Inilah Fakta Seputar Makanan Tradisional & Menyehatkan Korea

Inilah Fakta Seputar Makanan Tradisional & Menyehatkan Korea

Inilah Fakta Seputar Makanan Tradisional & Menyehatkan Korea – Masakan Korea adalah makanan tradisional yang berdasarkan pada teknik dan cara memasak orang Korea. Mulai dari kuliner istana yang aneh sampai makanan khas daerah serta perpaduan masakan modern, bahan-bahan yang digunakan serta cara penyiapannya yang sangat berbeda.

Banyak sekali makanan Korea yang sudah mendunia. Makanan Korea dikarakteristikan dengan nasi, berbagai jenis sayuran, serta daging ikan atau sapi. Makanan tersebut seringkali disajikan dengan berbagai jenis makanan pendamping seperti sup atau kimchi.

Dilansir Healthline, ahli gizi mengatakan bahwa makanan Korea secara umum dapat dikatakan menyehatkan. Ini tentunya menjadi kabar gembira buat kamu para penggemar makanan Korea. Mengapa makanan Korea bisa dikategorikan sehat?

1. Budaya Korea menganggap bahwa makanan harus menyehatkan dan bisa jadi ‘obat’
Simak 6 Fakta Makanan Tradisional Korea yang Ternyata Menyehatkan

Menurut artikel berjudul Medicinal Food Understanding in Korean Gastronomic Culture yang dipublikasi dalam Journal of Ethics Food pada tahun 2019,  makanan Korea memiliki banyak manfaat dan telah digunakan selama berabad-abad untuk menjaga kesehatan. Sejarahnya, Korea memiliki budaya yang menganggap makanan dan obat adalah hal yang sama.

Buat menjaga tubuh tetap hangat dan sehat, orang Korea menciptakan berbagai jenis makanan fermentasi yang memiliki khasiat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Makanan harus diolah dengan metode memasak yang baik supaya bisa bermanfaat dalam pencegahan penyakit.

2. Banyak makanan Korea yang dibuat dengan metode fermentasi
Simak 6 Fakta Makanan Tradisional Korea yang Ternyata Menyehatkan

Dilansir Healthline, banyak makanan pendamping (side dish) Korea yang menyertakan sayuran. Sayuran tersebut seringkali dibumbui dengan saus fermentasi. Antara lain saus pasta kedelai (doenjang), kecap asin (ganjang), dan saus pasta paprika (gochujang). Beberapa makanan fermentasi lain antara lain makanan laut yang diasinkan (jeotgal) atau kubis (kimchi).

Makanan fermentasi mengandung bakteri baik bagi usus, yaitu probiotik. Sebagai contoh, Kimchi dibuat dengan metode fermentasi laktosa. Ini membuat kimchi mengandung bakteri Lactobacillus yang turut mendukung sistem imun.

3. Makanan Korea seringkali dimasak dengan metode yang menyehatkan
Simak 6 Fakta Makanan Tradisional Korea yang Ternyata Menyehatkan

Selain fermentasi, kebanyakanan makanan Korea diolah dengan metode masak yang cukup menyehatkan. Beberapa metode yang sering digunakan adalah merebus, memanggang, dan mengasinkan. Metode seperti menggoreng lebih jarang digunakan.

Makanan tradisional Korea kerapkali diolah menggunakan sedikit minyak dengan banyak menyertakan sayuran. Ini membuat makanan Korea lebih rendah kalori jika dibandingkan dengan makanan barat seperti Amerika Serikat.

4. Menurut studi, pola makan tradisional Korea dapat menurunkan risiko penyakit metabolik
Simak 6 Fakta Makanan Tradisional Korea yang Ternyata Menyehatkan

Salah satu studi observasional yang dipublikasi pada National Library of Medicine tentang pola makan tradisional Korea, pola makan tradisional orang Korea yang bisa mengurangi risiko beberapa penyakit metabolik. Sindroma metabolik adalah sekumpulan kondisi yang menyebabkan penyakit jantung, diabetes melitus tipe 2, dan stroke.

Kembali melansir Healthline, konsumsi kimchi juga dikatakan dapat menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung, meregulasi berat badan, tekanan darah, gula darah, dan kadar lemak darah. Makanan Korea juga sering dimakan dengan saus pedas gochujang yang terbuat dari paprika. Saus tersebut mengandung capcaisin yang dapat menyehatkan metabolisme, mengontrol tekanan darah, dan menjaga berat badan.

5. Apa saja contoh makanan Korea yang bergizi dan menyehatkan?
Simak 6 Fakta Makanan Tradisional Korea yang Ternyata Menyehatkan

Berikut adalah beberapa contoh makana Korea yang dianggap sehat . Boleh dicoba nih buat kamu yang hobi makan di restoran Korea.

  • Kimchi
  • Bibimbap (nasi campur Korea). Terdiri dari nasi, berbagai jenis sayur, telur, dan daging yang tentunya cukup bergizi.
  • Kimbap/Gimbap. Makanan ini berbentuk seperti sushi yang dibalut dengan rumput laut. Di dalam kimbap biasanya terdapat telur, sayur, dan daging sapi atau ikan.
  • Bulgogi. Makanan ini terdiri dari daging iris tipis dengan sayur. Ini adalah salah satu makanan Korea yang popular.
  • Soondubu jiggae. Makanan ini adalah makanan berkuah/sup yang menggunakan tahu lembut sebagai proteinnya.
6. Tidak selalu sehat, ada beberapa makanan Korea yang tinggi garam dan tinggi kalori
Simak 6 Fakta Makanan Tradisional Korea yang Ternyata Menyehatkan

Perlu diingat bahwa masih ada beberapa aspek makanan Korea yang tidak menyehatkan. Makanan fermentasi memang menyehatkan bagi usus, tapi beberapa di antaranya juga mengandung garam tinggi. Konsumsi garam berlebih bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung serta ginjal.

Berikut adalah contoh beberapa makanan Korea popular yang tinggi kalori.

  • Ayam goreng Korea. Ayam biasanya digoreng dan dibalut dengan tepung. Makanan ini juga seringkali dimakan bersamaan dengan saus manis. Ini membuat ayam goreng Korea tinggi kalori.
  • Mie Korea (Ramyun). Ramyun adalah mie instan Korea yang tentunya tinggi garam.
  • Mie yang dibumbui dengan saus kacang hitam (jajangmyeon). Makanan ini terdiri dari mie yang dibumbui dengan saus kental kacang hitam. Karbohidrat dan lemak yang ada di makanan ini juga cukup tinggi.

Masakan Korea sebagian besar berbahan beras, mi, tahu, sayuran dan daging. Makanan tradisional Korea dikenal dengan makanan sampingan yaitu banchan yang dimakan dengan nasi putih dan sup atau kaldu. Setiap makanan dilengkapi dengan banchan yang cukup banyak.

Kimchi adalah makanan fermentasi yang berasal dari sayuran, utamanya  sawi, lobak dan Metimun. Setidaknya ada satu jenis kimchi yang disajikan sebagai banchan sepanjang tahun. Kimchi juga adalah bahan dasar utama dalam berbagai resep masakan Korea.

Itulah tadi ulasan mengenai makanan Korea yang ternyata tidak hanya lezat namun juga sehat. Bisa disimpulkan bahwa makanan tradisional Korea bisa dibilang lengkap gizi dan bervariasi.