Inilah Ide Olahan Rumput Laut Kombu yang Kaya Manfaat Baik

Inilah Ide Olahan Rumput Laut Kombu yang Kaya Manfaat Baik

Inilah Ide Olahan Rumput Laut Kombu yang Kaya Manfaat Baik – Kombu atau konbu adalah ganggang laut (rumput laut) umumnya dari spesies  Laminaria japonica yang dikonsumsi orang di negara-negara Asia Timur  seperti Tiongkok, Korea dan Jepang. Di dalam bahasa Korea dikenal dengan nama dashima atau haidai.

Di Jepang, kombu dipakai dalam masakan Jepang sebagai bahan dasar kaldu yang disebut dashi, dimasak bersama sayur-sayuran dan daging, atau diproses menjadi makanan olahan sebagai lauk teman makan nasi. Siapa yang tak mengenal kombu? Rumput laut asal Jepang ini merupakan bahan utama dari dashi atau kaldu Jepang.

Rasa umami dan gurih dar kombu tak perlu diragukan lagi. Bahkan, kombu  sudah digunakan sejak era Edo di Jepang, lho. Semakin sering digunakan, kombu tak hanya lagi menjadi bahan dasar dashi  saja. Namun, kombu banyak dimasak menjadi hidangan lezat dan berselera.

1. Kobu jime
5 Olahan Kombu, Rumput Laut Khas Jepang yang Kaya Manfaat

Kombu jime merupakan teknik memasak ala Jepang dengan membungkus daging ikan atau sashimi dengan kombu atau rumput laut. Diperkenalkan pertama kali di Toyama, teknik kombu jime digunakan hampir di seluruh Jepang. 

Kombu jime sendiri dipercaya memberikan rasa umami pada daging atau sashimi yang dibungkus di dalamnya. Selain itu, teknik ini membuat tekstur daging atau sashimi lebih empuk, lho.

2. Kombu maki
5 Olahan Kombu, Rumput Laut Khas Jepang yang Kaya Manfaat

Kerap dijadikan hidangan spesial saat Tahun baru, kombu maki gak kalah nikmat. Makanan ini berbentuk gulungan dengan isian daging ikan salmon atau herring.

Kombu maki terasa lezat dan umami. Hidangan khas Jepang ini sangat mudah dibuat dan memiliki makna tersendiri. Gulungannya mencerminkan keberuntungan. Sehingga, tak heran kombu maki menjadi makanan Tahun Baru yang wajib ada di rumah-rumah Jepang.

3. Matsumae zuke
5 Olahan Kombu, Rumput Laut Khas Jepang yang Kaya Manfaat

Matsumae zuke termasuk ke dalam makanan pendamping atau side dish khas Jepang. Terbuat dari serutan kombu yang dicampur dengan serutan wortel.

Olahan kombu satu ini sangat mudah dibuat dan rasanya enak. Kamu bisa memadukannya dengan nasi putih hangat. Dijamin kenikmatannya semakin menjadi, deh!

4. Battera sushi
5 Olahan Kombu, Rumput Laut Khas Jepang yang Kaya Manfaat

Battera sushi merupakan sushi press khas Jepang berasal dari Osaka. Bentuk sushi ini kotak menyerupai sebuah bahtera atau kapal.

Sushi ini menggunakan kombu sebagai salah satu lapisan di bawah ikan mackarel. Kombu menjadi bagian penting karena memberikan rasa gurih pada sushi ini. Kalau kamu suka banget makan makanan satu ini, gak ada salahnya untuk mencoba, lho.

5. Kombu tsukudani
5 Olahan Kombu, Rumput Laut Khas Jepang yang Kaya Manfaat

Kombu tsukudani adalah olahan kombu yang banyak dijadikan lauk nasi. Cara membuatnya sangat mudah dan cepat. Potongan tipis kombu dibumbui dengan dashi, sake, cuka dan shoyu.

Diolah dengan cara direbus, kemudian kombu ditumis bersama bumbu. Kombu tsukudani bisa tahan hingga dua minggu dengan disimpan dalam kulkas, lho.

Dashi kombu adalah kaldu bening yang diambil dari kombu. Kombu didiamkan di dalam panci yang berisi air, dimasak hingga mendidih, Kombu diangkat, dan air rebusannya siap digunakan.

Kombu mentah dijual dalam bentuk kering dengan ukuran yang berbeda-beda sesuai harga dan keperluan. Kombu kering terbaik yang digunakan di restoran ada yang dijual dalam bentuk lembaran yang sangat panjang (1-2 meter).

Menjelma menjadi bahan makanan yang lezat, kombu juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Tak heran masyarakat Jepang sangat menyukai olahan rumput laut satu ini. Makanan mana yang pengin kamu cicipi terlebih dahulu?