Berikut Tips Membuat Smorrebrod Enak yang Populer di Denmark

Berikut Tips Membuat Smorrebrod Enak yang Populer di Denmark

Berikut Tips Membuat Smorrebrod Enak yang Populer di Denmark – Makanan Denmark menggambarkan nuansa dingin dan iklim basah. Pada musim dingin, kale adalah satu satunya sayuran segar yang tersedia. Namun selanjutnya masyarakat mulai mengenal dutch cabbage, wortel dan umbi umbian.

Aneka jenis daging seperti daging angsa, babi atau bebek dipanggang dengan apel dan plum dengan kubis merah, dan kentang karamel. Ketersediaan susu di pasaran saat itu cukup melimpah.

Smorrebrod adalah sajian klasik berupa sandwich terbuka khas Danish, menggunakan bahan utama berupa roti rye berwarna gelap yang kemudian disajikan bersama aneka isian nikmat dan menggugah selera. Makanan ini bisa diolah menjadi menu sarapan ataupun makan malam yang praktis namun tetap enak, bila kamu tertarik untuk membuat smorrebrod sendiri di rumah.

1. Smooked salmon smorrebrod
5 Kreasi Smorrebrod Khas Danish, Menu Pengganjal Lapar

Olahan smorrebrod pertama dikreasikan bersama salah satu ikan kaya manfaat yakni salmon sebagai topping utama penambah rasa. Untuk memberikan sentuhan segar dari sajian ini, roti bisa diolesi menggunakan sour cream terlebih dahulu agar semua topping menempel sempurna.

2. Potato smorrebrod
5 Kreasi Smorrebrod Khas Danish, Menu Pengganjal Lapar

Potato smorrebrod menjadi sajian alternatif berikutnya yang sederhana dalam diolah, sekaligus mudah untuk menemukan bahan baku yang hendak digunakan.

Sebab, yang perlu dipersiapkan hanya terdiri dari potongan kentang dan taburan bawang goreng bila suka, selain itu, untuk olesannya kamu bisa menggunakan mustard atau mayones yang gampang dijumpai.

3. Soft boiled egg smorrebrod
5 Kreasi Smorrebrod Khas Danish, Menu Pengganjal Lapar

Sajian smorrebrod selanjutnya yang mudah untuk diolah adalah varian soft boiled egg, di mana telur rebus akan dijadikan bintang utama dalam pembuatan sajian ini dengan tingkat kematangan yang kamu sukai.

Khusus dalam pembuatan soft boiled egg smorrebrod, ada baiknya telur yang digunakan memiliki ukuran lebih kecil dan jangan lupa untuk menaruh mustard sebagai perekat agar semua komponen tersusun dengan baik.

4. Roast beef smorrebord
5 Kreasi Smorrebrod Khas Danish, Menu Pengganjal Lapar

Olahan smorrebrod berikut ini menjadi salah satu yang cukup banyak digemari, lantaran terdapat penggunaan irisan daging panggang sebagai topping utamanya. Hal tersebut pun dapat dijadikan alternatif bagi kamu yang hendak makan roast beef dengan cara berbeda.

5. Avocado smorrebord
5 Kreasi Smorrebrod Khas Danish, Menu Pengganjal Lapar

Beranjak dari smorrebrod berisi aneka daging, kali ini olahan open sandwich tersebut bisa diolah menggunakan salah satu buah kaya lemak dan manfaat melimpah untuk tubuh, yaitu alpukat.

Irisan buah segar tersebut bisa diletakan bersama tambahan sayur ataupun sumber protein lain seperti udang yang telah dipanggang atau direbus untuk mempertajam rasa makanan supaya kian lengkap.

Selain susu, masyarakat pada zaman tersebut juga sering menggunakan daging cincang. Denmark menjadi salah satu pengekspor produk babi dan produk sampingan babi terbesar di dunia (misalnya ham dan bacon) yang turut ambil bagian dalam gerak roda perekonomian Negara Denmark. Leverpostej (pasta hati babi) dan Spegepølse (sosis babi fermentasi) adalah makanan pokok bagi sebagian besar orang Denmark.

Hingga pertengahan abad 19, sebagian besar masyarakat Denmark mengawetkan makanan tanpa proses pembekuan. Metode pengawetan makanan jangka lama untuk ikan, seperti curing atau cold-smoking, digantikan dengan pengasapan. Proses pengawetan makanan seperti halnya rye, barley, kacang polong, babi asin menggunakan metode penggaraman, perendaman dalam cuka anggur, dan pengeringan.

Nah, itu dia kreasi smorrebrod yang bisa dijadikan inspirasi untuk dimasak sendiri sebagai menu sarapan atau pengganjal lapar di rumah. Selamat mencoba!