Inilah Kebiasaan Kecil yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Gigi

Inilah Kebiasaan Kecil yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Gigi

Inilah Kebiasaan Kecil yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Gigi – Kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang sangat penting karena gigi dan gusi yang rusak dan tidak dirawat akan menyebabkan rasa sakit, gangguan pengunyahan dan dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya. Termasuk dalam sistem pencernaan, kesehatan gigi dan mulut patut diperhatikan.

Bila tidak dibersihkan dengan baik maka sisa makanan yang tertinggal digigi akan membentuk koloni bersama bakteri yang disebut plak. Kondisi gigi dan mulut yang tidak terawat tak jarang menimbulkan gangguan kesehatan seperti seriawan, gigi berlubang, hingga bau mulut.

Ada banyak cara untuk merawat kesehatan gigi dan mulut, mulai dari menggosok gigi setidaknya dua kali sehari, membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi (flossing), dan rutin kontrol ke dokter gigi. Namun, tak cuma itu, ada pula beberapa kebiasaan kecil yang bisa meningkatkan kesehatan gigi dan mulut, lo! Yuk, biasakan mulai hari ini!

1. Cara menyikat gigi yang benar
5 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Menyikat gigi ternyata ada aturannya. Jangan asal! Pasalnya, menyikat gigi terlalu keras misalnya, dapat mengikis lapisan pelindung atau enamel gigi, mengutip Medical News Today.

Kebiasaan menyikat gigi yang terlalu keras bisa membuat gusi berdarah dan meradang. Kamu gak mau ini terjadi, kan? Berdasarkan keterangan dari American Dental Association (ADA), ini cara menyikat gigi yang benar:

  • Pertama, tempatkan sudut kepala sikat gigi agak miring atau membentuk sudut 45 derajat.
  • Selanjutnya, mulailah menyikat gigi bagian depan secara perlahan dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah. Lakukan gerakan tersebut selama 20 detik pada setiap bagian gigi.
  • Untuk membersihkan gigi bagian belakang, sisi atas, dan bawah, sikatlah dengan gerakan maju mundur secara perlahan.
  • Setelah itu berkumurlah dengan air. Bila perlu, kamu juga bisa menggunakan mouthwash perlindungan ekstra terhadap bakteri penyebab bau mulut.
2. Menjaga kelembapan bibir
5 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Bicara soal kesehatan gigi dan mulut, maka bibir sebagai “pintu masuk” makanan dan minuman tidak boleh diabaikan kesehatannya. Kebiasaan menjilat bibir, kurang minum, hingga cuaca dingin dapat membuat kondisi bibir menjadi kering.

Bibir yang kering dapat membuatmu tidak nyaman serta mengganggu penampilan. Nah, agar bibir tetap lembap dan sehat, kamu harus cukup minum, rajin melakukan eksfoliasi, serta rutinlah pakai lip balm.

3. Cukup minum air putih
5 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Minum air putih memiliki manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Termasuk untuk gigi dan mulut, minum air putih dapat mengurangi sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi. Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan dapat membantu meningkatkan produksi air liur.

Menurut ADA, berkurangnya produksi air liur bisa menyebabkan bau mulut dan bibir yang terasa kering. So, kebiasaan kecil ini secara tidak langsung dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut kamu.

4. Kurangi konsumsi makanan manis
5 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Makanan manis dipercaya dapat meningkatkan mood seseorang. Tak heran jika makanan manis memang memiliki banyak penggemar. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis berdampak pada kesehatan gigi dan mulutmu.

Perlu kamu ketahui jika bakteri-bakteri yang ada di mulut mengubah makanan manis menjadi asam, sehingga dapat mengikis enamel gigimu, yang lama-lama akan menyebabkan gigi berlubang. Demi kesehatan gigi dan mulut yang lebih baik, kurangi asupannya, ya!

5. Tidak lupa untuk membersihkan lidah
5 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Masih banyak orang yang lupa untuk membersihkan lidah mereka saat sikat gigi. Sering dianggap tidak penting, nyatanya permukaan lidah bisa jadi sarang bakteri yang dapat menimbulkan masalah kesehatan. Oleh sebab itu, membersihkan lidah menggunakan tongue scraper atau alat pembersih lidah adalah solusinya.

Dilansir Healthline, manfaat membersihkan lidah yaitu dapat mencegah bau mulut, meningkatkan ketajaman indra pengecap, bahkan mengurangi risiko penyakit periodontal. Meskipun begitu, tetap pastikan kamu membersihkan lidah secara hati-hati, ya.