Deretan Makanan Nutrisi yang Disarankan untuk Kesehatan Mata

Deretan Makanan Nutrisi yang Disarankan untuk Kesehatan Mata

Deretan Makanan Nutrisi yang Disarankan untuk Kesehatan Mata – Mata adalah organ penglihatan. Mata mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi impuls elektrokimia pada sel saraf. Pada organisme yang lebih tinggi, Mata adalah salah satu organ tubuh yang berperan vital. Sebagai salah satu panca indera, kesehatan dan fungsi normal mata harus tetap dipertahankan agar kualitas penglihatan tetap baik dan fokus.

Mata adalah sistem optik kompleks yang mengumpulkan cahaya dari lingkungan sekitarnya, mengatur intensitasnya melalui diafragma, memfokuskan melalui penyesuaikan lensa untuk membentuk sebuah gambar, mengkonversi gambar tersebut menjadi satu himpunan sinyal listrik, Gaya hidup sehat harus diterapkan sehari-hari agar mata tetap terjaga. Olahraga rutin, membaca dengan jarak yang dianjurkan, serta menghindari paparan layar gawai terlalu banyak, perlu dilakukan untuk memertahankan kesehatan mata.

Selain itu, konsumsi jenis makanan tertentu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan menghindarkan mata dari berbagai penyakit berbahaya. Berikut sumber nutrisi yang disarankan untuk kesehatan mata. Yuk, simak!

1. Wortel
7 Makanan yang Ampuh Menjaga Kesehatan Mata Tetap Prima

Sebagian besar orang sudah mengetahui bahwa wortel merupakan sayuran yang berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Pernyataan ini tidak perlu diragukan lagi karena sudah banyak bukti ilmiah pendukungnya.

Healthline melansir, wortel mengandung vitamin A dan beta carotene yang berfungi menjaga bagian permukaan mata dan mencegah terjadinya infeksi atau kondisi mata serius lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi wortel dalam jumlah cukup agar kesehatan mata tetap terjaga.

2. Sayuran hijau
7 Makanan yang Ampuh Menjaga Kesehatan Mata Tetap Prima

American Academy of Ophthalmology melansir, sayuran hijau mengandung zat lutein dan zeaxanthin, yaitu antioksidan yang berperan menjaga fungsi macula tetap normal. Macula sendiri merupakan bagian dari retina mata yang bertanggung jawab untuk memberikan penglihatan yang paling jelas.

Jenis sayuran hijau yang disarankan untuk menjaga kesehatan mata adalah bayam, kale, brokoli, romaine lettuce, dan kacang polong. Jadi, pastikan tidak melewatkan sayuran tersebut untuk konsumsi harian, ya!

3. Ubi jalar
7 Makanan yang Ampuh Menjaga Kesehatan Mata Tetap Prima

Ubi jalar atau dikenal juga dengan sweet potato adalah salah satu sumber nutrisi untuk menjaga fungsi normal mata. Healthline melansir, ubi jalar kaya akan beta carotene dan anthocyanin yang merupakan antioksidan untuk mencegah hilangnya kemampuan penglihatan dan meningkatkan kesehatan mata.

American Academy of Ophthalmology bahkan melaporkan bahwa ubi jalar mengandung 200 persen dari total kebutuhan vitamin A harian yang direkomendasikan oleh dokter. Jadi, jangan ragu mengonsumsi ubi jalar untuk mata yang lebih sehat!

4. Citrus
7 Makanan yang Ampuh Menjaga Kesehatan Mata Tetap Prima

Selain vitamin A, vitamin C juga dibutuhkan untuk menjaga mata tetap sehat. Dilansir American Academy of Ophthalmology, vitamin C mengandung banyak antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi, kebiasaan yang tidak sehat, serta faktor lingkungan.

Sebagaimana yang telah diketahui, buah-buahan citrus seperti lemon, jeruk, grapefruit, dan tangerine memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Mengonsumsi buah-buahan tersebut dapat membuat mata tetap segar dan terhindar dari kerusakan.

5. Telur
7 Makanan yang Ampuh Menjaga Kesehatan Mata Tetap Prima

Telur, bahan makanan yang dapat dijumpai sehari-hari ini juga sangat baik untuk menjaga fungsi mata tetap prima. Dilansir Healthline, kuning telur mengandung vitamin A, luteinzeaxanthin, dan zinc yang penting untuk kesehatan mata.

Salah satu cara mengolah telur yang disarankan adalah dengan direbus untuk dimakan langsung, dibuat salad, atau untuk sandwich. Praktis, mudah, dan sehat untuk mata!

6. Ikan
7 Makanan yang Ampuh Menjaga Kesehatan Mata Tetap Prima

Merle, dkk., dalam risetnya yang dipublikasikan oleh jurnal ResearchGate tahun 2014 menyatakan bahwa mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat mencegah terjadinya Age-related Macular Degeneration (AMD) atau penglihatan kabur akibat faktor usia.

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 biasanya merupakan ikan-ikan yang berasal dari perairan dingin, seperti salmon, trout, tuna, dan sardine. Memasukkan jenis ikan tersebut ke dalam menu sehari-hari dapat menjaga kesehatan mata hingga masa senja.

7. Susu dan yogurt
7 Makanan yang Ampuh Menjaga Kesehatan Mata Tetap Prima

Susu dan yogurt merupakan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh, termasuk menjaga kualitas organ mata. Healthline melansir, susu dan yogurt mengandung vitamin A dan zinc. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan kornea, sedangkan zinc berperan untuk mentransportasikan vitamin A dari organ hati ke organ mata.

Zinc yang jumlahnya cukup di dalam mata akan mencegah terjadinya katarak. Jadi, mengonsumsi susu atau yogurt secara reguler dapat memberikan banyak manfaat untuk mata dan tubuh secara umum.