Daftar Sayuran Terbaik yang Bisa Buat Kulit Jadi Glowing Lho

Daftar Sayuran Terbaik yang Bisa Buat Kulit Jadi Glowing Lho

Daftar Sayuran Terbaik yang Bisa Buat Kulit Jadi Glowing Lho – Menjaga kesehatan kulit merupakan kunci kulit cantik alami. Kenali rahasia ahli kulit sehat dalam mendapatkan kulit cantik, bersih, dan sehat. Tahukah Anda? Kulit kita memiliki siklus regenerasi setiap 27 hari dan menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang perlu dibersihkan secara teratur dan dijaga kesehatannya.

Pasalnya, jika tidak dibersihkan, sel kulit mati yang bercampur dengan keringat, debu, polusi, paparan ac, paparan sinar matahari, dan kotoran dapat memperburuk kondisi kulit Anda. Hasilnya, kulit dapat terlihat kusam dan tidak sehat. Konsumsi makanan yang sehat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kulit.

Di antara banyak kelompok makanan, salah satu yang manfaat kesehatannya tidak terbantahkan adalah sayuran. Sayuran adalah salah satu makanan tersehat dan juga memberikan keajaiban bagi kulit. Ini lantaran sayuran  dikemas dengan Download IDNPlay berbagai nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari. Bukan hanya itu, makan jenis sayuran tertentu juga terbukti dapat meningkatkan kesehatan kulit.

1. Bayam
5 Sayuran Terbaik untuk Kesehatan Kulit, Jadi Bersih dan Glowing

Sayuran hijau seperti bayam merupakan sumber vitamin K yang baik, nutrisi pembangkit tenaga untuk meningkatkan sirkulasi darah, dan koagulasi. Bayam juga sarat dengan seng yang telah terbukti membantu mengurangi peradangan dan membantu mencegah jerawat, menurut laman Allure.

Bayam juga mengandung zeaxanthin, antioksidan alami yang melindungi kulit dan membantu meratakan warna kulit. Sayuran lain yang juga memiliki manfaat ini adalah brokoli, kale, kubis, dan brussels sprouts.

2. Kubis
5 Sayuran Terbaik untuk Kesehatan Kulit, Jadi Bersih dan Glowing

Kubis merupakan superfood yang menyediakan banyak nutrisi penting untuk kulit. Sayuran renyah ini mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C, K, dan B6 yang dapat mendukung pembentukan kolagen untuk kulit yang sehat.

Kandungan nutrisi dalam kubis juga memiliki sifat antioksidan untuk mencegah stres oksidatif pada sel. Selain itu, menurut penelitian dalam Journal of Drugs in Dermatology, kubis juga mengandung belerang dalam jumlah yang baik, yang bekerja seperti agen keratolitik dalam menghilangkan lesi dari lapisan epidermis kulit.

3. Wortel
5 Sayuran Terbaik untuk Kesehatan Kulit, Jadi Bersih dan Glowing

Sayuran lainnya yang juga sangat baik untuk kulit adalah wortel. Wortel mendapatkan warna oranye tua dari beta-karoten yang merupakan agen pelindung matahari alami. Studi dalam Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya beta-karoten dapat memperbaiki kulit karena memiliki sifat pencerah kulit.

Karotenoid yang ditemukan dalam wortel diketahui menghambat pertumbuhan melanin, bersamaan dengan meningkatkan efek anti-oksidan pada kulit. Selain itu, kandungan vitamin A pada wortel juga dapat memperbaiki jaringan kulit dan meremajakannya untuk mendapatkan warna kulit yang bercahaya.

4. Bit
5 Sayuran Terbaik untuk Kesehatan Kulit, Jadi Bersih dan Glowing

Bit biasa digunakan sebagai bahan pewarna alami. Namun, bit juga baik dikonsumsi untuk kesehatan kulit. Dalam studi yang dilaporkan di Indian Dermatology Online Journal, sayuran akar berwarna kemerahan ini sarat dengan vitamin C, yang dapat mengobati hiperpigmentasi pada kulit.

Karena memiliki sifat antioksidan alami, makan bit juga dapat mencegah kekeringan kulit dan penuaan dini. Ini mendorong sintesis kolagen untuk memberi kamu kulit yang lebih muda dan bercahaya.

5. Pare
5 Sayuran Terbaik untuk Kesehatan Kulit, Jadi Bersih dan Glowing

Pare merupakan sayuran bercita rasa pahit yang sangat disukai oleh beberapa orang dan dibenci oleh sebagian orang lainnya. Jika kamu termasuk orang yang menyukai pare, kamu beruntung karena berpotensi mendapatkan banyak manfaat untuk kulit.

Pare kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C dan provitamin A, yang keduanya penting untuk kesehatan kulit dan penyembuhan luka. Dalam sebuah penelitian yang dicatat pada jurnal Clinical and Experimental Dermatology, tikus yang diobati secara topikal dengan ekstrak pare mengalami penyembuhan luka yang jauh lebih cepat. Efek ini bahkan terlihat pada tikus dengan diabetes.

Sekarang kamu punya lebih banyak alasan untuk makan sayur. Tambahkan sayuran di atas ke dalam diet harian dan konsumsilah sebagai bagian dari gaya hidup sehat untuk mendapatkan tubuh yang sehat sekaligus kulit yang terawat.

Guna menjaga kesehatan kulit, Anda tidak hanya perlu membersihkan kulit secara teratur. Anda juga perlu memerhatikan kandungan yang ada pada produk perawatan kulit Anda. Ahli kulit sehat menyatakan bahwa pembersih dan perawatan kulit yang baik adalah yang tidak merusak kondisi kulit Anda dan dapat mengembalikan kelembapan alami kulit.

Menjaga kesehatan kulit bukanlah hal yang sulit, asalkan kita melakukannya dengan teratur dan tahu kandungan produk perawatan kulit yang kita butuhkan. Kini, Anda sudah tahu apa saja rahasia ahli kulit sehat dalam menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan bebas kusam, bukan? Yuk, praktikkan beberapa cara di atas dan dapatkan kulit segar dan sehat idaman kita semua.