Inilah Manfaat Tidur yang Cukup Bagi Kesehatan & Kecantikan

Inilah Manfaat Tidur yang Cukup Bagi Kesehatan & Kecantikan

Inilah Manfaat Tidur yang Cukup Bagi Kesehatan & Kecantikan – Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan.

Tanda tanda kehidupan seperti kesadaran, puls, dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan. Jika membahas seputar rutinitas kecantikan, tidur menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan pulih saat kamu tertidur, dan salah satu manfaatnya adalah pada penampilan.

Kuncinya adalah cukup tidur, yaitu 7 hingga 9 jam setiap malam. Untuk mengetahui lebih detail seputar poker deposit pulsa 10000 tanpa potongan apa saja manfaat tidur bagi kecantikan, simak pembahasan berikut ini yang dirangkum dari laman WebMD dan Hello Giggles.

1. Membuat kulit tetap terhidrasi
5 Manfaat Tidur Secara Cukup untuk Kecantikan, Jangan Suka Begadang

Tidur dapat membantu kamu tetap terhidrasi. Sebaliknya, tanpa tidur yang cukup, kulit akan terlihat kemerahan dan kering. Namun, saat kamu tidur, kulit cenderung tetap elastis dan bebas kerut.

Krim malam sebenarnya sangat bagus untuk memperbaiki kondisi kulit, tetapi jika kamu tidak cukup tidur, maka krim malam yang kamu pakai hanya akan sia-sia. Jadi, tidurlah lebih awal dan oleskan krim untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Penampilan yang lebih baik
5 Manfaat Tidur Secara Cukup untuk Kecantikan, Jangan Suka Begadang

Kurang tidur dapat menyebabkan sudut mulut tampak turun, yang membuat kamu tampak tidak segar dan seperti lebih sedih daripada saat kamu mendapatkan istirahat malam yang cukup. Kurang tidur juga bisa membuat kamu lelah, yang menyebabkan ekspresi wajah berubah dengan cara yang halus dan konsisten, seperti cenderung mengerutkan kening dan lebih cemberut.

Kelelahan juga kadang membuat mata merah, bengkak, lingkaran hitam, kelopak mata kendur, dan kulit pucat. Karenanya, kurang istirahat bisa membuat penampilanmu tampak kurang baik daripada saat cukup istirahat.

3. Rambut menjadi lebih sehat
5 Manfaat Tidur Secara Cukup untuk Kecantikan, Jangan Suka Begadang

Rambut rontok, patah, dan rusak, dapat dipengaruhi oleh kurang tidur. Folikel rambut yang merupakan tempat pertumbuhan rambut, mendapatkan nutrisi, vitamin, dan mineral dari aliran darah. Karena aliran darah berkurang saat kita kekurangan tidur, rambut hanya mendapatkan lebih sedikit makanan, yang membuatnya melemah dan sulit tumbuh.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan lebih banyak stres. Stres menyebabkan peningkatan hormon kortisol, yang dapat menyebabkan kamu kehilangan rambut.

4. Lebih sedikit kerutan
5 Manfaat Tidur Secara Cukup untuk Kecantikan, Jangan Suka Begadang

Kulit memproduksi kolagen baru saat kamu tidur, yang mencegah kulit menjadi kendur. Ini juga merupakan bagian dari proses perbaikan. Dengan lebih banyak kolagen, berarti kulit jadi lebih kenyal dan kecil kemungkinannya untuk berkerut.

Hanya mendapatkan tidur selama 5 jam semalam dapat menyebabkan garis-garis halus dua kali lebih banyak daripada tidur 7 jam. Ini juga membuat kulit lebih kering, yang dapat membuat garis halus lebih terlihat.

5. Mata jadi lebih cerah
5 Manfaat Tidur Secara Cukup untuk Kecantikan, Jangan Suka Begadang

Mata bengkak adalah salah satu perubahan jelas yang akan terjadi saat kamu kurang tidur. Tidur yang cukup akan sangat membantu mengurangi bengkak di bawah mata. Tetap terhidrasi dengan baik dan menggunakan bantal untuk mengangkat kepala saat tidur juga bisa membantu mengurangi pembengkakan.

Banyak istirahat juga dapat meminimalkan lingkaran hitam di sekitar mata. Saat darah tidak mengalir dengan baik, seperti yang terjadi saat kurang tidur, darah dapat terkumpul di bawah mata dan membuat mata tampak gelap karena kulit di sana sangat tipis. Kurang tidur juga dapat memperburuk masalah di bawah mata yang disebabkan oleh gen.

Pada dasarnya, tidur sangat penting bagi tubuh secara keseluruhan, termasuk untuk kecantikan. Jadi, pastikan kamu mendapatkan cukup tidur agar terlihat lebih baik.

Tanda tanda kehidupan seperti kesadaran, puls, dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan. Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang.

Fase peralihan dari sadar ke tidur disebut sebagai pradormitium dan fase peralihan dari tidur kembali ke sadar disebut sebagai postdormitium. Di dalam ilmu kedokteran ilmu yang mempelajari gangguan tidur disebut sebagai somnologie.