Inilah Tanda-tanda Kamu Telah Lelah Secara Emosional

Inilah Tanda-tanda Kamu Telah Lelah Secara Emosional

Inilah Tanda-tanda Kamu Telah Lelah Secara Emosional – Manusia diciptakan memiliki perasaan dan keterbatasan kemampuan fisik, tidak seperti robot yang dirancang untuk bisa bekerja tanpa batas waktu. Sebagai manusia, kamu pasti pernah merasakan kelelahan, baik itu secara fisik ataupun secara mental dan emosional.

Kelelahan emosional adalah perasaan individu yang ditandai dengan rasa tidak berdaya dan depresi. Kelelahan emosional (emotional exhaustion) biasanya terjadi karena stres yang terakumulasi. Ada beberapa orang yang ternyata tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka sedang mengalami lelah emosional.

Hubungan yang tidak seimbang antara pekerjaan dan diri sendiri dapat menimbulkan ketegangan emosional yang berujung pada terkurasnya sumber-sumber emosi. Mereka mungkin terlalu sibuk bekerja sehingga tidak menyadari ada beberapa perubahan yang terjadi pada diri mereka karena sedang lelah secara emosional. Untuk itu, kamu bisa menyimak delapan pernyataan yang merupakan tanda bahwa kamu sedang mengalami lelah emosional yang mungkin akhir- akhir ini tidak kamu sadari terjadi padamu. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Jarang tersenyum
Perhatikan 8 Tanda Kamu Lelah Secara Emosional, Butuh Istirahat!

“Saya menjadi jarang tersenyum, bahkan saat melihat sesuatu yang biasanya menurut saya lucu.”

Tentu tidak wajar jika kamu menjadi jarang tersenyum padahal sebelumnya kamu termasuk orang yang ramah dan murah senyum kepada orang lain. Apalagi jika ternyata kamu tetap tidak bisa tersenyum di situasi yang menyenangkan atau saat melihat sesuatu yang biasanya menurut kamu lucu.

Nah, sekarang coba ingat- ingat lagi, kapan terakhir kali kamu tersenyum?

2. Sulit merasakan, termasuk makanan dan sentuhan
Perhatikan 8 Tanda Kamu Lelah Secara Emosional, Butuh Istirahat!

“Panca indra saya seperti mati rasa. Makanan jadi hambar, musik tidak membuat saya bergerak, sentuhan di kulit tidak memberi efek apa-apa, dan saya lebih sering menggunakan baju berwarna hitam atau abu- abu.”

Ketika kamu sedang stres akut, biasanya kamu akan kehilangan konsentrasi dan sulit fokus pada sesuatu. Stres juga dapat membuat kamu kehilangan minat, kamu seperti mati rasa dan menjalani hari dengan suram dan datar, padahal biasanya kamu selalu bersemangat saat mendengar musik favorit, atau saat makan makanan yang lezat.

3. Mengalami insomnia
Perhatikan 8 Tanda Kamu Lelah Secara Emosional, Butuh Istirahat!

“Saya tidak bisa tidur, saya juga tidak merasa ngantuk, padahal saya sangat ingin tidur.”

Sudah jelas bahwa pernyataan seperti ini merupakan tanda bahwa kamu sedang mengalami stres parah. Kamu sangat ingin tidur karena merasa lelah, namun kamu tetap tidak bisa melakukannya.

Saat sedang stres, biasanya pikiranmu akan dipenuhi oleh banyak hal. Seakan- akan otakmu tidak ingin berhenti bekerja dan membuatmu terus memikirkan hal yang tidak seharusnya terus dipikirkan. Sehingga kadang membuatmu merasa frustrasi dan akhirnya membuat kondisi fisikmu juga semakin memburuk.

4. Sulit bersosialisasi dengan orang lain
Perhatikan 8 Tanda Kamu Lelah Secara Emosional, Butuh Istirahat!

“Bersosialisasi dengan orang lain terasa semakin sulit. Saat sedang bersama keluarga atau teman, sulit memperhatikan apa yang mereka bicarakan. Saya merasa kehilangan ikatan dengan mereka.”

Ikatan atau hubungan keluarga dan pertemanan tentu sangat membutuhkan kekuatan emosional di dalamnya. Saling menunjukkan ketulusan dan kasih sayang merupakan bentuk ikatan emosional tersebut.

Namun saat kondisi emosionalmu sedang tidak baik, tentu akan sulit untuk melakukannya. Kamu akan sulit memperhatikan mereka dan bahkan akan cenderung menghindar.

5. Sangat mudah terkejut 
Perhatikan 8 Tanda Kamu Lelah Secara Emosional, Butuh Istirahat!

“Saya mudah sekali terkejut saat mendengar suara atau keributan atau gerakan. Terkadang saya sedikit melompat karena terkejut.”

Jika kamu merasa bingung kenapa kamu menjadi sangat mudah terkejut pada suara atau gerakan yang tidak terlalu mencolok, bisa jadi kamu sedang berada dalam kondisi emosional yang buruk.

Hal itu bisa jadi karena penurunan konsentrasi dan penurunan kemampuan mengendalikan diri saat kamu mengalami stres parah, sehingga gerakan tiba- tiba atau keributan sedikit saja dapat membuatmu sangat terkejut.

6. Mudah tersinggung dan baper
Perhatikan 8 Tanda Kamu Lelah Secara Emosional, Butuh Istirahat!

“Saya menjadi mudah tersinggung dan bawa perasaan, terutama saat menggunakan handphone.

Ketika kamu sedang banyak pikiran, perasaanmu akan menjadi lebih sensitif dan kamu akan melihat segala sesuatu di sekitarmu sebagai hal yang negatif.

Hal- hal kecil saja dapat membuatmu merasa tersinggung dan selalu terlihat salah di matamu. Terutama di era teknologi serta di masa pandemi seperti sekarang. Semua orang lebih sering menggunakan gadget seperti handphone atau komputer dalam kegiatan sehari- hari, termasuk kamu yang juga menggunakannya untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Namun saat dalam kondisi lelah emosional, kamu menjadi lebih mudah bawa perasaan untuk hal yang kamu lihat di handphone. Rasanya kamu selalu kesal dan ingin marah saat melihat media sosial.

7. Cemas dan gelisah yang berlebihan
Perhatikan 8 Tanda Kamu Lelah Secara Emosional, Butuh Istirahat!

“Perasaan gelisah (anxiety) yang saya rasakan semakin parah. Saat berada di tengah keramaian saya merasa takut dan cemas.”

Anxiety adalah perasaan yang dimiliki dan dirasakan oleh semua orang, namun jika kamu merasakannya semakin meningkat atau semakin parah setiap hari maka kamu tidak boleh mengabaikannya.

Mungkin kamu telah melalui terlalu banyak hal berat dalam hidup, sehingga tanpa disadari stres yang kamu alami semakin menumpuk dan menimbulkan ketakutan atau kecemasan yang berlebihan.

8. Mudah menangis tanpa alasan yang jelas
Perhatikan 8 Tanda Kamu Lelah Secara Emosional, Butuh Istirahat!

“Saya menjadi mudah menangis saat menonton film, mendengar berita duka, membaca cerita yang sedih, atau bahkan untuk cerita yang sebenarnya berakhir bahagia.”

Mungkin tanda yang satu ini paling mudah untuk diamati. Siapa yang tidak merasa sedih saat mendengar berita duka atau saat menonton film sedih? Tentu semua orang dapat ikut merasakan kesedihan yang mereka lihat, namun belum tentu semuanya akan ikut menangis.

Saat mengalami kelelahan emosional, otak biasanya akan mengirimkan sinyal kepada tubuh untuk melakukan sesuatu untuk melepaskan stres yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon di dalam otak kita.