Deretan Santapan Habanero Salsa yang Memiliki Rasa Maknyus

Deretan Santapan Habanero Salsa yang Memiliki Rasa Maknyus

Deretan Santapan Habanero Salsa yang Memiliki Rasa Maknyus – Cabai gendol atau cabai gendot adalah salah satu spesies cabai dari Capsicum. Cabai ini berasal dari semenanjung Yucatan. Cabai ini sangat pedas bahkan melebihi pedas cabai rawit. Tingkat kepedasan cabai habareno mencapai 100.000-350.000 skala Scoville.

Siapa di antara kamu yang mengaku sebagai penikmat aneka makanan pedas? Kalau begitu, maka santapan berupa habanero salsa wajib masuk daftar hidangan pendamping yang cocok untuk dihidangkan sehari-hari. Habanero  sendiri merupakan jenis cabai berukuran agak besar dan hampir bulat yang memiliki karakteristik warna cenderung oranye.

Selain itu, rasanya pun terkenal cukup pedas dibandingkan cabai lainnya. Untuk memaksimalkan olahan yang kamu ingin konsumsi, yuk simak dulu lima referensi habanero salsa yang ada di bawah ini.

1. Habanero salsa
5 Santapan dengan Habanero Salsa, Rasa Segar dan Pedasnya Juara!

Untuk bisa membuat habanero salsa yang enak, terdapat beberapa bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Mulai dari irisan tomat, cabai habanero, bawang bombai, bawang putih, cuka, air lemon, dan perasa.

Komponen tersebut bisa dicampurkan bersama-sama. Kemudian dihancurkan menggunakan blender maupun food processor untuk menghasilkan tekstur yang lebih halus dan pas ketika dikonsumsi dengan aneka makanan.

2. Taco with habanero salsa
5 Santapan dengan Habanero Salsa, Rasa Segar dan Pedasnya Juara!

Ketika menyantap taco, menghadirkan salsa merupakan salah satu upaya untuk memaksimalkan rasa masakan agar tidak cuma mengandung sensasi gurih dan manis, melainkan ada rasa segar dan pedas.

Isian yang bisa digunakan adalah beragam macam daging favorit kamu. Kemudian sempurnakan memakai tambahan irisan buah alpukat, selada segar, dan habanero salsa di dalam bungkus tortila.

3. Chips with mango habanero salsa
5 Santapan dengan Habanero Salsa, Rasa Segar dan Pedasnya Juara!

Habanero salsa menjadi salah satu bahan yang masih bisa dikreasikan untuk dijadikan pendamping. Misalnya, kamu bisa menambahkan irisan buah mangga untuk menciptakan sensasi rasa yang lebih segar.

Mango habanero salsa ini dapat disajikan dengan keripik tortila yang terkenal umami. Sehingga camilan pun akan terasa lebih berwarna, dengan kombinasi rasa yang terkandung di dalam dua bahan tersebut.

4. Grilled peach with habanero salsa
5 Santapan dengan Habanero Salsa, Rasa Segar dan Pedasnya Juara!

Peach menjadi buah favorit yang bisa dikolaborasikan bersama aneka hidangan berlainan rasa. Namun, tetap mampu menghasilkan perpaduan yang sempurna untuk dicicipi sebagai camilan sehari-hari.

Peach dapat diiris dan dipanggang sampai permukaannya terdapat corak kecokelatan. Setelah masak, maka buah tersebut pun bisa disajikan dalam kondisi hangat bersama habanero salsa menggugah selera.

5. Chicken habanero salsa
5 Santapan dengan Habanero Salsa, Rasa Segar dan Pedasnya Juara!

Kreasi makanan yang dapat disantap dengan habanero berikutnya bukan lain adalah daging ayam. Sebagai hidangan lembut disertai sensasi gurih dan menggugah selera, gak heran kalau makanan ini bisa berpadu dengan serasi. Daging yang dipilih pada olahan ini baiknya adalah bagian dada. Masak dengan cara dipanggang, kemudian santap menggunakan habanero salsa untuk menciptakan hidangan yang berbeda.

Habanero salsa mampu menggantikan pendamping favorit kamu dengan sensasi rasa yang tidak kalah pedas. Gimana, setelah melihat ragam olahan di atas, apakah kamu tertarik mencicipi salah satunya. Di Indonesia, cabai jenis ini di Jawa Barat dinamakan cabai gendot atau cabai bendot, sedangkan di Jawa Tengah dinamakan cabai gendol. Dinamakan cabai gendol karena bentuk cabai ini yang bengkak atau mengembung.

Untuk penanaman di Pulau Jawa sendiri persebaran cabai ini sebatas perkebunan di sekitar Bandung dan di sekitar Dieng, Jawa Tengah dan Bromo, Jawa Timur. Penghasil cabai gendol yang terbesar di dunia adalah Meksiko, yang tumbuh di Yucatan, Campeche, dan Quintana Roo, meskipun ada perkebunan komersial di Belize, Kosta Rika, Texas dan California.