Deretan Hidangan Lezat Dari Pecorino yang Bikin Nagih Terus

Deretan Hidangan Lezat Dari Pecorino yang Bikin Nagih Terus

Deretan Hidangan Lezat Dari Pecorino yang Bikin Nagih Terus – Pecorino adalah sebutan untuk semua jenis keju bertekstur keras dari susu domba yang berasal dari Italia. Pecorino memiliki banyak jenis yang berasal dari daerah tertentu di Italia dan dibuat dari susu domba jenis tertentu.

Nama Pecorino berasal dari kata pecora yang dalam bahasa Italia berarti domba. Membayangkan pecorino menemani hidangan sehari-hari rasanya akan jadi lebih sempurna. Apalagi kalau kamu termasuk golongan pencinta sajian dengan cita rasa asin keju yang sedap dikunyah.

Pecorino sendiri adalah segala jenis keju yang berbahan dasar susu domba. Sifat keju ini cenderung lebih keras dengan rasa yang tajam pula. Selain itu, pecorino pun cukup populer di Italia. Selayaknya aneka keju lain yang biasa kamu gunakan, pecorino pun mampu menyumbang rasa maksimal buat kelima makanan ini.

1. Pasta pecorino
5 Ide Santapan Gurih dari Pecorino, Keju Lezat yang Bikin Nagih

Ketika hendak mengolah keju, makanan pertama yang senantiasa terlintas di benak adalah pasta. Segala jenis hidangan mulai dari spageti, penne, bahkan rigatoni selalu berhasil ketika dimasak dengan bahan baku dari susu tersebut.

Kali ini, kamu bisa menggunakan campuran antara pecorino bersama dengan heavy cream, peterseli, bumbu perasa, dan mentega untuk menciptakan tekstur kental terhadap sajian pasta favorit di rumah.

2. Pecorino bruschetta
5 Ide Santapan Gurih dari Pecorino, Keju Lezat yang Bikin Nagih

Jika kamu sedang terpikir untuk membuat makanan pembuka yang memiliki perpaduan rasa nikmat, maka bruschetta menjadi salah satu sajian yang tepat untuk menemani waktu berkumpul bersama keluarga.

Biasanya, bahan pembuatan makanan ini lebih banyak menggunakan baguette yang dipanggang dalam wajan. Gunakan irisan pecorino, tomat, dan basil yang telah bercampur zaitun, lada, serta garam untuk dijadikan topping.

3. Galette with pecorino
5 Ide Santapan Gurih dari Pecorino, Keju Lezat yang Bikin Nagih

Hidangan selanjutnya yang sangat pas untuk disantap bersama pecorino  adalah galette. Mirip dengan pai, tapi biasanya bentuk galette cenderung tidak beraturan, terutama ketika membungkus isian yang hendak digunakan.

Sama seperti pai, adonan galette pun bisa diolah sendiri dengan campuran tepung, mentega, bubuk pengembang, pecorino, hingga sour cream. Sedangkan isian dapat dikreasikan bersama tomat supaya lebih maksimal.

4. Chicken pecorino
5 Ide Santapan Gurih dari Pecorino, Keju Lezat yang Bikin Nagih

Menikmati ayam goreng berlapis tepung sudah sangat sering kita jumpai di tanah air. Namun, ternyata ada juga varian ayam krispi yang dimasak dengan campuran keju agar terasa makin umami, lho.

Dalam hal ini, pecorino bisa dicampurkan bersama tepung roti. Sehingga begitu kamu membalurkan ayam di adonan telur, keju tetap bisa menempel dengan baik di antara bread crumbs yang digunakan tersebut.

5. Broccoli pecorino
5 Ide Santapan Gurih dari Pecorino, Keju Lezat yang Bikin Nagih

Ingin ngemil sehat, tapi tetap mengandung rasa lezat? Maka pilihanmu bertambah dengan adanya olahan broccoli pecorino. Makanan ini bisa dimasak dengan cara dipanggang untuk mengurangi jumlah minyak yang digunakan.

Pastikan brokoli telah dibersihkan dan dipotong-potong, taburkan dengan garam, air lemon, serta sedikit olive oil. Setelah dipanggang selama beberapa saat, maka broccoli pun bisa dilengkapi dengan parutan keju pecorino.

Ragam sajian gurih di atas bisa menjadi beberapa inspirasi dalam pembuatan hidangan berbahan pecorino. Sebagai pencinta hidangan serba keju, adakah olahan yang menarik perhatianmu?

Keju ini memiliki bentuk bundar seperti drum. Kulit dari keju ini bervariasi dalam warnanya, tergantung pada lama pematangan keju tersebut. Terkadang keju ini diberi lapisan pelindung dari minyak babi ataupun minyak biasa. Bagian dalam dari keju ini berwarna putih hingga kuning pucat dengan lubang-lubang atau “mata” yang berukuran kecil.

Selama lebih dari dua ribu tahun, keju ini telah diproduksi di daerah pedesaan di Roma. Keju Pecorino yang dibuat di Roma disebut dengan Pecorino Romano. Bangsa Romawi ketika itu sangat menyukai keju ini. Hal ini terlihat dalam perjamuan makan kerajaan, dimana keju Pecorino Romano selalu tersedia.