Deretan Hidangan Jeroan Khas Jepang Dengan Rasa yang Lezat

Deretan Hidangan Jeroan Khas Jepang Dengan Rasa yang Lezat

Deretan Hidangan Jeroan Khas Jepang Dengan Rasa yang Lezat – Masakan Jepang adalah makanan yang dimasak dengan cara memasak yang berkembang secara unik di Jepang dan menggunakan bahan makanan yang diambil dari wilayah Jepang dan sekitarnya.

Dalam bahasa Jepang, makanan Jepang disebut nihonshoku atau washoku.Jepang tak hanya terkenal dengan ramen atau sushi-nya yang telah mendunia. Negara ini juga ternyata mempunyai hidangan lain yang patut dicoba.

Salah satunya olahan jeroan yang dapat berupa ampela, hati ayam, atau bahkan kulit ayam. Jeroan ini diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang nikmat. Apa saja hidangan jeroan khas Jepang yang bisa kamu coba?

1. Nankotsu yakitori
5 Hidangan Nikmat Khas Jepang Berbahan Jeroan, Yuk Cobain!

Beragam hidangan tradsional khas Jepang patut untuk dicoba. Salah satunya adalah nankotsu yakitori. Makanan ini dibuat dengan tulang rawan ayam yang biasanya ada di bagian dari tulang dada atau kaki.

Tulang rawan kemudian diletakkan pada tusuk sate dan dipanggang atau digoreng. Makanan ini tidak mempunyai rasa yang kuat. Nankotsu yakitori mempunyai tekstur yang sering digambarkan sangat renyah dan kenyal. Makanan ini umumnya dihidangkan dengan garam dan irisan lemon di sampingnya.

2. Kawa yakitori
5 Hidangan Nikmat Khas Jepang Berbahan Jeroan, Yuk Cobain!

Pecinta kulit ayam wajib merapat. Salah satu hidangan yang patut dicoba adalah kawa yakitori. Hidangan ini menjadikan kulit ayam sebagai bahan utamanya. Bagian terbaik dari olahan satu ini diyakini berasal dari leher ayam. Namun, bagian kulit lainnya juga biasa digunakan.

Dalam proses pengolahannya, kulitnya dipotong-potong terlebih dahulu, lalu dibumbui dengan garam, ditusuk-tusuk, dan dipanggang hingga berubah warna menjadi keemasan.

Kulit ayam mengandung lemak yang tinggi dan makanan ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Biasanya makanan ini menjadikan lemon sebagai hiasan dan juga didampingkan dengan selada air.

3. Gyutan
5 Hidangan Nikmat Khas Jepang Berbahan Jeroan, Yuk Cobain!

Gyutan merupakan makanan yang dibuat dengan potongan lidah sapi yang diiris tipis dan dimasak di atas panggangan arang. Lidah sapi biasanya diberi bumbu yang berupa garam atau kecap asin sebelum mengalami proses pemanggangan.

Umumnya, gyutan disertai dengan acar sayuran, kombinasi nasi, dan jelai yang dikenal sebagai mugi gohan, atau sup buntut. Hidangan ini diyakini telah ditemukan pada tahun 1948 saat sebuah restoran yakitori lokal mulai menyediakan khusus berupa lidah sapi.

4. Hatsu yakitori
5 Hidangan Nikmat Khas Jepang Berbahan Jeroan, Yuk Cobain!

Hati ayam bisa menjadi makanan yang nikmat saat dibuat dengan pengohan yang tepat. Salah satu hidangan Jepang yang terbuat dari hati ayam adalah hatsu yakitori.

Hati ayam umumnya dicelupkan ke dalam saus tara, diletakkan di tusuk sate, kemudian mengalami proses pemanggangan. Hatinya dipanggang hingga bewarna agak kecoklatan, dan hidangan ini biasanya disajikan dengan garam dan irisan lemon atau jeruk nipis di sampingnya.

5. Sunagimo yakitori
5 Hidangan Nikmat Khas Jepang Berbahan Jeroan, Yuk Cobain!

Sunagimo yakitori merupakan makanan tradisional Jepang yang menjadikan ampela ayam sebagai bahan utamanya. Cara pembuatannya, pertama-tama potongan ampela ayam ditusukkan ke tusuk sate, kemudian dibakar hingga matang. Tekstur ampela ayam ini sering digambarkan renyah, tapi tetap lembut.

Sebelum proses pemanggangan, ampela umumnya dibumbui dengan garam terlebih dahulu. Hidangan ini juga sering dihiasi dengan lemon dan juga daun bawang. Pecinta jeroan dapat mencoba beragam olahan jeroan khas Jepang.

Masakan dan makanan Jepang tidak selalu harus berupa “makanan yang sudah dimakan orang Jepang secara turun temurun.” Makanan orang Jepang berbeda-beda menurut zaman, tingkat sosial, dan daerah tempat tinggal. Cara memasak masakan Jepang banyak meminjam cara memasak dari negara-negara Asia Timur dan negara-negara Barat.

Di zaman sekarang, definisi makanan Jepang adalah semua makanan yang dimakan orang Jepang dan makanan tersebut bukan merupakan masakan asal negara lain. Dalam arti sempit, masakan Jepang mengacu pada berbagai berbagai jenis makanan yang khas Jepang.

Makanan yang sudah sejak lama dan secara turun temurun dimakan orang Jepang, tetapi tidak khas Jepang tidak bisa disebut makanan Jepang. Makanan seperti gyudon atau nikujaga merupakan contoh makanan Jepang karena menggunakan bumbu khas Jepang seperti shōyu, dashi dan mirin.