Deretan Kuliner Ekstrem Prancis yang Jadi Favorite Wisatawan

Deretan Kuliner Ekstrem Prancis yang Jadi Favorite Wisatawan

Deretan Kuliner Ekstrem Prancis yang Jadi Favorite Wisatawan – EMBUN  beku di awal musim semi yang tidak biasa yang telah merusak sejumlah tanaman, terutama yang merambat, di Prancis. Pemerintah setempat mengumumkan kondisi ini sebagai bencana pertanian.

Prancis menjadi salah satu negara yang populer di dunia. Segala sesuatu dari negara itu kerap jadi viral, termasuk untuk urusan makanannya. Prancis sendiri dikenal sebagai negara yang menjunjung tinggi etika saat makan.

Makan di restoran pun kamu enggak bisa seenaknya, bisa-bisa malah ditendang keluar sama pelayannya. Tapi di balik kebiasaan makan mereka yang anggun, negara satu ini juga memiliki banyak kuliner yang super aneh dan tidak biasa.

1. Escargots de Bourgogne
7 Kuliner Ekstrem Asal Prancis yang Wajib Kamu Coba, Berani?

Kamu pernah makan siput? Jawabannya mungkin belum. Namun kalau kamu liburan ke Prancis, kamu bisa mencicipi hidangan dengan bahan utama siput yang dikenal dengan nama escargots de bourgogne. Tentu saja siput yang digunakan bukan siput liar berukuran besar yang sering kita lihat di mana-mana.

Siput yang digunakan untuk olahanan escargots de bourgogne adalah siput kecil spesies tertentu yang berasal dari Burgundy dan hanya diberi makan tanaman herbal.

Meski cuma siput, escargots de bourgogne dibandrol harga yang cukup mahal. Selain karena siput yang digunakan sangat khusus, proses mengolahnya juga memakan waktu cukup lama.

2. Pieds de porc
7 Kuliner Ekstrem Asal Prancis yang Wajib Kamu Coba, Berani?

Normalnya orang hanya mengambil bagian daging babi untuk diolah, tapi di Prancis mereka juga mengolah kaki babi menjadi pieds de porc. Pieds de porc sendiri adalah hidangan tradisional Prancis dan sudah ada sejak negara ini masih berbentuk kerajaan.

Untuk mendapatkan seporsi pieds de porc, kaki babi dimasak dalam waktu lama hingga bagian dagingnya lembut. Uniknya para koki di Prancis tidak hanya menyajikan bagian daging di kaki babi tersebut, tetapi menyajikannya lengkap dengan tulangnya.

3. Cuisses de grenouilles
7 Kuliner Ekstrem Asal Prancis yang Wajib Kamu Coba, Berani?

Selain kaki babi, kamu juga bisa menemukan hidangan berbahan dasar kaki katak di restoran yang ada di Prancis. Hidangan kaki katak ini dikenal dengan nama cuisses de grenouilles.

Pertama, kaki katak akan diberi bumbu dan dilapisi tepung roti sebelum akhirnya digoreng hingga matang sempurna.

Cuisses de grenouilles ini kemudian disajikan dengan saus tomat, mentega, peterseli, dan bawang putih. Konon rasa cuisses de grenouilles ini tidak jauh beda dengan rasa sayap ayam goreng, lho!

4. Steak tartare
7 Kuliner Ekstrem Asal Prancis yang Wajib Kamu Coba, Berani?

Normalnya steak adalah potongan daging yang dipanggang, tapi di Prancis ada satu jenis steak yang disajikan mentah, namanya steak tartare. Beda dengan steak biasa, steak tartare adalah daging tenderloin segar yang dipotong kecil-kecil.

Daging kemudian diberi berbagai tambahan bumbu seperti saus Worcestershire, bawang cincang, mustard, garam, merica, saus pedas, telur mentah, dan bumbu lainnya.

Biasanya hidangan ini dapat ditemukan di brasserie, tetapi orang Prancis juga kadang membuat hidangan ini sendiri di rumah.

5. Tête de veau
7 Kuliner Ekstrem Asal Prancis yang Wajib Kamu Coba, Berani?

Kalau steak mentah atau kaki katak goreng kurang ekstrim, kamu bisa mencicipi tête de veau alias kepala anak sapi.

Untuk membuat seporsi tête de veau, kepala anak sapi akan dipotong jadi beberapa bagian, lalu otak dan lidahnya akan dikeluarkan dan diolah di wadah lain.

Setelah otak dan lidah sapi dikeluarkan, kulit dan dagingnya akan direbus hingga benar-benar lembut. Setelah matang, otak, lidah, kulit, dan daging disajikan di satu piring bersama dengan sayuran berupa kentang, dan wortel, plus siraman saus ravigote.

6. Andouillette
7 Kuliner Ekstrem Asal Prancis yang Wajib Kamu Coba, Berani?

Sekilas, andouillette tampak seperti sosis biasa. Kenyataannya, hidangan ini memang sosis biasa, yang terbuat dari bahan-bahan yang tidak biasa.

Andouillette adalah sosis yang terbuat dari daging dan usus babi. Selain bahannya yang tidak lazim, bau andouillette juga sangat menyengat.

Saking baunya, jika kamu memesan hidangan ini, maka semua orang Prancis di resto tersebut akan mengetahuinya.

Ada banyak tempat yang menyajikan andouillette di Prancis. Tetapi akan lebih baik jika kamu memesannya di restoran ternama karena kualitas bahan yang mereka gunakan jauh lebih baik dari restoran biasa.

7. Foie grass
7 Kuliner Ekstrem Asal Prancis yang Wajib Kamu Coba, Berani?

Di antara semuanya, foie grass atau hati angsa adalah kuliner yang paling ‘normal’ sekaligus paling kontroversial. Di Prancis, hidangan ini dianggap sebagai hidangan mewah dan biasanya disajikan saat Natal. Sayangnya foie grass didapatkan dengan cara menyiksa hewan.

Untuk mendapatkan seporsi foie grass berkualitas baik, angsa atau bebek yang diternakkan akan diberi makan biji-bijian dalam jumlah sangat banyak, terlalu banyak hingga membuat para hewan malang ini menderita. Setelah ukurannya cukup besar, para peternak kemudian menyembelih angsa dan bebek ini untuk diambil bagian hatinya.

Mengingat bahan yang digunakan enggak lazim, makanya gak heran kalau banyak turis takut untuk mencicipi kuliner ini. Meski begitu, bagi orang Prancis, tujuh kuliner ekstrem ini sebenarnya sangat biasa. Beberapa di antaranya bahkan merupakan makanan tradisional berusia ratusan tahun!

Salah satu upaya yang bisa ditempuh untuk mengatasi ini, kata dia, adalah dengan memberlakukan keringanan pajak serta bantuan dari bank dan asuransi. Selain itu, Denormande juga mengatakan perlunya peringatan bahwa cuaca yang lebih dingin mungkin akan terjadi di masa datang. Menurut sang menteri situasinya cukup luar biasa.

Sejumlah kebun anggur terkena dampak, begitu juga tanaman lain seperti bit dan lobak di daerah yang membentang di utara negara itu hingga tenggara. Dalam upaya untuk menangkal embun beku, pembuat anggur Prancis telah membuat api dengan lilin yang menyebabkan lapisan kabut asap di bagian tenggara negara itu.

Praktik menyalakan api atau lilin di dekat tanaman merambat atau pohon buah-buahan untuk mencegah pembentukan embun beku adalah teknik lama yang digunakan di awal musim semi ketika tunas hijau pertama rentan terhadap dingin.