Deretan Kreasi Arepa yang Dikombinasikan Agar Mengenyangkan

Deretan Kreasi Arepa yang Dikombinasikan Agar Mengenyangkan

Deretan Kreasi Arepa yang Dikombinasikan Agar MengenyangkanArepa  adalah makanan khas Kolombia dan Venezuela yang terbuat dari adonan  jagung yang digiling. Hidangan yang berasal dari Amerika Selatan utara pada zaman pra-Kolumbus ini juga dapat ditemui di Bolivia.

Makanan berbentuk pipih ini dikenal dengan nama arepa. Mirip seperti roti, namun bahan utama pembuatan hidangan tersebut tidak berasal dari terigu dan ragi, melainkan diolah dari jagung.

Cara mengonsumsi arepa kebanyakan disantap dengan bahan baku pendamping. Setidaknya ada lima kreasi serba arepa yang bisa menjadi inspirasi bila ingin mengonsumsi makanan tersebut.

1. Arepa avocado salad
5 Cara Seru Menyantap Arepa Supaya Lebih Mengenyangkan

Kreasi pertama yang bisa diolah bersama arepa adalah avocado salad. Terbuat dari campuran alpukat, mustard, tahini, serta bumbu penambah rasa membuatnya memerlukan media yang cocok untuk disantap bersama.

Selain roti tawar, kamu pun bisa menggunakan arepa untuk membentuk makanan yang mirip dengan burger. Cukup letakkan satu buah arepa sebagai dasar, letakkan salad di dalamnya, kemudian tutup memakai adonan yang lain.

2. Arepa black beans
5 Cara Seru Menyantap Arepa Supaya Lebih Mengenyangkan

Buat penggemar masakan yang berkenaan dengan Amerika Latin atau Meksiko, keberadaan kacang hitam adalah sesuatu yang harus dipersiapkan. Terutama karena bahan ini mampu mengubah tekstur makanan jadi kian ramai.

Salah satunya dengan dijadikan isian bagi arepa. Sebelumnya, rendam kacang semalaman dan masak bersama bawang-bawangan, paprika, serta bumbu lainnya.

Begitu matang, sisipkan di dalam arepa yang sudah dipotong dua bersama keju.

3. Arepa garlic prawns
5 Cara Seru Menyantap Arepa Supaya Lebih Mengenyangkan

Siapa sih yang tidak mengenal kenikmatan bumbu bawang putih di dalam olahan garlic prawns? Keberadaan bumbu tersebut bisa meningkatkan aroma masakan, sekaligus memberi sentuhan gurih.

Proses pemasakkan garlic prawns pun terbilang sederhana. Kamu hanya oerlu menggunakan lelehan mentega yang dimasak bersama irisan bawang putih. Masukkan udang berukuran medium, lalu sisipkan ke dalam arepa bersama mozarella.

4. Cheese arepas
5 Cara Seru Menyantap Arepa Supaya Lebih Mengenyangkan

Berbeda dengan beberapa olahan yang sudah disebutkan, santapan arepa kali ini cenderung menggunakan isian yang ditambahkan ketika adonan arepa baru dibentuk dan belum matang.

Gunakan bahan yang terdiri dari cornmeal atau masarepa. Aduk secara merata bersama garam, minyak, dan air. Setelah diuleni dengan baik, taruh mozarella di tengah adonan lalu pipihkan sebelum dimasak.

5. Chicken arepas
5 Cara Seru Menyantap Arepa Supaya Lebih Mengenyangkan

Hidangan berikutnya yang paling pas untuk mencicipi arepa dengan nikmat adalah mencampur daging ayam sebagai isian. Bahan tersebut bisa dimasak dengan cara direbus, dipanggang, atau dibakar.

Suwir ayam tersebut dan campurkan bersama mayones dan alpukat. Potong arepa menjadi dua bagian, lalu masukkan ayam ke dalamnya bersama dengan tomat dan keju bila ingin rasanya bertambah ramai.

Wah, rupanya arepa telah menjadi salah satu bahan yang bisa dikreasikan dengan bermacam-macam cara seru. Yuk, coba daftar makanan di atas sebagai camilan atau bekal makan praktis.

Hidangan ini dimakan setiap hari di Kolombia dan Venezuela dan dapat disajikan dengan makanan lain seperti keju, cuajada (keju segar), berbagai jenis daging, ayam, alpukat, atau diablito (selai ham). Arepa juga dapat dipotong untuk membuat semacam roti lapis.

Arepa atau kadang disebut arepas merupakan roti yang jadi makanan pokok di Venezuela dan Kolombia. Terbuat dari tepung jagung giling yang sudah dimasak di dalam air dan dikeringkan. Kini makanan sehat ini mulai populer di negara-negara Eropa, salah satunya Inggris.

Arepa memiliki tekstur yang garing di bagian luar, tapi lembut di bagian dalam. Makanan ini disuka karena dapat diolah menjadi roti burger, dipanggang, digoreng, direbus, juga dikukus. Seperti roti isi dan burito, Arepa juga dapat dikombinasikan dengan isian seperti daging, keju, sayuran, hingga kacang-kacangan.