Deretan Hidangan Khas Italia Dengan Bahan Dasar Daging Sapi

Deretan Hidangan Khas Italia Dengan Bahan Dasar Daging Sapi

Deretan Hidangan Khas Italia Dengan Bahan Dasar Daging Sapi – Daging sapi adalah daging yang diperoleh dari sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan.

Di setiap daerah, penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung dari cara pengolahannya. Banyak orang yang menjadikan daging sapi sebagai makanan favorit. Tak terkecuali penduduk Italia.

Negara ini mempunyai banyak olahan daging sapi dengan kualitas dan rasa yang tak perlu diragukan lagi. Makanan berbahan dasar sapi ini diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang sukses membuat ketagihan.

1. Carne salada
5 Makanan Khas Italia Berbahan Daging Sapi, Kamu Pasti Suka! 

Olahan daging sapi yang pertama adalah carne salada. Hidangan khas Trentino ini telah ada sejak abad ke-16. Makanan ini dibuat dengan membumbui pantat sapi dengan garam, merica, buah juniper, rosemary, bawang putih yang dihancurkan, dan daun salam.

Setelah menunggu dua minggu untuk menguleni daging yang diletakkan di bak baja, maka daging siap untuk dinikmati, baik mentah atau dimasak. Apabila memilih dihidangkan mentah, daging dipotong menjadi irisan tipis, lalu disiram dengan minyak zaitun.

Daging juga dihidangkan bersamaan dengan irisan lemon, caper cincang, atau keju roket dan parmesan. Sedangkan untuk yang matang, irisannya harus dipotong sedikit lebih tebal, lalu digoreng sebentar dan dihidangkan bersama kacang rebus.

2. Bistecca alla fiorentina
5 Makanan Khas Italia Berbahan Daging Sapi, Kamu Pasti Suka! 

Bistecca alla fiorentina dibuat dari daging sapi kering dari sapi chianina. Daging ini sangat dihargai karena kelembutan yang dimilikinya. Daging dipotong lebih dekat ke tengah yang menghasilkan tenderloin jauh lebih besar daripada yang ada di T-bone biasa.

Makanan ini harus disajikan dalam keadaan kental dengan potongan setidaknya tiga jari lebarnya. Sebab, ketika daging mengalami proses pemanggangan di atas api yang sangat panas, kerak dan hangus terbentuk di bagian luarsedangkan bagian dalamnya segar.

3. Brasato al barolo
5 Makanan Khas Italia Berbahan Daging Sapi, Kamu Pasti Suka! 

Piedmont adalah wilayah di Italia yang menjadi asal hidangan brasato al barolo. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang diasinkan, lalu dikombinasikan dengan wine barolo dan sayuran, seperti wortel, seledri, dan bawang.

Untuk memperkuat rasa, ditambahkan bumbu dan rempah-rempah, yakni daun salam, kayu manis, atau cengkih. Kemudian, daging dicokelatkan dan direbus dalam rendaman sebelum diistirahatkan dan diiris.

Sementara itu, saus rebusan dihaluskan, lalu disiram di atas daging. Makanan ini umumnya dihidangkan dengan kentang tumbuk di sampingnya.

4. Carbonade valdostana
5 Makanan Khas Italia Berbahan Daging Sapi, Kamu Pasti Suka! 

Sup menjadi salah satu hidangan yang dapat dikombinasikan dengan beragam menu. Salah satu olahan daging sapi berupa sup adalah carbonade valdostana.

Makanan ini terbuat dari campuran daging sapi yang dipotong dadu atau strip, bawang, tepung, mentega, dan red wine. Untuk memperkaya rasa diberi tambahan rempah-rempah, seperti cengkih, kayu manis, pala, kulit jeruk, dan daun salam.

Makanan ini paling nikmat dihidangkan dalam keadaan panas. Biasanya, hidangan ini disantap bersama kentang tumbuk, bawang putih, atau pasta pappardelle.

5. Peposo
5 Makanan Khas Italia Berbahan Daging Sapi, Kamu Pasti Suka! 

Olahan daging sapi berupa semur juga tak kalah populer, lho. Hidangan ini bernama peposo yang terbuat dari potongan daging sapi, red wine, merica hitam yang dihancurkan, bawang putih, bawang bombay, seledri, wortel, dan rempah segar.

Semua bahan perlahan-lahan dimasak ke dalam pot gerabah. Semur ini dapat dihidangkan di atas irisan roti lokal panggang. Wah, sudah pasti nikmat, nih!

Makanan berbahan dasar sapi asal Italia di atas sukses menggoyang lidah dan juga bikin ketagihan. Saat berada di Italia, sempatkan untuk mencicipi hidangan lezatnya, ya!

Selain itu ada beberapa bagian daging sapi lain seperti lidah, hati, hidung,  jeroan dan buntut hanya digunakan di berbagai negara tertentu sebagai bahan dasar makanan. Daging sapi yang sudah di-trimming atau dihilangkan lemaknya mengandung banyak zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan merupakan sumber protein yang sangat baik (mempunyai nilai biologis tinggi, high digestible 94%).

Sumber omega-3 rantai panjang (DHA, EPA and DPA), lemak tak jenuh, vitamin B12, niasin, vitamin B6, vitamin B5, vitamin D, riboflavin, zat besi (terserap dengan cepat dan baik dibanding zat besi dari pangan nabati), seng, fosforus, selenium, mengandung kadar lemak yang relatif rendah, dan memiliki kadar komposisi kolesterol yang sesuai untuk tubuh.

Selain zat gizi tersebut daging tanpa lemak kaya akan sumber antioksidan dan senyawa bioaktif seperti taurin, karnitin, CLA (conjugated linoleic acid), carnosin, glutathione, kreatin, dan kolin.