Deretan Makanan Lezat yang Justru Dapat Menyebabkan Diabetes

Deretan Makanan Lezat yang Justru Dapat Menyebabkan Diabetes

Deretan Makanan Lezat yang Justru Dapat Menyebabkan Diabetes – Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh.

Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. Tidak semua makanan yang terlihat lezat baik bagi kesehatan tubuh. Ada makanan tertentu yang tidak terlalu baik atau buruk untuk dikonsumsi. Efeknya beragam, salah satunya bisa membuat gula darah naik. Bila kadar gula darah tinggi, maka kamu bisa berisiko mengembangkan diabetes.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui makanan apa saja yang dapat menyebabkan gula darah naik. Agar terhindar dari diabetes dan masalah kesehatan lainnya, berikut ini lima jenis makanan, yang walaupun lezat, tetapi sebaiknya kamu batasi atau hindari konsumsinya.

1. Oatmeal instan
5 Makanan Lezat Ini Ternyata Bikin Gula Darah Naik, Wajib Batasi!

Banyak orang mengonsumsi oatmeal sebagai pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat atau ingin beralih ke pola makan yang lebih sehat. Namun, tahukah kamu kalau oatmeal instan yang banyak dijual di pasaran ternyata bisa menyebabkan gula darah naik.

Ini berdasarkan laporan dalam jurnal Nutrients. Ini karena oatmeal instan mengandung banyak gula, apalagi produk yang sudah ditambahkan perasa. Ada baiknya kamu mengecek dulu komposisi oatmeal instan yang akan kamu beli atau dikonsumsi.

Apakah mengandung banyak gula atau tidak? Kemudian, sebaiknya jangan menambahkan gula. Lebih baik gunakan buah-buahan untuk mendapatkan rasa manis alami sekaligus tambahan nutrisi.

2. Piza
5 Makanan Lezat Ini Ternyata Bikin Gula Darah Naik, Wajib Batasi!

Siapa sangka jika makanan khas Italia ini dapat membuat gula dara naik. Piza memang lezat dan mengenyangkan. Namun, makanan ini tinggi akan karbohidrat. Jumlah karbohidrat dari satu irisan piza setara dengan 3-4 iris roti. Saus tomat yang sering ditambahkan juga mengandung gula. Inilah yang membuat piza sebaiknya dibatasi atau dihindari konsumsinya.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh NTNU’s Cardiac Exercise Research Group, piza lebih berdampak buruk pada orang-orang dengan diabetes daripada orang yang sehat. Ini karena makanan cepat saji, termasuk piza, bisa menyebabkan detak jantung orang-orang dengan diabetes lebih cepat dan bisa berujung pada bertambahnya gula darah.

3. Buah kalengan
5 Makanan Lezat Ini Ternyata Bikin Gula Darah Naik, Wajib Batasi!

Buah kalengan memang praktis dan awet untuk disimpan dalam jangka waktu lama. Namun, nyatanya buah kalengan tidak terlalu baik untuk kesehatanmu. Buah kalengan mengandung gula berlebih. Rasa manis yang kamu rasakan dari buah kalengan tidak cuma berasal dari buahnya, tetapi juga tambahan pemanis.

American Diabetes Association (ADA) menyebutkan bahwa dua sendok buah kaleng mengandung 15 gram karbohidrat. ADA juga menganjurkan untuk mengonsumsi buah segar daripada buah kalengan. Tidak hanya buah kalengan, sebaiknya kamu juga mengurangi konsumsi manisan buah.

4. Kopi
5 Makanan Lezat Ini Ternyata Bikin Gula Darah Naik, Wajib Batasi!

Kopi mengandung kafein yang punya sifat stimulan. Tidak heran jika kopi menjadi salah satu minuman populer di dunia karena kemampuannya untuk bikin melek.

Sebetulnya, berdasarkan penelitian dari jurnal Diabetologia, kafein dalam kopi berguna untuk mengurangi gula darah. Namun, yang membuat kopi dapat membuat gula darah naik adalah kandungan gulanya. Kopi instan atau kopi kekinian yang sering kali ditambahkan gula sebaiknya dikurangi. Apalagi sampai ditambah bahan pelengkap lainnya, seperti creamer atau whipped cream yang kadar gulanya tak kalah tinggi.

5. Kental manis
5 Makanan Lezat Ini Ternyata Bikin Gula Darah Naik, Wajib Batasi!

Perlu diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menegaskan kalau kental manis, dulunya disebut sebagai susu kental manis), merupakan produk yang mengandung susu yang digunakan sebagai pelengkap sajian, bukan produk susu sebagai asupan pemenuhan gizi, terutama kepada bayi, dan tidak untuk menggantikan ASI.

Kental manis mengandung gula yang tinggi dan kamu bisa dengan mudah mengetahuinya lewat rasanya. Berdasarkan studi dalam Journal of Diabetes Research, kental manis membuat insulin naik tetapi sensitivitas tubuh terhadap insulin menjadi rendah. Kental manis juga berdampak buruk bagi kesehatan jantung bila konsumsinya berlebihan.

Tidak disangka, banyak makanan termasuk minuman lezat yang bisa menyebabkan gula darah naik, yang tentunya ini bisa berbahaya bagi orang-orang dengan diabetes. Maka dari itu, batasi atau hindari konsumsinya, ya. Terapkan pola makan sehat bergizi seimbang, rutin olahraga, tidur cukup, dan kelola stres dengan baik demi kesehatan tubuh yang optimal.

Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Secara umum, diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Hal ini mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah, sehingga terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh.

Diabetes tipe 1 dikenal juga dengan diabetes autoimun. Pemicu timbulnya keadaan autoimun ini masih belum diketahui dengan pasti. Dugaan paling kuat adalah disebabkan oleh faktor genetik dari penderita yang dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan.