Fakta Drama Korea Juga Membawa Dampak Baik Bagi Kesehatan

Fakta Drama Korea Juga Membawa Dampak Baik Bagi Kesehatan

Fakta Drama Korea Juga Membawa Dampak Baik Bagi Kesehatan – Drama Korea atau K-drama mengacu pada drama televisi di Korea, dalam sebuah format miniseri, yang diproduksi dalam bahasa Korea. Banyak dari drama ini telah menjadi populer di seluruh Asia dan telah memberi kontribusi pada fenomena umum dari gelombang Korea, dikenal sebagai “Hallyu”.

Dan juga “Demam Drama” di beberapa negara seperti di negara-negara Amerika Latin, Timur Tengah, dan Asia termasuk  Indonesia. Beberapa drama terkenal telah disiarkan melalui saluran televisi mancanegara; sebagai contoh, Dae Jang Geum (2003) telah dijual ke lebih dari 91 negara. Menonton drama Korea (drakor) mungkin saat ini sudah menjadi rutinitas yang hampir di lakukan oleh sebagian besar orang.

Beragam pilihan serial yang bisa dipilih memang seakan menjadi hal menarik untuk dapat ditonton. Meski banyak Poker Online IDN digembar-gemborkan sebagai kegiatan yang banyak mengundang hal negatif, faktanya tak demikian. Justru menonton drama Korea bisa membawa dampak positif berikut ini bagi kesehatan fisik dan mental.

1. Menekan kecemasan
5 Dampak Positif Menonton Drama Korea pada Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat pertama yang bisa kamu peroleh adalah kemampuan untuk dapat menekan kecemasan. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat khususnya bagi kamu yang memiliki kecemasan berlebih terhadap sesuatu. Drama Korea dapat dijadikan sebagai hiburan yang mampu menekan kecemasan sehingga akan membantu memberikan efek relaksasi yang baik terhadap tubuh.

2. Memproduksi hormon dopamin dan endorfin
5 Dampak Positif Menonton Drama Korea pada Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu petik dari kebiasaan dalam menonton drama Korea adalah kemampuan untuk dapat meminimalisir rasa stres yang dirasakan. Alasannya adalah karena aktivitas ini dapat secara mudah membantu tubuh dalam memproduksi hormon endorfin dan dopamin. Kedua hormon ini memiliki fungsi yang sama untuk memberikan rasa bahagia dan membuat perasaan jadi lebih baik lagi.

3. Memberikan rasa percaya diri
5 Dampak Positif Menonton Drama Korea pada Kesehatan Fisik dan Mental

Drama Korea tak hanya sebatas tentang hiburan semata, sebab hal tersebut juga mampu memberikan rasa kepercayaan diri terhadap penontonnya. Tentunya kamu juga perlu ekstra selektif dalam menentukan jenis drama yang dapat kamu nikmati. Dengan begitu, maka kamu dapat mengambil banyak tips positif untuk meningkatkan rasa percaya diri.

4. Terapi psikologis
5 Dampak Positif Menonton Drama Korea pada Kesehatan Fisik dan Mental

Meski banyak dilihat sebelah mata, faktanya menonton drama Korea menyimpan banyak manfaat sebagai salah satu cara untuk menterapi psikologis. Cara ini cukup ampuh dalam mengurangi fobia, depresi, trauma, dan masih banyak lagi. Masalah yang kamu rasakan bisa disesuaikan dengan drama Korea yang sesuai tipe atau genrenya.

5. Lebih melek terhadap kesehatan mental
5 Dampak Positif Menonton Drama Korea pada Kesehatan Fisik dan Mental

Banyak yang tak tahu bahwa drama Korea tak hanya sebatas tentang percintaan semata. Faktanya, kamu bisa memilih jenis drama Korea yang memiliki informasi menarik tentang kesehatan mental. Melalui cara tersebut, maka diharapkan kamu dapat semakin melek terhadap kesehatan mental secara lebih menyeluruh.

Secara umum, ada dua genre utama drama Korea. Genre pertama menyerupai opera sabun barat dengan plot pendek, berakhir cepat, dan tanpa referensi seksual yang jelas, yang biasanya sering ditemukan di drama barat. Drama ini biasanya melibatkan konflik terkait hubungan percintaan, hubungan bisnis, hubungan keluarga, maupun hubungan antara mertua (biasanya antara ibu dan anak/menantu perempuan).

Selain itu, mereka sering terlibat cinta segitiga yang rumit di mana pemeran utama biasanya dicintai oleh dua pihak lawan jenis, yang salah satunya adalah pemeran utama. Drama ini berlangsung dari 10 episode sampai lebih dari 100 episode (biasanya tidak lebih dari 200 episode).