (peradangan sendi) yang paling sering terjadi. Kondisi ini menyebabkan sendi-sendi terasa sakit, kaku, dan bengkak.

Osteoartritis disebabkan oleh kerusakan pada tulang rawan yang melindungi ujung tulang pada persendian. Biasanya menyerang lutut, pinggul, tangan, dan tulang punggung. Seiring bertambahnya usia maka risiko terkena penyakit ini semakin besar.

3. Penyakit lupus

Penyakit lupus atau lupus eritematosus adalah penyakit autoimun kronis yang dapat menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh, termasuk kulit, sendi, ginjal, hingga otak. Lupus bisa dialami oleh siapa saja, tetapi lebih sering dialami oleh wanita.

Lupus juga merupakan penyakit autoimun. Sistem imun dalam tubuh akan menyerang jaringan tubuh yang sehat di berbagai organ tubuh seperti sendi, kulit, ginjal, hati, dan paru-paru. Persendian yang terserang sistem imun akan mengalami radang, bengkak, dan terasa nyeri.

4. Fibromyalgia

Fibromialgia atau fibromyalgia adalah penyakit yang ditandai oleh rasa nyeri di sekujur tubuh, disertai rasa lelah dan gangguan tidur. Menjalani pola hidup sehat dapat membantu mengurangi gejala yang dialami penderita.

Fibromyalgia adalah suatu sindrom yang menyebabkan penderitanya merasa sakit di seluruh badan hingga gangguan mental. Sendi-sendi pun juga terasa nyeri. Selain itu, penderita fibromyalgia juga mengalami sulit tidur, kelelahan, hingga bisa terjadi gangguan kecemasan dan depresi. Penyebab pasti dari penyakit ini belum diketahui.

5. Pseudogout

Pseudogout adalah salah satu jenis artritis atau radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal pyrophosphate calcium. Kondisi ini ditandai dengan nyeri dan bengkak pada sendi. Pseudogout sering menyerang orang berusia 60 tahun ke atas atau lansia.

Pseudogout mirip dengan penyakit gout yang disebabkan asam urat. Namun, pada pseudogout penyebabnya adalah penumpukan kristal kalsium pirofosfat dihidrat. Penumpukan kristal ini di persendian akan menyebabkan sendi meradang dan terasa nyeri mirip pada gout.

6. Infeksi

Penyakit infeksi adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh organisme seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit. Meski beberapa jenis organisme terdapat di tubuh dan tergolong tidak berbahaya, pada kondisi tertentu, organisme-organisme tersebut dapat menyerang dan menimbulkan gangguan kesehatan, yang bahkan berpotensi menyebabkan kematian.

Beberapa infeksi virus menimbulkan gejala nyeri sendi, misalnya infeksi rubella, herpes, dan hepatitis. Selain itu, nyeri sendi juga bisa disebabkan oleh septic arthritis, yaitu jika bakteri atau virus terbawa melalui aliran darah dan menginfeksi sendi tubuh. Hal itu akan menyebabkan peradangan pada sendi dan terasa nyeri. Itulah 6 penyakit yang bisa menyebabkan nyeri pada sendi. Jika kamu mengalami gejala di atas segera periksa ke dokter ya.