Hidangan Kembang Kol Lezat Sebagai Menu Makan Malam Sehat

Hidangan Kembang Kol Lezat Sebagai Menu Makan Malam Sehat

Hidangan Kembang Kol Lezat Sebagai Menu Makan Malam Sehat – Kembang kol atau bunga kol merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok botrytis dari jenis Brassica oleracea (suku Brassicaceae). Selain itu, tumbuhan ini sebagai sayuran juga lazim dikenal sebagai kubis bunga yang merupakan terjemahan harfiah dari bahasa Belanda bloemkool.

Kata blumkol juga dikenal secara lazim. Mau makan sehat dan praktis? Resep kali ini bisa jadi solusinya. Kamu hanya perlu kembang kol, bumbu-bumbu dapur, dan saus tiram.

Cah kembang kol saus tiram ini praktis diolah dan bahan-bahannya terjangkau. Gak perlu waktu lama untuk mengolah cah kembang kol saus tiram ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan
Resep Cah Kembang Kol Saus Tiram, Menu Sehat untuk Makan Malam

Bahan-bahan:

  • 250 gram kembang kol
  • 2 buah cabai merah, iris
  • 5 buah cabai rawit, iris
  • 3 siung bawang merah, cincang
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 saset saus tiram
  • 1 sdt garam
  • air secukupnya
  • minyak secukupnya
2. Bersihkan kembang kol
Resep Cah Kembang Kol Saus Tiram, Menu Sehat untuk Makan Malam

Cuci bersih kembang kol dengan air mengalir. Setelah bersih, pisahkan kembang kol dari batangnya menjadi bagian kecil, kemudian tiriskan. Sisihkan dahulu.

3. Tumis bumbu
Resep Cah Kembang Kol Saus Tiram, Menu Sehat untuk Makan Malam

Selanjutnya, panaskan minyak di dalam teflon. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan cabai merah dan cabai rawit, lalu masak sebentar.

4. Masukkan beberapa bahan
Resep Cah Kembang Kol Saus Tiram, Menu Sehat untuk Makan MalamIlustrasi memasak cah kembang kol saus tiram (youtube.com/iamnopi)

Masukkan air secukupnya, kemudian masukkan kembang kol. Masak hingga hampir matang. Beri saos tiram dan garam secukupnya, kemudian aduk merata.

5. Masak hingga matang
Resep Cah Kembang Kol Saus Tiram, Menu Sehat untuk Makan Malam

Masak hingga cah kembang kol saus tiram matang. Setelah matang, angkat dan pindahkan ke dalam piring saji. Nikmati cah kembang kol saus tiram selagi hangat.

Kubis bunga berbentuk mirip dengan brokoli. Perbedannya, kubis bunga memiliki kepala bunga yang banyak dan teratur dengan padat. Hanya “kepala” kembang kol yang lazim dimakan (dalam literatur berbahasa Inggris disebut white curd). Pada dasar kepala tersebut terdapat daun-daun hijau yang tebal dan tersusun rapat. Kubis bunga juga mirip dengan kubis romanesco.

Kembang kol merupakan sumber vitamin dan mineral dan lazimnya dimakan dengan dimasak terlebih dahulu, meskipun dapat pula dimakan mentah maupun dijadikan acar. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), secangkir kembang kol mentah dapat memasok 77% vitamin C dari “Acuan Konsumsi Makanan” (Dietary Reference Intake) bagi orang dewasa.

Kembang kol juga merupakan sumber penting protein, tiamin, riboflavin, niasin, kalsium, besi, magnesium,  fosfor, dan zink, serta sangat baik sebagai sumber serat makanan, vitamin B6, asam folat, asam pantotenat, dan kalium. Sayur ini mengandung sedikit lemak jenuh, dan sangat sedikit kolesterol (kurang dari 1 g per kg).