Deretan Makanan yang Berpotensi Buat Kinerja Otak Maksimal

Deretan Makanan yang Berpotensi Buat Kinerja Otak Maksimal

Deretan Makanan yang Berpotensi Buat Kinerja Otak Maksimal – Otak adalah pusat sistem saraf pada vertebrata dan banyak invertebrata lainnya. Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf  atau neuron. Otak merupakan organ terpenting dalam tubuh. Kerja tubuh ditentukan oleh otak.

Otak mengatur dan mengkoordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh  homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Karenanya, nutrisi dari makanan sehat harus mengalir pula ke dalamnya.

Untuk menjaga kesehatan otakmu tetap optimal, yuk, kita lihat deretan makanan yang berpotensi bikin kinerja otak maksimal seperti yang dikutip dari buku “Cantik, Langsing Berkat Super Food” dari majalah Fit! Ada makanan favoritmu gak ya?

1. Telur
5 Makanan yang Berpotensi Meningkatkan Kinerja Otak, Gak Mahal!

Telur mengandung choline dalam jumlah tinggi, yang mana diperlukan untuk pertumbuhan otak serta peningkatan daya ingat. Choline merupakan nutrisi esensial yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Artinya, kamu harus mendapatkannya dari makanan.

Choline atau kolina merupakan bahan kimia organik yang penting untuk makanan. Bahan kimia ini digunakan sebagai vitamin B. Selain choline, masih ada nutrisi lain yang terkandung dalam telur. Sebut saja protein, mineral, dan vitamin yang semuanya diperlukan demi perbaikan fungsi otak.

2. Gula/glukosa
5 Makanan yang Berpotensi Meningkatkan Kinerja Otak, Gak Mahal!

Glukosa dibutuhkan otak sebagai “bahan bakar” utama. Dikutip webmd.com, orang yang diberi minuman manis atau karbohidrat, mengalami peningkatan dalam hal ingatan ketimbang mereka yang diberi minuman plasebo.

Ternyata, peningkatan pemberian glukosa membantu memperbaiki fungsi otak yang berhubungan dengan daya ingat. Pendapat ini pun dibenarkan oleh Paul E. Gold, profesor psikologi dan psikiatri dalam program neuroscience di Universitas Illinois, Amerika Serikat.

Namun, ada faktor lain juga yang bisa memengaruhi daya ingat tadi. Misalnya, tingkat stres. Lalu, kadar glukosa yang dibutuhkan setiap orang juga bersifat personal. Jadi, jumlah konsumsinya pun harus disesuaikan.

3. Sayuran berdaun hijau
5 Makanan yang Berpotensi Meningkatkan Kinerja Otak, Gak Mahal!

Sayuran dengan daun hijau mengandung asam folat. Kandungan ini membantu meningkatkan kinerja otak dengan cara memecah homocysteines. Ini merupakan zat yang jadi faktor penyebab penurunan fungsi kognitif, seperti kecerdasan dan daya ingat.

Asam folat banyak ditemukan pada sayuran seperti kale dan bayam. Jadi, untuk otak yang tetap bekerja tajam, konsumsi dua jenis sayuran tadi, ya!

4. Ikan
5 Makanan yang Berpotensi Meningkatkan Kinerja Otak, Gak Mahal!

60 persen bagian dari otak adalah lemak. Kelebihan lemak trans berpotensi menyumbat pembuluh darah ke otak. Jadi, beralihlah ke asam lemak omega-3.

Kandungan docosahexaenoic acid atau DHA-nya mampu membuat sel dalam sistem syaraf sentral tetap licin dan memastikannya bekerja dengan lancar. Inilah yang bisa menghindarkanmu dari kepikunan.

Asam lemak omega-3 juga terbukti mampu mengurangi peradangan dalam otak. Sumber terbaiknya ada di ikan. Tapi kalau kamu gak suka ikan, suplemen asam lemak omega-3 juga boleh dicoba.

5. Buah berries
5 Makanan yang Berpotensi Meningkatkan Kinerja Otak, Gak Mahal!

Buah seperti stroberi dan blueberries dapat membantu menyuplai otak dengan antioksidan yang dapat melindunginya terhadap serangan radikal bebas. Berries juga dapat membantu otak untuk memperbaiki daya ingat jangka pendek.

Selain itu, berries juga jadi sumber glukosa alami. Jenis gula ini tentu lebih baik ketimbang gula yang sudah melewati berbagai proses pemurnian.

Waw, ternyata deretan makanan tadi tidak sulit didapat. Selain lima makanan tadi, masih ada pula kafein, vitamin E, serta whole grain. Silakan mencoba dan buktikan sendiri!