Inilah Pewarna Hijau Alami yang Aman Digunakan untuk Makanan

Inilah Pewarna Hijau Alami yang Aman Digunakan untuk Makanan

Inilah Pewarna Hijau Alami yang Aman Digunakan untuk Makanan – Pewarna makanan banyak digunakan dalam industri kuliner dan pangan. Namun, ada pewarna makanan yang aman dan ada pula yang dilarang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui berbagai jenis pewarna makanan untuk mencegah dampak buruknya terhadap kesehatan. Pewarna makanan adalah zat aditif yang ditambahkan untuk meningkatkan warna makanan atau minuman.

Selain itu, pewarna makanan juga dapat meningkatkan daya tarik makanan dan meningkatkan nafsu makan orang yang mengosumsinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa warna makanan dapat meningkatkan nafsu makan ketika dilihat. Dari sekian banyak warna yang biasa ditemukan dalam makanan, warna hijau menjadi salah satu warna yang selalu dapat menarik perhatian karena warna hijau memberikan kesan yang segar dan alami.

Bagi kalian yang ingin membuat makanan kalian terlihat lebih cantik dengan warna hijau, sebaiknya kalian mendapatkan warna hijaunya dari bahan-bahan alami. Selain lebih cantik alami, tapi juga lebih sehat dan dapat memberikan aroma khas dari bahan-bahan yang digunakan. Nah, kalau kalian ingin tahu bahan-bahan alami apa saja yang bisa kalian pakai untuk menjadi pewarna hijau alami.

1. Daun bayam hijau
5 Bahan Pewarna Hijau Alami yang Bisa Digunakan dalam Makanan

Selain bergizi tinggi, bayam hijau juga dapat kalian digunakan sebagai pewarna makanan alami, khususnya warna hijau. Kalian bisa mendapatkan warna hijau alami dari bayam hijau ini dengan cara menghaluskannya menggunakan blender.

Namun saat diblender tidak perlu ditambahkan air. Hal ini bertujuan agar warna hijaunya tidak pudar. Ekstrak dari bayam hijau ini bisa kalian tambahkan ke dalam adonan mie, kue, dan nasi.

2. Daun suji
5 Bahan Pewarna Hijau Alami yang Bisa Digunakan dalam Makanan

Daun suji banyak digunakan dalam pembuatan kue tradisional. Hal ini karena selain bisa menghasilkan warna hijau alami, tetapi daun suji juga dapat membuat makanan menjadi beraroma sangat wangi.

Cara mendapatkan warna hijau alaminya adalah dengan cara dihaluskan dengan menggunakan blender. Masukkan daun suji dalam blender lalu proses hingga lembut.

Kemudian peras dan saring cairannya, atau bisa juga dengan cara ditumbuk hingga lembut, kemudian peras dan saring airnya. Hasil dari perasan inilah yang bisa kalian masukkan ke dalam makanan.

3. Daun pandan
5 Bahan Pewarna Hijau Alami yang Bisa Digunakan dalam Makanan

Daun pandan memang sudah sangat terkenal dan sering digunakan sebagai penghasil warna hijau alami dalam makanan. Walaupun warna hijau yang dihasilkan memiliki warna hijau yang lebih pucat daripada daun suji, tetapi aromanya jauh lebih harum.

Cara untuk mendapatkan warna hijau alaminya ialah dengan cara diblender. Cuci bersih dahulu daun pandan kemudian masukkan dalam blender dan proses hingga lembut, lalu peras dan saring airnya.

Hasil perasannya inilah yang dapat ditambahkan ke dalam adonan kue-kue tradisional maupun dalam adonan mie.

4. Daun sawi hijau
5 Bahan Pewarna Hijau Alami yang Bisa Digunakan dalam Makanan

Sawi hijau atau biasa dikenal juga dengan nama caisim ini ternyata juga bisa digunakan sebagai pemberi warna hijau alami. Namun pastikan kalian tidak menggunakan daun sawi hijau pahit, karena akan merusak rasanya.

Caranya sama seperti yang lainnya, yakni dengan cara dihaluskan dengan blender. Masukkan daun sawi ke dalam blender dan giling hingga lembut dan licin, kemudian saring airnya. Hasil inilah yang bisa kalian gunakan sebagai pemberi warna hijau alami pada makanan.

5. Bubuk matcha
5 Bahan Pewarna Hijau Alami yang Bisa Digunakan dalam Makanan

Bubuk matcha memiliki warna hijau kekuningan yang cantik dan bisa kalian masukkan dalam adonan untuk kue. Aroma dan rasanya cukup tajam. Namun hati-hati dalam penggunaannya karena bubuk matcha ini bisa mengalahkan rasa alami makanan apabila digunakan dalam jumlah yang terlalu banyak.

Bubuk matcha berasal dari daun teh hijau yang digiling menjadi bubuk halus. Jadi untuk mendapatkan warna hijau alaminya cukup dengan diseduh saja dengan menggunakan air. Hasil dari seduhannya inilah yang dapat kalian campur ke dalam adonan kue dan adonan mie.

Pewarna makanan terbagi menjadi dua, yaitu pewarna alami dan pewarna sintetis atau kimia. Pewarna alami terbuat dari bahan alami, seperti tumbuhan, hewan, dan mineral, sedangkan pewarna sintetis terbuat dari campuran dua atau lebih bahan atau zat kimia.

Pemerintah sudah memberikan daftar pewarna yang boleh digunakan dalam makanan. Namun, kenyataannya masih ada saja pewarna bukan untuk makanan yang dicampurkan ke dalam bahan makanan oleh produsen yang tidak bertanggung jawab.