De Quervain’s Tenosynovitis

De Quervain’s Tenosynovitis atau de Quervain Syndrome adalah rasa sakit disertai pembengkakan di pangkal ibu jari dan pergelangan tangan. Rasa sakit ini disebabkan oleh peradangan pada selubung tendon yang terletak di pangkal ibu jari.  Tendon merupakan jaringan ikat yang menghubungkan otot dan tulang untuk membantu pergerakan tulang.

Tendon yang meradang akan membengkak dan terasa sakit jika digerakkan dan bila cepat ditangani, de Quervain’s tenosynovitis dapat disembuhkan dengan obat-obatan dan terapi. Namun apabila sudah sampai pada tahap parah, penderita perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut untuk mengatasi de Quervain’s tenosynovitis.

Gejala De Quervain’s Tenosynovitis

De Quervain’s tenosynovitis ditandai dengan rasa sakit dan pembengkakan di dekat pangkal ibu jari atau jempol, yang bisa muncul bertahap atau mendadak. Rasa sakit ini biasanya makin parah saat menggerakkan jempol atau pergelangan tangan, misalnya ketika mencubit atau menggenggam.

Gejala lain De Quervain’s tenosynovitis ialah :

  • Nyeri pangkal ibu jari. Merupakan gejala yang sering timbul di awal kelainan.
  • Bengkak disertai kemerahan di pangkal ibu jari dan timbul gangguan gerak ibu jari.
  • Kesulitan menggerakkan ibu jari dan pergelangan tangan ketika sedang melakukan kegiatan yang melibatkan memegang atau mencubit.
  • Terkadang terdengar bunyi ”krepitus” yang terjadi di saat kedua tendon yang meradang saling bergesekan dalam terowongan, ketika penderita melakukan gerakan yang menggunakan ibu jari dan pergelangan tangan.

Kapan harus ke dokter

Periksakan diri ke dokter bila jempol dan pergelangan tangan tetap terasa sakit meski tidak sedang digerakkan atau setelah dikompres dingin. Penderita mungkin akan memerlukan pemeriksaan lanjutan jika rasa sakit tidak hilang meski sudah mengonsumsi obat pereda nyeri.

Penyebab De Quervain’s Tenosynovitis

De Quervain’s tenosynovitis disebabkan oleh penggunaan ibu jari dan pergelangan tangan secara berlebihan. Seseorang dapat mengalami de Quervain’s tenosynovitis akibat melakukan gerakan yang melibatkan ibu jari atau pergelangan tangan secara berulang-ulang, misalnya mencubit, meremas, atau mengepal-ngepalkan tangan.

Penyebab De Quervain tendinosis/tenosynovitis yang lain, meliputi:

  • Cedera langsung yang mengenai pergelangan tangan atau tendon, dapat memicu terjadinya jaringan parut dan akhirnya dapat membatasi pergerakan tendon.
  • Penyakit arthritis inflamasi, seperti rheumatoid arthritis, dapat menyebabkan terjadinya tenosynovitis di area tersebut.
  • Orang yang berusia 30 hingga 50 tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena De Quervain tenosynovitis dibanding kelompok usia lainnya.
  • Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, dengan perbandingan ± 8:1 dan mungkin berhubungan dengan kehamilan.
  • Pekerjaan rumah tangga yang melibatkan penggunaan ibu jari dan pergelangan tangan, seperti saat mengangkat anak, mencuci pakaian, dll, juga dapat dikaitkan dengan kondisi tersebut.

Pekerjaan atau hobi yang melibatkan pergerakan tangan dan pergelangan tangan berulang-ulang juga dapat berkontribusi terhadap terjadinya De Quervain tenosynovitis atau gamer’s thumb.

Diagnosis De Quervain’s Tenosynovitis

Dokter biasanya mendiagnosis De Quervain tendinosis/tenosynovitis melalui pemeriksaan fisik dengan melihat gambaran khas dari kelainan, lokasi nyeri dan gerakan-gerakan pergelangan dan ibu jari yang memicu nyeri.

Tidak ada tes khusus yang diperlukan. Masalah lain yang dapat memberikan keluhan serupa adalah sindrom persimpangan (intersection syndrome), yang merupakan kondisi yang sangat mirip.

Pengobatan De Quervain’s Tenosynovitis

Pengobatan de Quervain’s tenosynovitis bertujuan untuk mengurangi nyeri dan peradangan, serta mengembalikan kemampuan gerak ibu jari dan pergelangan tangan. Metode pengobatannya meliputi:

  • Pemberian obat pereda nyeri, seperti ibuprofen dan naproxen.
  • Pemberian suntikan kortikosteroid di area tendon, untuk meredakan pembengkakan.
  • Pemasangan belat atau bidai, untuk menjaga agar ibu jari dan pergelangan tangan tidak bergerak. Alat ini perlu digunakan selama 4-6 minggu.
  • Operasi pada area yang terasa nyeri, bila penanganan dengan cara lain tidak berhasil mengatasi keluhan.

Untuk mengurangi nyeri, peradangan, dan membantu proses penyembuhan, penderita de Quervain’s tenosynovitis dianjurkan untuk mengompres area yang bengkak dengan kompres dingin, serta tidak melakukan gerakan atau aktivitas yang memicu nyeri untuk sementara waktu.

Pasien juga bisa meminta bantuan terapis untuk mengajarkan teknik menggunakan dan memperkuat otot pergelangan tangan.

Jika diobati lebih awal, de Quervain’s tenosynovitis dapat sembuh dalam 4-6 minggu. Setelah pembengkakan hilang, ibu jari dan pergelangan tangan dapat kembali digunakan secara normal tanpa disertai rasa sakit.

Pencegahan De Quervain’s Tenosynovitis

De Quervain’s tenosynovitis dapat dicegah dengan tidak melakukan gerakan yang berulang pada pergelangan tangan. Namun, jika pekerjaan mengharuskan Anda untuk melakukan gerakan tersebut, istirahatkanlah pergelangan tangan Anda secara berkala di sela-sela kegiatan dan kenakan pelindung atau belat di pergelangan tangan.

Sumber : https://www.alodokter.com/de-quarvains-tenosynovitis