Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak Meski Harus Bermain Gadget

Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak Meski Harus Bermain Gadget

Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak Meski Harus Bermain Gadget – Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan.

Ketika kita mau tidur, bukan buku lagi yang menjadi pengantar dongeng ketika hendak tidur namun beralih menjadi aktivitas dengan paparan cahaya biru atau blue light, cahaya biru yang sering ditemukan pada teknologi digital sekarang ini, seperti laptop, smartphone, PC, televisi, dsb.

Paparan blue light yang dihasilkan dari smartphone, PC, laptop, dan televisi pada 1 jam sebelum tidur dapat menyebabkan kualitas tidur berkurang. Simak lima tips agar tidur lebih nyenyak meski harus berurusan dengan gadget di malam hari.

1. Mengerjakan pekerjaan dan tugas lebih awal
5 Tips Menggunakan Gadget di Malam Hari agar Tidur Nyenyak

Sering dari kita menunda pekerjaan dengan dalih nanti akan cepat selesai. Akan tetapi beberapa tugas atau pekerjaan harus membutuhkan konsentrasi dan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya, dan tentu saja hal tersebut berdampak pada waktu tidur yang menjadi mundur ketika kita mengerjakannya di malam hari sehingga aktivitas menggunakan smartphone dan PC sebelum tidur pun tidak dapat dihindari.

Dengan mengerjakan tugas lebih awal maka waktu untuk bermain smartphone serta PC di malam hari akan berkurang dan kualitas tidur pun juga akan lebih baik.

2. Mengurangi aktivitas bermain smartphone jika dirasa tidak penting
5 Tips Menggunakan Gadget di Malam Hari agar Tidur Nyenyak

Banyak dari generasi kita yang sering menghabiskan waktu bahkan sampai begadang untuk bermain smartphone seperti scroll sosial media, menonton YouTube, dan lain sebagainya. Hal tersebut memicu paparan blue light yang semakin besar. Terlepas dari hal tersebut, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghindari paparan blue light, contohnya adalah bermain gitar, membaca buku, bercengkerama dengan teman sebaya dan lain sebagainya.

Melakukan aktivitas lain di luar penggunaan teknologi digital juga dapat membantu kita mengembangkan hobi yang dimiliki sehingga ketika hobi tersebut dimanfaatkan sebagai peluang maka akan mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk ke depannya. Terlebih dari itu aktivitas penggunaan smartphone dan PC, yang mana dapat mempengaruhi paparan blue light dapat dicegah.

3. Mengatur tingkat pencahayaan smartphone
5 Tips Menggunakan Gadget di Malam Hari agar Tidur Nyenyak

Banyak sekali orang-orang yang menggunakan tingkat kecerahan smartphone dan PC pada level maksimal, hal tersebut dilakukan dengan dalih ‘kurang cerah’ ketika level kecerahan diturunkan. Akan tetapi banyak juga yang menggunakan kecerahan smartphone pada tingkat minimal, padahal tingkat kecerahan smartphone harus diatur dengan tepat di mana mempertimbangkan warna karakter dan latar belakang layar.

Menggunakan kecerahan maksimal di dalam ruangan yang gelap juga akan mempengaruhi kesehatan mata. Pengaturan kontras layar monitor yang tidak tepat dapat mempengaruhi peluang risiko kelelahan mata.

4. Menggunakan fitur eye protection pada layar smartphone
5 Tips Menggunakan Gadget di Malam Hari agar Tidur Nyenyak

Fitur eye protection telah ditemukan di berbagai merek smartphone yang telah beredar luas. Fitur ini mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengurangan paparan cahaya biru pada smartphone. Selain mengurangi paparan cahaya biru, fitur ini juga dapat mengurangi tingkat kelelahan mata yang telah menggunakan smartphone untuk beberapa waktu.

Perlu dipahami lebih lanjut untuk menyebarluaskan hal ini, karena orang awam masih belum tahu manfaat dari fitur eye protection ini, yang mana dapat meminimalkan hasil paparan blue light  yang dipancarkan dari smarphone itu sendiri.

5. Memberi jarak antara mata dengan smartphone
5 Tips Menggunakan Gadget di Malam Hari agar Tidur Nyenyak

Seringkali kita temukan orang-orang bermain smartphone tanpa memberi jarak antara mata dengan smartphone-nya. Jarak pandang yang terlalu dekat juga mempengaruhi paparan blue light dari smartphone itu sendiri. Apalagi jika durasi waktu bermain smartphone tergolong cukup lama maka paparan blue light yang dihasilkan juga semakin besar.

Di sini penting untuk mengetahui bahwa informasi-informasi kecil ini dapat membantu orang-orang terdekat kamu terhindar dari bahaya, maka bagikan informasi-informasi ini kepada orang terdekat kalian.