Gejala Angina Pektoris dan Pencegahannya

Angina Pektoris merupakan salah satu jenis penyakit jantung yang disebabkan karena otot jantung kekurangan pasokan oksigen dan darah. Angina Pektoris terjadi karena adanya sumbatan pada pembuluh darah arteri koroner di jantung.

Secara umum, terdapat dua jenis Angina Pektoris, yaitu:

• Angina Pektoris stabil, yaitu Angina Pektoris yang terjadi akibat sumbatan kronis pada pembuluh darah koroner. Pada jenis ini, penderitanya biasanya mengeluh nyeri dada bila beraktivitas terlalu berat (misalnya berolahraga), dan nyeri dadanya akan berkurang jika penderitanya beristirahat.
  • Angina Pektoris tidak stabil, yaitu Angina Pektoris yang terjadi akibat sumbatan mendadak pada pembuluh darah koroner. Secara awam, kondisi ini sering disebut serangan jantung.
  • Prinzmetal’s angina Berbeda dengan kedua jenis angina yang dijelaskan sebelumnya, Prinzmetal’s angina disebabkan oleh adanya kekakuan di arteri jantung, sehingga terjadi penurunan jumlah aliran darah untuk sementara waktu.
    Prinzmetal’s angina merupakan jenis angina yang cukup jarang terjadi. Angina jenis ini biasanya muncul saat istirahat, pada malam hari, ataupun di pagi hari. Intensitas nyerinya cukup berat namun biasanya bisa mereda dengan pemberian obat-obatan.

Gejala Angina Pectoris

Angina pectoris ditandai dengan nyeri dada seperti tertindih, terbakar, tertusuk ataupun terasa penuh. Rasa sakitnya dapat menjalar ke lengan, bahu, punggung, leher, dan rahang. Gejala lain yang dapat menyertai rasa nyeri tersebut antara lain:

• Keringat yang muncul berlebihan, meski cuaca tidak panas.
  • Mual.
  • Lelah.
  • Pusing.
  • Sesak napas.

Karena angina pectoris sering disebabkan oleh penyakit jantung koroner, Anda disarankan melakukan pemeriksaan ke dokter jika memiliki riwayat hipertensi, kolesterol tinggi, dan memiliki pola hidup yang kurang sehat, seperti sering mengonsumsi makanan berlemak, merokok, dan mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebih.

Semakin cepat diperiksa, upaya penanganan untuk angina pectoris yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner bisa semakin cepat dilakukan. Dengan demikian, risiko komplikasi yang lebih parah bisa dicegah.

Penyebab dan Faktor Risiko Angina Pectoris

Angina pectoris paling sering disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner terjadi akibat adanya penumpukkan plak di arteri (aterosklerosis). Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner yang bisa memuculkan angina adalah:

Angina Pektoris dapat disebabkan oleh berbagai hal, yaitu:

• Paparan asap rokok
  • Diabetes melitus
  • Kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia)
  • Hipertensi
  • Obesitas
  • Anemia berat (hemoglobin kurang dari 8 mg/dl)
  • Hipertiroidisme
  • Aritmia (irama jantung tidak teratur)
  • Ada riwayat penyakit jantung dalam keluarga

Diagnosis Angina Pectoris

Untuk mendiagnosis angina pectoris, dokter akan menanyakan keluhan yang dirasakan pasien, sekaligus menanyakan apakah pasien memiliki faktor risiko penyakit jantung koroner. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan beberapa tes penunjang, seperti :

• Electrocardiogram (EKG), untuk memeriksa aliran listrik jantung dan memantau jika terdapat gangguan pada irama jantung.
  • Echo jantung, untuk menemukan letak kerusakan otot jantung dan area jantung yang tidak mendapat aliran darah yang cukup.
  • EKG treadmill (stres test). Tujuan pemeriksaan ini sama dengan EKG, tetapi dilakukan saat pasien sedang beraktivitas.
  • Rontgen dada, untuk memeriksa apakah terjadi pembesaran jantung.
  • Kateterisasi jantung, untuk melihat penyempitan pada pembuluh darah jantung dengan bantuan alat kateter, zat pewarna khusus (kontras), dan foto Rontgen.
  • Pemindaian jantung, seperti CT scan jantung dan nuklir jantung, untuk menunjukkan bagian pembuluh jantung yang tersumbat dan bagian jantung yang tidak mendapatkan aliran darah.
  • Tes darah, untuk mendeteksi keberadaan enzim jantung, yang kadarnya di dalam darah dapat meningkat saat jantung tidak mendapatkan suplai darah yang cukup.

Pengobatan Angina Pectoris

Terdapat dua pengobatan utama untuk Angina Pektoris, yaitu:

• Menghindari paparan asap rokok (berhenti merokok dan menjauhi orang yang merokok)
  • Mengendalikan penyakit-penyakit yang mencetuskan Angina Pektoris pada si penderita, seperti hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, dan obesitas
  • Mengenai kolesterol, pasien yang memiliki Angina Pektoris dianjurkan untuk menjaga kadar kolesterol low density lipoprotein (LDL) kurang dari 70 mg/dl. Hal itu bisa dicapai dengan berolahraga 4–5 kali per minggu dengan lama minimal 30 menit tiap kali olahraga, mengatur pola makan dengan memperbanyak sayuran dan buah, serta mengonsumsi obat penurun kolesterol sesuai petunjuk dokter bila diperlukan.

Biasanya, pasien yang mengalami angina pectoris akan diberikan obat-obatan untuk mengurangi keluhan. Di bawah ini adalah rincian dari berbagai cara pengobatan angina pectoris:

Obat-obatan

Beberapa jenis obat yang dapat diberikan oleh dokter untuk meredakan gejala angina adalah:

• Obat pengencer darah, seperti aspirin, clopidogrel, atau ticagrelor.
  • Obat pelebar pembuluh darah, seperti nitrogliserin, untuk melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah, sehingga aliran darah ke jantung lebih baik.
  • Obat penghambat beta, untuk memperlambat denyut jantung dan merelaksasi pembuluh darah, sehingga mengurangi beban kerja jantung.
  • Obat untuk mengontrol penyakit diabetes, kolesterol, dan hipertensi yang merupakan faktor risiko dari penyakit jantung koroner penyebab angina.

Prosedur medis khusus

Apabila angina pectoris tidak mereda setelah pemberian obat-obatan, dokter mungkin akan menganjurkan prosedur medis khusus untuk menanganinya, antara lain:

• Pemasangan ring jantung, untuk melebarkan arteri yang mengalami penyempitan dengan meletakkan kawat khusus (ring) yang berbentuk seperti tabung di pembuluh darah arteri jantung.
  • Operasi bypass jantung, yaitu dengan mengambil pembuluh darah dari bagian tubuh lain untuk membuat saluran aliran darah baru sebagai pengganti saluran aliran darah yang menyempit.

Selain pengobatan untuk angina pectoris, penderita perlu menjalani pengobatan untuk berbagai faktor risiko penyakit jantung koroner penyebab angina, seperti hipertensi dan diabetes. Penderita juga perlu melakukan perubahan gaya hidup untuk mencegah keluhan ini muncul kembali.

Perubahan gaya hidup yang perlu dilakukan meliputi berolahraga secara teratur, menerapkan pola makan yang baik, menghentikan kebiasaan merokok, dan beristirahat yang cukup.

Komplikasi Angina Pectoris

Angina pectoris sering disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Bila pembuluh darah koroner semakin sempit dan tersumbat total, maka akan muncul serangan jantung yang bisa mengancam nyawa. Oleh karena itu, Angina Pektoris perlu diperiksakan sejak masih berupa gejala awal, atau sejak nyeri masih ringan dan bisa mereda sendiri dengan istirahat.

Pencegahan Angina Pectoris

Angina pectoris yang biasanya disebabkan oleh penyakit jantung koroner ini dapat dicegah. Caranya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Pola dan gaya hidup sehat yang harus diterapkan antara lain:

• Berhenti merokok dan batasi konsumsi minuman beralkohol.
  • Olahraga secara teratur, dan jaga berat badan ideal.
  • Perbaiki pola makan, dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan garam, buah-buahan, sayur-sayuran, dan gandum utuh. Hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, seperti sosis dan daging berlemak, mentega, keju, dan makanan cepat saji.
  • Mengelola stres dengan cara yang positif, bisa dengan yoga, meditasi, atau melakukan hobi yang menyenangkan.
  • Rutin periksa ke dokter, jika memiliki penyakit darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia), atau kencing manis (diabetes).

Sumber : https://www.alodokter.com/angina-pektoris