Efek Samping Kolagen untuk Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui

Efek Samping Kolagen untuk Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui

Efek Samping Kolagen untuk Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui – Kolagen adalah salah satu  protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang diproduksi tubuh guna mengencangkan kulit. Maka tidak heran jika kolagen dikenal fungsinya untuk membuat kulit tampak awet muda.

Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan. Kata “kolagen” sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya (bersifat lekat atau menghasilkan pelekat/melekat). Tidak hanya diproduksi oleh tubuh manusia saja, kita juga dapat memanfaatkan kolagen yang berasal dari hewan dan tumbuhan.

Kamu mungkin sering melihat produk-produk kecantikan yang tertulis mengandung kolagen di dalamnya. Kolagen memang baik untuk menghaluskan dan memudakan kulit. Namun, jika berlebihan maka akan menimbulkan efek samping. Berikut efek samping kolagen untuk tubuh yang perlu kamu ketahui.

1. Menyebabkan gangguan usus
5 Efek Samping Kolagen untuk Tubuh, Gak Selamanya Baik!

Terdapat beberapa kasus yang diakibatkan mengonsumsi suplemen kolagen berlebihan. Efek sampingnya terasa seperti penyakit maag namun terasa sakit di bagian usus. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan mengonsumsi suplemen kolagen tanpa resep dokter. Terlebih lagi jika sudah berhubungan dengan saluran pencernaan.

2. Mengakibatkan insomnia dan sakit kepala
5 Efek Samping Kolagen untuk Tubuh, Gak Selamanya Baik!

Sebagian orang yang sensitif terhadap glutamic acid yang terkandung dalam kolagen tentu dapat merasakan efek samping secara langsung. Biasanya dampak yang ditimbulan yaitu seperti pusing dan dibarengi dengan insomnia saat malam. Sehingga tidak selamanya orang akan merasakan manfaat kolagen, malahan sebaliknya.

3. Menyebabkan hiperkalsemia
5 Efek Samping Kolagen untuk Tubuh, Gak Selamanya Baik!

Kolagen dapat meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh manusia. Jika kadar kalsiummu sudah tinggi, maka mengonsumsi kolagen berlebihan bisa membuatmu mengalami hiperkalsemia, atau kelebihan kadar kalsium darah. Efek sampingnya yaitu kamu mudah lelah, sering mual, merasa kesakitan di area tulang.

Jika kamu sudah merasakan gejala di atas, sebaiknya kamu berhenti mengonsumsi suplemen kolagen dan menggantinya dengan yang lain. Karena kolagen tidak aman buatmu.

4. Menyebabkan batu ginjal
5 Efek Samping Kolagen untuk Tubuh, Gak Selamanya Baik!

Jika kamu memiliki riwayat batu ginjal, maka ada baiknya kamu tidak mengonsumsi kolagen banyak-banyak. Hydroxyproline merupakan jenis asam amino yang terkandung dalam kolagen. Saat dikonsumsi, dapat melewati ginjal dan menjadi urin. Hal ini dapat menyebabkan batu ginjal jika dikonsumsi berlebihan.

Pastikan kamu banyak mengonsumsi air putih saat meminum suplemen kolagen.

5. Dapat menyebabkan alergi
5 Efek Samping Kolagen untuk Tubuh, Gak Selamanya Baik!

Hampir semua produk kecantikan dapat menimbulkan alergi, begitu juga yang mengandung kolagen. Dalam beberapa kasus ada banyak orang yang alergi dengan kolagen. Sehingga menimbulkan reaksi seperti kulit terasa gatal dan kaku pada bagian yang terkena kolagen. Ada pula yang sampai bersin-bersin dan muntah.

Jika merasakan gejala di atas yang harus kamu lakukan adalah berhenti menggunakan serta mengonsumsi produk yang mengandung kolagen. Karena akan sangat berbahaya jika diteruskan. Bahkan dapat menyebabkan kematian.

Itulah lima efek samping kolagen yang gak banyak orang tahu. Meski banyak manfaat kolagen untuk kulit, kamu juga harus tahu jika kolagen dapat berbahaya jika digunakan secara asal-asalan.